Monday, November 14, 2016

When there were no camera

Duluuuu....

Ketika jalan2 dengan keluarga di anyer, saya pernah lihat fenomena halo bulan di tepi pantai di malam bulan purnama.. Seriously, its really beautiful... I just can say Subhanallah, indah banget....
Just it...
Saat itu saya gak punya kamera, masih kuliah... Saat itu juga kamera masih pake kamera film yoo.. Pake klise..

Terus suatu waktu pulang sekolah SMA apa kuliah gitu, malam setelah maghrib, turun dari angkot jalan kaki terus pas lihat ke atas, subhanallah saya lihat bulan indah banget, besar, terang, dengan awan2 sekitarnya, bintang gemerlapan... Dan I really enjoy it.. Every steps of my walk to go home i just look at the sky sambil mengucap Subhanallah...

Dan itu 2x terjadi... Entah itu supermoon atau bukan... Gak pernah nanya2 juga... Belum kenal google dulu kan..

Suatu waktu di kostan di depok... Dulu langit masih asiik utk dilihat memang, jadi saya sering duduk di jendela lihat kumpulan gugus2 bintang... Itu bikin hati tentram bangettt...

Hal yang langka bisa dilihat sekarang2 ini karena polusi cahaya...

Dan membuat garis di langit sambil menebak nama rasi bintang seperti di buku IPA adalah hal favorit saya... Itu yang membuat saya bercita2 jadi astronot hehe

Kemudian ini ingatan masa kecil saya yang paling menakjubkan... Inget gak siih kalau kita gambar matahari waktu kecil gimana? Yapp bikin lingkaran besar, terus ada garis2 sinar dari matahari ke luar...
Daaan saya pernah lihat ituu saat min di kebon belakang rumah sendirian. Matahari dengan pendaran cahaya berwarna warni... Indaah sekaliii...

Dan hari ini ada fenomena supermoon... Saya berkali bolak balik lihat ke luar... Tapi ukuran bulan tidak sebesar yang saya harapkan.. Memang lebih besar, tapi tidak sebesar harapan saya hehe

Dan sejujurnya, saya niat banget mau foto supermoon ini.. Tapi apalah daya udah malam gee... Saatnya kelonin baby... Hehe

Tapi saya jadi mikir, dulu apa yang kita lihat, kita rasakan, kita nikmati, semuanya kita hanya lihat, enjoy, rekam di otak sebagai memori berharga yang bisa kita ceritakan suatu saat nanti... Suatu yang kita lihat sambil tafakur, merenung, dan tentunya mengucap Maha Suci Allah Sang Pencipta Alam semesta...

Jadi, apa kesimpulan tulisan ini?
Entah haha

Selamat malam :)

Ini foto kiriman keponakan saya di depan rumahnya di pondok gede

posted from Bloggeroid

Thursday, October 13, 2016

[latepost] kecelakaan pertama Sayyid

Latepost nih...
Sebelumnya mari sama2 bersyukur atas nikmat sehat dan kesempatan untuk memperbaiki diri di dunia ini.

Bersyukur banget saya masih bisa melihat Sayyid...
Saya masih bisa 'ngomel2' Sayyid.
Masih bisa meluk dan curhat sama Sayyid setelah pagi dan sore yang sangat melelahkan emosi jiwa raga...
Resiko punya anak laki2 yang super keras kepala...

Dan bersyukur Allah menyelamatkan Sayyid di kecelakaan pertama Sayyid.
Sebenarnya kecelakaan ke2. Yang pertama kira2 3 tahun lalu, jatuh dari motor sama abbynya. Sayyid nya gpp, karena posisi dipeluk suami. Suami yang lebam2 di kakinya.

Dan kali ini cerita kecelakaan sayyid tanggal 20 september 2016 lalu.
Senin sore jam 5an, ketika perjalanan pulang ke rumah dari kantor. Kondisi hujan, aku maksain pulang, karena khawatir dengan Salman. Takut ASI nya gak cukup kalau aku harus nunggu hujan reda.

Jadi dengan Sayyid yang baru bangun tidur, naik selis pakai jas hujan ponco. Krn lupa bawa jas hujan sayyid,jadi bagian belakang jas dibuat utk nutupin badan Sayyid. Sayyid bawa tas, aku udah minta itu tas dipake hadap depan, biar gak gampang jatuh.
Jalan udah pelan2, perjalanan aslinya hanya maks 10 menit dr kantor ke rumah, tapi krn pelan2, sepertinya udah mau maghrib aja..

Dan akhirnya ketika sampai di suatu pertigaan, jalannya memang agak menurun, dan sempit. Aku mau ke kiri, tau2 ada mobil mau belok. Jadi agak kaget, aku agak kagok, jadi gimana gitu selisnya miring. Tau2 "bukkkk" bunyi sesuatu jatuh. Pas aku lihat sekilas tas sayyid jatuh, aku cuma bilang "duuh jatuh lagi tasnya". Mau turun, tau2 orang2 pada panik teriak. Tolong2!!!.. Tau2 Sayyid udah terjerembab... Innalillahi..

