Monday, May 21, 2007

Tidak ada Beban yang tidak bisa ditanggung...(sebuah cerita di long wiken)

Hmm kata orang Kamis sampai Minggu itu long wiken...atawa long vacation...
Tapi, beda bagi aku..

- Rabu malam pukul 20:12:

Sebuah sms datang ke hp saya,dari seorang teman sma yang sudah lama sekali tak jumpa. Dia mengajak liburan ke Sukabumi hari Jumat sampai Minggu bersama ade2 kelas dan alumni2 sma (esp. ROHIS)..
Ajakan yang menarik, tapi aku teringat beberapa job list yang harus dikerjain selama wiken ini...hiks jadilah niat untuk ikut ditiadakan..padahal pengen banget...

Malemnya....hmm salah... pagi jam 12:16 atau pukul 00:16...seorang temen sma lain menelepon, dan memberi ide untuk tetap ikut sambil tetep membawa laptop, sehingga kerjaan bisa tetep jalan sambil tetep bisa berlibur... not bad idea.. tp aku pikir akan sangat merepotkan..

- Kamis...

Ada suatu masalah yang membuat saya sedikit banyak stress teramat sangat..dan berfikir liburan adalah hal yang benar2 saya butuhkan untuk melepas stress itu...
Jadilah, ide temen saya pagi sebelumnya saya pertimbangkan, dan saya mantap untuk ikut ke sukabumi..toh berangkatnya setelah ashar...

- Jumat..

Teringat janji saya ke dikey untuk melakukan salah satu kegiatan olahraga...So, pergilah saya jam 07:15 dan pulang dari sana sekitar jam 11.00...

Jam 11:58.. sebuah sms datang kembali, dan mengatakan bahwa berangkat ke sukabuminya bukan setelah ashar, tapi jam 14:00 (pukul 2 siang)..

Huwaaa...panik..panik..sms datang ketika saya masih di perjalanan pulang....
I try to relax..dan sampai rumah jam 12:15..langsung beres2, sholat dan makan...
Adeku yang mau ikut juga dah beres2 ternyata dan sudah siap untuk berangkat...

Jam 13:00 semua sudah siap...packing beres...tinggal siap berangkat yang rencananya pukul 13:20...
Tapi, tepat pukul 13:00 tersebut hujan turun sedikit demi sedikit hingga deras sekali... hmm panic mode on lagi....

Lalu, saya berdoa.."Ya Allah, jika memang perjalananku ke sukabumi ini merupakan perjalanan yang Engkau ridhoi..mudahkanlah jalan hamba untuk berangkat ke 61..redakanlah hujan di jam seharusnya saya berangkat ke 61...Namun, jika memang perjalanan ini bukan perjalananan yang baik untuk hamba, hamba yakin ada hikmah di balik semuanya."

Kutunggu kutunggu .. sambil terheran2 karena kata temanku yang rumahnya di dekat 61, hujan di daerah pondok bambu hanya berupa gerimis kecil kecil....

Hingga akhirnya pukul 13:45 temenku menelepon dengan paniknya..bahwa bis dah mau berangkat...semua peserta udah naik ke bis....bagaimana????????

Bagaimana ya bagaimana....hujan semakin deras dan tak bisa diterobos...apalagi aku bawa laptop yang akan semakin merepotkan kalau aku tetep jalan...
Ya sudah...saya relakan mereka berangkat....hiks....

Memang masih ada cara lain, aku bisa menyusul besok paginya bareng teman yang lain..

Ya sudah....saya pasrah...so, semua atribut keberangkatan saya, saya lepas.ganti baju...beres2 lagi... dll...
Tapi, Masya Allah..ajaibnya...herannya pukul 14:00 tepat setelah saya benar2 selesai beres2.... hujan berenti....benar2 berenti....

Masya Allah.... Aku yakin pasti ada hikmah di balik semua kejadian ajaib ini...

Okay...mungkin memang Allah menyuruh saya menyelesaikan kewajiban saya terlebih dahulu baru menunaikan hak berlibur saya....