Serius saat itu saya shock, bingung dan bengong, jadi orang2 yang bantu angkat sayyid, saya ikutin aja.. Digendong ke tukang bakso. Selis saya diemin di jalan. Terus pas lihat darah udah ngucur dari hidung, mulut, jidat. Ibu2 tukang bakso nyuruh aku siram kepala sayyid. Aku ya oke2 aja... Krn yaitu bisa dibilang saya shocked,dan takuttt bangett krn pada kenyataannya, kurang lebih 1 meter dr tempat sayyid jatuh itu jurang dalam. Ya Allah... Malah kebayang yang jauh lebih menakutkan...

Sayyid nangis, tapi gak histeris. Lebih ke takut, sakit minta peluk...

Krn hujan makin deras, dan sayyid kedinginan, diajak ke rumah salah satu penduduk sekitar.. Terus aku WA suami yg masih di kantkr, dan sms ibu pengasuh utk minta anaknya jemput pake motor.

Sedangkan selis sementara dititip di rumah tersebut.

Gak lama, mas Azriel datang. Dibonceng langsung ke rumah. Sampe rumah, aku siram Sayyid, ganti baju, pakein betadine, peluk2, makan dikit...
Terus aku nanya kronologi kejadian tadi. Sayyid bilang tasnya mau jatuh (mungkin krn aku miring itu), terus aid mau ambil eh malah jatooh. Hufff..

Gak lama Sahal Salman diantar ibu..

Besoknya saya dan sayyid jelas libur lha...
Pas hari kedua itulah kelihatan banget sayyid kesakitan, gak bisa makan, susah ngomong krn bibir bengkak... Nangis terus, tapi diajak berobat ke dokter tak mau...

Alhamdulillah 3 hari kemudian sembuh, tinggal korengnya aja yang alhamdulillah berangsur2 hilang.

Dan sejak itu saya gak berani lewat situ lagi. Karena emang jalanannya nanggung, 3 meter kurang, sempit, banyak motor dan sayangnya mobil bahkan truk seringkali lalu lalang.
Jadi saya cari jalanan yg lebih sepi, yang mobil mikir 100 kali mau lewat situ mah..
Dan juga skrg tas sayyid ditaro di keranjang selis.

Dan kini saya bersyukur banget masih diberi kesempatan utk memperbaiki terus diri sendiri dan hubungan saya ke sayyid.

Btw,kalau berkaca pada diri saya sendiri yang seringkali kalau lagi panik malah diam, bingung dan terlihat tenang. Saya rasa gak adil kalau ada yg bilang Jessica punya kecendrungan psikopat krn terlihat tenang saat Mirna meninggal... Hehe nyambungnya ke sini ...

Demikian ceritanya, semoga semua selalu diberi keselamatan dan kesehatan. Aamiin

Wednesday, October 12, 2016

My after office view



Jarang-jarang nih pulang kantor pemandangannya adem begini. Ini pemandangan 2 hari lalu.

Jd sebagai gambaran, senin-jumat saya ke kantor. Salman dan Sahal dibawa ke rumah ibu pengasuh. Sedangkan Sayyid pulang sekolah saya jemput ke kantor. Syukur2 tidur siang, kalau nggak ya 'balas dendam' main handphone, karena di rumah, saya larang main handphone (ini ada sejarahnya sendiri).
Terus pulang bareng jam 5.

Gak lama, Sahal salman dianter pulang ke rumah...
Nah foto di atas suasana 2 hari lalu. Anteng2... Salman asyik belajar merangkak, Sahal nonton kartun, Sayyid main lego sendiri. Dan saya bisa masak dikit (padahal cuma ngangetin sayur sop yang udah dibuat pagi sebelum berangkat).

Adem banget kan pemandangannya...
Jarang2...
Karena keesokan harinya, suasanya beda lagi.
Baru nyampe rumah, Sayyid ngamuk karena lego buatannya kemarin dimainin dan dibawa Sahal....
Ada kali 1/2 jam Sayyid nangis...
Saya??? Selain capek badan, kehujanan, pusing kerjaan kantor terus dengerin Sayyid nangis, kira2 saya ngapain hayooo??

Yaah akhirnya saya diam seribu bahasa...
Thats it.

Sampe sayyid berhenti nangis sendiri dll dll dll sampe tenang dan baru diajak ngobrol. Yang intinya kalau emang gak boleh dimainin Sahal, naro mainan jangan sembarangan, simpen di belakang blablablabla.

Dan hari ini?
Regardless Sahal yang berulang tahun tepat hari ini, yaaah dikebal2in aja dengar tangisan ganti gantian Sayyid, Sahal, Salman haha!

Demikian.
Begitulah.
Sekian.
Bye!

Sunday, October 9, 2016

Sahal dan Salman: sleeping trouble



Cerita hari ini:
Sahal gak tidur siang sama sekali...
Maunya maaaiiin terus sama Sayyid...

Tapi jadinya...
Setiap Salman baru beberapa menit aku kelonin, jadi kebangun terus... Berkali2....

Sampai malam ini jam 7 kurang...
Sahal akhirnya tepar...
Dan Salman? Baru saja kebangun sebelum Sahal tepar...


Ahh sudahlaah
Aku mah apa atuh
Sengantuk2nya saya, tetep gak bisa tidur kalau 3 bocah belum tidur wkwkwkw ujung2nya curhaat

Thursday, September 22, 2016

Sayyid: "Kerjaan Ummy Gak Jelasssssss"

Teringat dulu ketika proses pencarian jodoh...
Salah satu kritria "Nice to Have" adalah: saya mau cari suami yang backgroundnya bukan IT apalagi programmer atau yang berbau2 technical...
Karena apa? karena saya tahu "gilanya" saya kalau udah coding...
dan karena sebagian besar teman kantor saya itu laki2, dan tau juga "gilanya" mereka kalau udah coding....dan nyebelinnya kalau gak lagi kerja kadang2 juga yang diomongin yang berbau2 teknikal..... -_______'-

Jadi saya butuh penyeimbang...
Saya butuh orang SOSIAL haha..

Dan Alhamdulillah ketemulah dengan suami yang memang orang sosial..
lah pas awal kenal aja suami kerja di yayasan sosial, dan aktif sebagai relawan bencana.
PAS kan? Alhamdulillah...

Nah pas awal2 menikah, suami sempet lihat kerjaanku yang penuh huruf2 berbaris...
terus dia bengong...
aku tanya kenapa?
terus suami jawab pakai istilah bahasa sunda yang aku gak paham
yang intinya katanya "cukup tau aja dah" HAHA

jadi gak mungkin banget aku minta bantuan suami kalau lagi pusyiiiiiiiiing sama codiiing
yang pasti suami support banget....

dulu pernah tuh aku begadang coding...
terus paginya harus berangkat...
gak sempet ngapa2in....
tau2 suami goreng nugget buat akuuu.. *meskipun hangus, tapi suami bilang biar garing* :))
so sweeet kaan? #eaaaaaa

nah terus sampai akhirnya punya anak beranak...
Sayyid gak terlalu aku biasain main laptop..
karena saat itu cuma punya laptop 1.. jadi gak mungkin dibiarin main laptop terus...
pun nih anak sifatnya bosenan...
main game online, baru sebentar udah ganti lagi.. gak seru katanya
ganti lagi terus aja ganti sampe gak puas2......
begitupun kalau main handphone... sudah sekian game dia download hapus, download hapus karena bosenann....
dan aku pribadi lebih suka dia main di luar sama teman2, main air kek, main pasir, main tanah blabla daripada ngerem di rumah main laptop doangan.....

terus suatu waktu sempet aku tanya, "Aid kalau udah gede maunya kerja apa? kayak ummy atau kayak abby?"

dengan mantappp ida jawab "kayak abby laah"
alasannya? "karena di kantor abby ada forklift, dll" *note suami udah pindah kerja berkali2.. dan utnuk yang ini saat suami kerja jd HRD di pabrik...

terus kan kemarin itu 2 hari sayyid sakit, jadi aku kerja di rumah sambil jagain...
terus tiba2 Sayyid bilang "ummy mah kerjanya gak jelasss!"
Laah gak jelas kenapa...
"itu ketik2 doang, terus ngomong sendiri"
gyahahahahaha
lha iya aku kalau coding,  suka menggumam sendiri.. apalagi kalau ketemu bugs, ngomel2 sendiri.. kalau udah berhasil ketawa2 sendiri *sebenernya saya programmer apa ORANG GILA ya??*

nyebelinnya kalau udah ketemu bugs, bisa kebawa mimpi lhoooo haish haish haish

Begitupun dengan keluarga saya yang laaaiinn.. suka komentar "itu ngapain sii? kerja duduk doang terus depan komputer"...... atau keponakan saya "tante sebenernya kerjanya apa siiih?"

apalagi dulu pas hamil Sahal masih kerja di rumah.. saya bisa berjam2 di depan laptop, cuma berhenti pas sholat, makan, minum, pipis...
ujung2nya pas saya lahiran prematur, pada komentar "itu siii gara2nya selama hamil kerja duduk terus.. kurang geraaak" baiklah baiklah.......

atau komentar tetangga yang tentang saya ngerem mulu di rumah...
laah iyaa programmer mana bisa coding sambil jalan2 apalagi ngobrol.. bisa bubarrr itu sintax sintax berterbangan :))

jadi kira2 Sayyid udah gede jadi apa yaaaa?
hwehehe entah laah ..
saya pikir Sayyid mah lebih baik jadi artis ajaa hahahaha
bukan apa2.. dia suka mengkhayal yang aneh2 soalnya
terus kalau main role play sama temen2nya Sayyid bener2 menghayati banget haha

tau lahh jadi apa yang penting bisa berguna bagi masayarakat, agamam nusa dan bangsa.. Amiiin

laah terus kenapa saya bisa jadi programmer?
kalau untuk ini ceritanya panjang lagii.. kapan2 cerita aaah

yang jelas karenaaaaaaaaa? saya suka main game... duluuuuu
dan sekarnag sejak punya anak..... saya gak punya waktu lagi untuk main game dengan serius :))
iya saya kalau main game lebih suka game strategi gitu..
jadi butuh waktu untuk berfikir serius...

jadi anggep aja coding itu main game hwahahaha
#yukbalikcodinglagi :D

ini contoh "ketidakjelasan" saya :D



Sunday, September 18, 2016

JNE, Tokopedia, dan XiaoMi: Sebuah perjuangan

Bismillah

Alkisah, 2 minggu lalu tiba2 hp suami rusakkk... awalnya gak bisa detect sama sekali ke-2 simcard nya... udah factory reset tetep aja gak bisa.....
akhirnya cuma bisa WA pake Wi-Fi ...
terus yaa udahh niat mau beli hp baru...
tapiiiiiiiiiii buat aku aja :))
karena aku kepingin punya hp 4G .. saynag banget kuota 11GB gak dipake2 karena hp sekarang masih 3G..