So, tenaga dan pikiran saya beralih kembali ke kegiatan "coding" sambil berharap mudah2an malam ini selesai dan besok saya bisa menyusul pergi ke Sukabumi...

Yep...terus dan terus "coding" dan semakin menyadari bahwa kerjaan saya masih banyak..... dan terlebih lagi saya harus ikut suatu test yang membutuhkan akses internet yang tidak mungkin sama sekali saya dapatkan di Sukabumi...

Okay, dengan bulat kembali, saya katakan ... "Okay, besok saya tidak jadi menyusul...besok saya akan ikut test tersebut dan melanjutkan pekerjaan saya..."

Sedih rasanya....kesempatan saya untuk berlibur dan reuni dengan teman2 gagal begitu saja... Dan sedih bahwa saya tidak bisa mengajak adeku berlibur...

Ya sudah, sebagai gantinya saya akan mengajak ade saya ke Gramedia besok Sore...

Malamnya ada sms lagi dari seorang temen...yang bilang ada undangan makan2 besok siang di Pondok Laras... tapi, dengan janji saya untuk ikut test besok pagi dan janji untuk ke Gramedia dengan ade saya...undangan tersebut saya tidak penuhi...

Sabtu...
------------
Pagi, ikut test brainbench.... siang istirahat siang.... dan harus menerima kenyataan bahwa ade saya sakit ... demam berat... badannya panas....
So, rencana ke Gramedia gagal pula....

Huwaaa stresss... tinggallah saya dengan pekerjaan saya....

Jam 10 malam sampai jam 11.00 saya mencoba telkomnet@instant untuk sekedar browsing dan syukur2 ada yang ngajak chat...
hmm..ternyata ada...teman sma saya, seorang project architect....
kita terus bercerita sampai akhirnya ke masalah pekerjaan...keluhan saya tidak bisa menikmati long wiken ini...

Dan apa jawabannya... jawabannya adalah pernyataan "Lo mending... gw dari Kamis sampe Sabtu ini tetep masuk kerja... dan hari libur gw hanyalah 2 hari Minggu dalam 1 Bulan"... :O hooo...waaaa.....hiiiii....setiap bulan, dia cuma punya waktu libur 2 hari..!!!!

Ternyata dia lebih menderita daripada saya...

Hmmmm, kemudian saya mencoba flash back.... ya... semua beban yang saya terima bukanlah yang paling buruk....bahkan tidak sama sekali buruk, karena Allah sudah berjanji tidak akan memberi beban yang tidak dapat ditanggung oleh umatnya...

Teringat juga, pembicaraan saya dengan seorang supir taksi..yang mengatakan bahwa dia bekerja 1 hari 24 jam..... tanpa istirahat....

Hmmm...ya semua sudah pada kapasitasnya masing-masing...

Percayalah bahwa beban yang saya dan kita tanggung itu pasti bisa kita hadapi...JADI, KENAPA HARUS MENGELUH LAGI....

Betul nggak??????

--------------
Thanks to temen2 61 yang dah berbaik hati mengajak saya berlibur....miz u all...
Thanks to dikey dan enno yang dah nemenin di Jumat pagi...
Thanks to Oky yang dah berbaik hati menelepon untuk menghibur dan memberikan semangat....dan semua yang dah menghibur saya....nemenin saya coding .... hmmm pokoknya semua teman2 yang begitu baiknya....

And the most is thanks to Allah yang sudah memberi jalan yang terbaik bagi saya...

Kalau saya jadi ikut ke Sukabumi...mungkin kerjaan saya gak selese2....

Smile...and semangat...!!

4 comments:

  1. pada dasarnya setiap org pny masalah masing2..dan cara utk membuat kita msh bisa tersenyum adalah melihat org yg ternyata kurang dari kita..klo kita libur 4 hari..ternyata ada yg ga libur....klo kita makan sehari 3-4 kali..ada yg cuma makan sehari sekali..
    jadi kita harus tetep bersyukur atas apa yg kita dapat..syukuri dgn sepenuh hati..lebih nikmat rasanya..
    tetep semangat ya ty..

    ReplyDelete