terus taunya 4G yang murah ya cuma xiaomi... dan kelihatanya oke-oke aja si dari sejumlah review...

setelah bandingin hraga dll beberapa marketplace (termasuk sudah ditambah discount dan atau voucher :D), terus baca2 review dari buyer nya.... akhirnya memutuskan untuk ambil dari tokopedia.. teteeep cari harganya di bawah 2 juta ajaa

itu beli Rabu malam, bayar menjelang tengah malam pake m-banking... minta dikirim pakeJNE YES... udah ditambah asuransi...
harapannay bisa dikirim Kamis, jadi Jumat bisa sampe... sayangnya kata sellernya dia lagi overload.. jadi barnag baru dikirim hari Sabtu ...

dan tibalah email di Senin pagi.. dikatakan bahwa barna sudah dikirim ke tujuan (kantor) hari Minggu dengan suatu nomor resi...
mikir doong... itu hari Minggu... dan sejak Jumat malam temen2 kantor lagi pada mudik, dan rencana baru pulang Selasa malam...
dan saat itu aku masih di rumah orangtua...
terus aku track dong di JNE nya... dan dikatakan barang sudah dikirim hari Minggu 11 Setember pukul 13:16 oleh??? YULI..... siapakah YULI itu???

Langsung WA temen2 kantor yang memang tinggal di kantor...
dan pulang dari rumah ortu langsung mampir ke kantor... jelas! kantor tutup...
dan temen2 kantor bilang gak kenal dengan yang bernama YULI..
aku tanya tetangga2 kantor kiri, kanan, sampai kasir indomaret aku tanyain...
gak ada yang namanya YULI!

rasanya senewen banget saat itu... sediih kecewa bangett...
itu uang udah keluar doong.. udah pake JNE YES juga berharap cepet sampe.. tapiii?
dan teringat kejadian pesanan di BL terakhir yang sampe sekarnag gak sampe2 tapii gak ada bantuan sama sekali dari pihak BL dan sellernyaa...

dan aku tkauut banget kejadian lagi.. dan sayangnya ini uangnya lumayan gede... dan memang butuh pake banget handphone nya... udah gitu bulan ini ada rencana mau akikah Salman pula...

terus aku gak ambil diam, langsung hubungi CS JNE... karena kali ini aku yakin salahnya di JNE nya... telepon JNE, ceritain kronologis blabla... terus dicatet... dibilang kalau da telepon dari JNE langsung dangkat... siangan dikit  ditelepon, katanya mau diinvestigasi.. prosesnya bisa 3 sampai 7 hari...... gyaaaaaaaaaah lama amaat....

terus usaha lainnya... aku hubungi seller nya via tokopedia.. sayang aku gak nemuin nomor yang bisa dihubungi,, jadi semua lewat webnya tokopedia...lambat juga respondnya.. udah gitu bisa minta bantuan ke tokopedia kalau maslaah ini (antara aku dan seller) belum selesai dalam waktu 3 hari .

sambil nunggu segala respond, selain berdoa aku juga cari2 artikel tentang maslaah ini...
Pahitnya... barangnya bener2 hilang, kita bisa ajuin claim asuransi (karena saya sudah bayar asuransinya)... kalau gak pakai asuransi, yang dibalikin cuma maksimal 10x biaya pengiriman .. gyaah

nah karena yang megang resinya, harusnya sellernya doonks yang proaktif bantuin masalah ini..
jadi aku nge-push seller untuk bantuin.. tapi jawabannya ya normatif bangett.. dan lama respondnya....
sampe akhirnya tombol bantuan munculll... dari tokopedia bilang supaya aku hubungi CS nya JNE dan sampaikan ke tokopedia hasinya... setelah itu baru dibantu.. haduuuuuuuh saya sudah hubungi cs jne dan udah lewat 3 hari gak ditelepon2 juga...

dan parahnya handphone suami pada Jumat kemarin itu bener2 matiiii...

akhirnya kepikiran untuk samperin JNE Bekasi langsung.. mau nge-labrak ceritanya :))
jadi Jumat kemarin ke JNE cabang Bekasi... di daerah Sudirman .. dari Ahmad Yani belok kiri.. kalau ke kanan kan ke stasiun yaa...

sampe sana diterima satpamnya... ditanyain mau apa.. dan ternyata kata Pak Satpam kalau mau complaint gak bisa ke sini.. harus ke CS nya..
singkat kata aku dikasih kertas nomor CS JNE Bekasi dan alamatnya...
langsung dah nGo-Jek ke Pekayon...

itu lokasinya di Ruko Pekayon (sebelum RS Anna)
sampe sana jam stg 12........ kata satpam lagi antri.... ada orang yang lagi complaint juga di atas, dan setelahnya ada 1 orang lagi... dan jam 12 istirahat...
yawis lah gapapa.. masa mau balik lagi udah sampe situuuu....
tungguin akhirnya jam 12 kurang dikit... aku boleh naik..
diterima sama CS nya.. dijealsin blablablabla
dicatet segala identitas dan detail pemesanan...
dan katanya mau di-investigasi hari ini juga...

Udah bosen banget denger kata 'investigasi'......
yasudahlah.. menyenangkan diri dengan makan siang di ayam goreng tulang lunak di ruko sebelah.. enak banget lho ternyataa :))

habis itu balik lagi ke kantor.. berusaha pasrah.. pun sudah berdoa kalau memang itu rezeki kami, kami mohon untuk dikembalikan handphone nya ke kami, jika tidak mohon untuk dipermudah rezekinya untuk beli yang baru lagi...

kemudian ber-aktivitas seperti biasa, sampai tiba sekitar pukul stg 4..... datanglah kurir JNE.. gak kepikiran itu ternyata XiaoMi akuuuuuuuuuuuuuuuuu!

Ya Allah..Alhamdulillah bangettt.. doaku terkabul... langsung chat sama suami... kasih kabar gembira.......

gak lama CS JNE Bekasi nelepon aku.. initnya katanya kurirnya salah kirim.. tapi belum tahu salah kirim kemana, dan gak tau gimana cerita lengkapnya dah

kemudian langsung batalin complaint ke tokopedia...
dan katanya karena complaint dibatalkan, maka dana baru bisa diserahkan ke pihak seller nya...
bagusnya sii itu.. tokopedia gak akan kasih bayaran ke seller kalau kita belum konfirmasi ...

dan saat ini handphone sudah digunakan...
meskipun pada akhirnya kuota 4G tetep gak kepake.. karena gak dapet sinyal 4G di sini mahh.. namanya juga tinggal di sudut kampung bekasi tercintah :))

Sekian ceritanya...
setelah ini agak kapok beli barnag mahal online...
mungkin paling aman siii COD nya Lazada kali yaaaaaa


Wednesday, September 7, 2016

Sahal Memang Masih Kecil kook..... a sibling rivalry story part 100

Whuaatt udah part 100 aja...
part 1 nya mana emang?
hwahaha
karena sudah terlalu banyak cerita yang dilewatkan.. jadi ini cerita bagian malam ini saja deh....

tapi sekedar briefing... dengan Sahal yang masih 2,5 tahun ketika punya adik...
yang katnaya lagi manja2nya.....
dengan kemampuan komunikasinya yang masih terbatas
dengan fase tantrum yaaaaang Subhanallah yaa matabb bangett

karena kemampuan komunikasinya yang masih terbatas itu,
jelas cara untuk menunjukan 'ke-iri-an' nya memang bukan dengan berbicara, protes yang menusuk hati kayak Sayyid dulu waktu baru punya adik (Sahal)...
Kalau dulu Sayyid bisa ngomong semacam "mending Aid gak punya adik... " yang pada kenyataanya masih sering diomongin juga sampe sekarang punya 2adik...

kalau sahal gimana?
tunjukin ke-iri-annya dengan cara yang dia mampu...

Sebenere serunya story part 1 yaitu pas Salman baru lahir...
karena ceritanya dramatis... mengguncang jiwa raga... penuh air mata... #lebayyyyyyyyyy

tapiii ya kira2 begini...
ketika Salman nangis minta nenen, Sahal malah 'sengaja' minta makan, padahal baru makan 2 jam yang lalu, dan itu makannya banyak jadi lama...
Sahal minta gendong, padahal sebelum2nya juga jarnag aku gendong... dan itu dalam kondisi Salman sedang nangis...
Sahal minta sesuatu yang sebenarnya biasanya dia juga bisa minta tolong ke abby atau Sayyid, seperti minta susu, minta jajan, minta nonton laptop, dll... dan dia gak mauu kalau bukan aku yang melakukannya...

dan lain-lain sebagainya yang gak bisa disebut satu-satu...

Dan akuuu bagaimana?
kadnag ya aku biarin aja Salman nangis sebentar (kalau aku rasa dia nangis cuma karena minta gendong)
kadang ya aku biarin aja Sahal nangis teriak2
kadang yaa aku sedikit (apa banyak ya) tegas ke Sahal..
kadang yaaaaaaaaaa akunya yang nangis karena gak sanggup lagiii....

Contoh malam ini...
dalam kondisi akuuu ngantuuuk beratttttttttttttt...
Lagi kelonin dan nenin Salman, Sahal tiba2 minta aku ngeluarin mobil2an yang nyangkut di mainan truk container dia.. dan itu nyangkut udah sejak lama, dan udah beberapa kali dicoba gak bisa...
aku minta Sahal minta tolong ke abby... dan dia gak mau.. ngamuk2..
karena gak diturutin (seperti biasa... dia minta hal yang lain) minta susu, dan itupun harus aku... krn aku lagi nenin Sahal, aku bilang minta ke abby.. gak mau.. nangis lagi ngamuk2...

Setelah Salman udah tidur, baru aku ajak keluar kasih susu...

terus Sahal minta ditemenin nonton...
dan aku dalam kondisi ngantuk berat... mau rebahan aja, Sahal udah ngerengek2 "bangunn ummiiii... ummmii baanguuun" ...... akhirnya menyerah pada kopi...dan sekarnag saya gaj ngantuk gyahaha

dll dll beberapa episode selanjutnya
sampailah di waktu tidur... udah minta susu, minta teh... gak saya turutin, terus minta susu lagi,gak saya turutin lagi...  karena tadi udah janji habis minum susu langsung bobo...

nangisss teriak2 lagiii...
akhirnyaa? dia minta pelukkk (dan ini seringkali terjadi... ) jadi intinya adalah Sahal hanya minta diperhatiin ajaaa... sedangkan saya sibuk sama baby....

terus gimana?
Saya peluk... terus entah dapat ilham dari mana, saya ajak ngobrol... dan sampaikan ke Sahal bahwa intinya saya tetap sayang sama Sahal...
dan dari beberapa obrolan, saya saaaaaaaaaaaaaangaat menahan diri untuk mengatakan "sahal udah gede"
karena pada kenyataannya Sahal memang masih kecil.. masih sangat kecil untuk berbagi dengan adiknya
jadi yang saya katakan ke Sahal malah "Salman kan masih bayi, belum bisa jalan/lari.. jadi digendong terus... Salman masih bayi, belum bisa makan minum makanya nenen terus .. sedangkan Sahal udah bisa jalan lari dan lain-lain ..."
and Sahal bener2 dengerin 'curhatan' saya dengan seksama.. sesekali Sahal nanggepin sambil berbisik... karena sadar sudah malam, Salman udah tidur jadi gak boleh berisik...
dengan diselingi pelukan dan ciuman di kening, Sahal akhirnya tenang dan sekarang tidur dengan nyenyak...

Jadiii intinya adalah... Sahal hanya butuh kepastian bahwa Sahal memang disayang
sama seperti istri yang seslalu minta kepastian dari suaminya kalau memang masih dicintai  gyahahah nyambungnya ke sini 

begitulaah...
udah yaa...
udah jam 11 malam lebih ternyataa

ini Sahal dan Salman



Monday, September 5, 2016

Banyak Anak Banyak Lupa :D

Ini cerita seru hari ini lagi..
ceritanya hari ini jadwal imunisasi bayi Salman (4 bulan 20 hari)
karena di bidan, jadwalnya hanya hari Minggu, di minggu pertama setiap bulannya, jadi wajib kudu hari ini juga berangkat...

Nah sayangnya saya lupa dimana naruh kartu imunisasi Salman...
Sampe di bidan, bidan nanyain kartunya...
gak ada...
lupa... blablabla

Yaudah kalau gitu nama dedeknya siapa?
Aku jawab lah namanya... nama lengkap.. nama panggilan
supaya dicari di catatan bu bidan...
dicari ke sana ke sini, kok gak nemu ya namanya?
BuBid: "Bulan lalu imunisasi di sini juga?"
Me: "iya bu.. tanggal 7 AGustus kok.. seingat saya agak2 sore gituu"
"berat badannya 5.9 kg deh"
BuBid: "kok gak nemu yaaa, yang imunisasi siapa?"

mana aku inget...
kayaknya si bidan junior di sebelah bidan di depanku ini

terus aku ikutan cekk kan catatannya... dan NEMU!!!
nemu namaku dan suamiku...
dan nama anaknya siapa?? SALMAN
Sedangkan tadi aku bilang ke bu bidan siapa? SAHAL MUMTAZ

Gak nyambuuuuuuung dong dong dong
padahal yang aku gendong Salman
tapi yang disebut Sahal yang lagi nunggu di luar klinik..
sampe lebaran juga gak bakalan ketemu

Gyahahaha.. bu bidan sampe ngakak ngelihat kelakuan sayaa
Saya pun maluuuuuuuu
#butuhAqua

Di lain cerita
Alkisah tetangga depan rumah.. sama punya 3 anak juga
Pas sore, anak ke3 nya minta bukain snack ke ibunya...
Udah dibuka, Si Ibu malah ngasih snack yang udah dibuka ke anak ke2
Anak ke2 bengong sebentar, tapi langsung dimakan aja itu snacknya
Akhirnya anak ke3 pun ngamuk... "kenapa Ibu kasih ke Kakak???"
Ibu nya baru sadar, ternyata dia salah kasih ...

hahaha

begitulah...
ibu-ibu emang butuh banyak Aqua :P

Sunday, September 4, 2016

Tragedi Lego (KW) hari ini

Hanya sekedar untuk diingat...

Pagi-pagi Sayyid main lego dengan teman2nya...
udah selesai...
dia mai lego sendiri dan menemukan 1 karakter lego hilang
Lego Iron Man...
Terus ngamuk2...
Minta aku dan suami bantuin nyari...
blablablabla
bikin pala aye pusing aje...
Sahal dengan perhatiannya nanya ke Sayyid, "Aid napa? nangis?"

Sampai sekarang itu lego belum ketemu..
ntahlaah
cuma yaa biasanya memnag karena Sayyid ceroboh aja... lupa
cuman seisi rumah jadi ribut deh

Terus siang ini...
Sudah selesai mandi, sayyid mau main lego lagii.,,
biasanya dia taro semua di toples merah...
terus dia tanya, mana toples tersebut.
Saya tahu dimana toples itu... tapiii saya gak siap ngasih tahu Sayyid
karena kalau dia tahu pasti nangis... sedangkan saya lagi kelonin Salman

akhirnya saya bilang, "tanya ke abby sana"

dan beneer deeh Sayyid nangis.. marah2...
karenaaa????
itu toples yang isinya legi kecil2 banget ituu.
tau kaan? lego karakter kayak di film lego, plus brick2nya yang bisa bikin mobil, pesawat dll...
itu kan kecil yaaa...
etapiiiiiiiii
Dibuang semua sama Sahal ke tempat mainan Sayyid (box) besar...
yang artinyaa? akan sulit dicari.. musti dibongkar dulu....
hwaaaaaaaaaaaa

Saya ngerti banget, pasti Sayyid sekesel2nya sama Sahal
Untung pas Sayyid ngambek, Sahal lagi tidur, jadiii gak dimarahin..
biasanya siih marah ke Sahal dan ujung2nya Sahal nangis..
kalau Sahal nangis itu teriak dan ujung2nya siapa lagi yang nangis?? tentu Salman yang lagi tidur

hehe sekian deh berita hari ini .. :P

foto saat main Lego bareng teman-teman di rumah
btw belinya lego KW?
yaiyaalaaah
lego aseli ya mahal bingits...
sedangkan gak jamin lego itu akan awet karena 'kekreatifan' anak2...
pernah aku salah beli lego online... gak ngeh... ternyata aku beli lego karakter 65.000 kirain ada bbrp pcs... pas aku cek ulang tuanya itu lego aseli 1 pcs... 65.000??? dan sekarang ntah kemana...
sedangkan kalau beli KW 65.000 bisa beli 5 lego karakter lhoo hweheehe #emakperhitungan

udah ah sekian lagiiii
bye

Tuesday, August 23, 2016

Jika harus memilih...

Dari berbagai status, dan beberapa artikel blog sepertinya cukup sering saya mengutarakan topik ini....


jadi kan yaa.. dulu niatnya memang nikah dulu baru mau usahakan kuliah lagi gitu yaa...
(calon) suami saat itu juga sangat mendukung...
niatnya nanti kalau anak pertama sudah 2 tahun baru mau mulai cari-cari beasiswa...
beneran kok pas Sayyid 2 tahun itu semangat banget cari-cari info beasiswa...
sampai akhirnya tiba-tiba hamil anak ke-2... mundur deeh... 

terus setelah itu.. masih semangat doonkss... masih niatnya samaa.. nanti deh kalau anak ke-2 sudah 2 tahun... ehhh qadarullah... hamil lagi ... mundur lagiii
teruuuss saya fikir... ahh sudahlaah gak usah difikirkan lagiii...
mungkin emang saya tidak diizinkan untuk kuliah lagiii
mungkin saya belajarnya itu di rumah aja untuk jadi 'Master Mom' aja ... atau kata suami jadi 'Master Chef' ajaa #eaaa.... 

etapiiii... iseng2 liat website kampus dulu kala... terus lihat foto-foto mahasiswa lagi kuliah, langsung deh.. bener-bener langsung membuncah... "Ya Allah saya bener2 pengen banget kuliah lagiiiiiii " 
terus cek aja ke website lpdp .. baca-baca syarat penerimaan beasiswa.. Okeh Maksimal usia 35 tahun.
Dan saya sekarang masih 31 oiyyyyyyyyy yoyoyoyo
Langsung deh daftar...
gak muluk-muluk... pengen aja kuliah di dalam negeri juga orapopo...

terus malam ini lihat2  www.cs.ui.ac.id cek bagian magister nyaa
Secara pribadi saya kepingin nya masuk di Magister Teknologi Informasi. karena secara profil passs banget dengan saya yang udah malang melintang di dunia karir IT .. mulai dari programmer junior yang bikin banyak bugs, blablabla sampai nekader jadi freelance dan sekarang masuk ke team nya www.portcitiesindonesia.com ... Terus baca2.. kuliahnya kebanyakan adanya malam di Salemba... 
hmmm hmm hmmmm dari rumah saya di ujung dunia sini (Bekasi timur mendekati cileungsi) ke salemba, apa kabarnya???? Kalau rumah masih di jatiwaringin Pondok Gede sih fine fine ajaaa...

terus baca lagi program Magister Ilmu Komputer... lebih ke riset ... cocok untuk yang mau jadi dosen saya rasaa... Laah katanya dulu mau jadi dosen? oo-oow saya lupaa...

Entahlaah sebenarnya saya mau jadi apa ya?

Selain mau jadi istri dan ibu yang baik untuk suami dan anak-anak...
Saya cuma mau berkontribusi lebih banyak aja sii sebagai bagian dari masayarakat Indonesia dengan bidang keilmuan yang saya miliki...

Jadiiiiiii??
ahh sudahlaaah.... let see... maksimal usia 34 apakah saya bisa jadi mahasiswi lagi?
Wallahu'alam...







Wednesday, August 17, 2016

Random thoughts tonight....

Sayaaaaaa...

Akhir-akhir ini...
sibuk pake banget...
rasanya gak ada jeda untuk 'bernafas'..
Lha ini kok bisa blog?
anak2 udah tidur booow...
dan saya sekarang jadi MOMBIE....

bangun tidur, sholat, siap2in sarapan karena sayyid berangkat pagi
Plus siapin bekal untuk makan siangnya
terus mandiin Salman...
nyuapin Sahal...
siap2 berangkat kantor...
Kantor lagi sibuk pula...

Pulang sore... baru naro tas, udah harus siapin tenaga gendong Salman...
atau kalau Sahal lagi 'kelaperan' yaa nyuapin Sahal..
terus bulak balik gendong salman, nenenin dan lain sebagainya...
Kalau masih ada waktu yaa masak
kalau gak yaaa beli aja laah...

terus yaa mandi, sholat kadnag buru2 karena tau2 salman nangis, dll dll
siap2in botol ASI (sterilin) kalau sempat malam. ya kalau lagi gak sempat dilakuin sambil
rebus air utk mandi Salman...

itu Senin - Jumat
Sabtu Minggu kadang2 ada acara keluarga
kadang-kadang ya sengaja pengen jalan2 aja sekeluarga
sekedar belanja ...

terus ini maksudnya apa? ngeluh?
nggak sii cuma mau cerita aja... haha

mungkin aktifitas yang beribet gituu bikin saya sering ngerasain nyeri di bekas SC...
maklum lah udah anak 3
Jadiii yang bilang SC itu enak ditambah 'bumbu2' kalau SC itu belum jadi wanita sebenarnya
Serioulsy... kalian gak punya hati!
Tapi ya Alhamdulillah keluarga saya gak ada yang bilang begitu sii
cuma sempat lihat curhatan seorang ibu yang diperlakukan seperti itu bahkan sama mertuanya...

Tapiii saran sayaaa... sebisa mungkin lah lahiran normal ajaa... dikuat2in ...
kalau gak kuat dan indikasi medis kayak saya yaaaaaaa nikmati ajaa haha

terus tadi kan 17 an ya
di komplek ada lomba buat anak2...
entah kenapa Sayyid itu 'drama' banget dari pagi
jadi awalnya ternyata lomba makan kerupuk,,, tapi matanya ditutup katanya.. jadi Aid gak bisa
kalau gak ditutup biasaya siih menang... ini jadi kalah
terus dia jadi ogah ikut lomba lagi...
ditambah 'bumbu2' karena gak ditemenin ummy atau abby...
yang lain ditemenin...
padahal mah lokasi lomba cuma beda 3 rumah...

sudahlah ceritanya...
besok pagi harus siap2 bertempur lagiiii
bye selamat tidur

Friday, July 1, 2016

Anak Perempuan atau Anak Laki-laki?

Bismillahirrahmaanirrahiim

Teringat duluu kalaa saat anak hamil pertama,
suamiku kepinginnya punya anak laki2 dulu..
sedangkan saya kepinginnya perempuan dulu..

Dan saya ingat sempat bilang begini ke suami.. (pastinya sih suami saya udah lupa haha)
"Aku bingung kalau anak laki-laki... bingung gimana ngasuhnya.
kalau anak perempuan aku udah biasa"
Maksudnyaaa???

hehe jadi pas nikah itu posisinya aku adalah tante dari 3 keponakan perempuan dan 2 keponakan laki2 (update sekarang adalah tante dari 8 keponakan: 3 laki2, 5 perempuan)
Dan akuu dekeet banget sama 3 keponakan perempuan tersebut. Jihan, ZaKia dan Danish.

Sama Jihan (anak pertama dari kakak ke-2) nempel bangettt... kalau udah ada aku sampe segala musti aku yang urus dari mulai makan, mandi, main dll meskipun ada bundanya.. dan sekarnag bocahnya udah mau masuk SMP ajaa... times flies

ini aku dan Jihan

Sama Zakia (anak kedua dari kakan ke-1) karena saat itu rumahnya di sebelah rumah mama, jadi ya sering main .. jadi sering aku ajak sekedar jalan2, belanja, dan pasti ngobrol ala anak kecil ceriwis...
nempel banget juga... sampe2 pas aku udah lahiran, dia terlihat cemburu gituu

Sama Danish (anak pertama dari kakak ke-3)... baru dekat pas aku hamil... karena sebelumnya tinggalnya jauh dari rumah ... karena saat hamil aku kebanyakan kerja dari rumah, jadi Danish sering main ke rumah sampe tidur siang pun di rumahku... dan yaapp ni anak juga ceriwis banget dan gak bisa diem... pas Sayyid udah lahir jadinya deket banget jugaaa...

Danish Sayyid dan Zakia
Sedangkan 2 keponakan laki2 saat itu adalah Zaki (anak pertama dari kakak ke-1) yang anaknya cenderung pendiam.. jadi salah tingkah juga kalau ngajak ngobrol Zaki hehe .. jadi kalau aku ajak kemana2 jugaa lebih sering diam atau tidur di angkot hehe

Sedangkan 1 keponakan laki2 lainnya adalah Zaidan (anak kedua dari kakak ke-2) .. yang ini mah super nempel sama bundanya. No place for me dah pokoknyaa haha

Dan pada akhirnya Allah menakdirkan anak pertamaku adalah Sayyid .. laki2 ...
Selanjutnya anak kedua... entah kenapa aku mah udah yakin aja bakal laki2 lagi..
dan udah punya nama juga sejak awal hamil... nama pemberian bapak yaitu Sahal

Dan keduanyaa SUperrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr Aktif.. udah kayak gasing gak bisa diam ... dan udah kayak radio juga ... ngoceh teruss...
Aku sampe takjub ngeliat Sayyid .. gak ada capeknya kalau main yang bergerak kesana kemari, ngoceh ini itu segala macam ditanyakan.... cuman pas tidur aja diemnya kali... ehh nggak juga ding pas tidur juga suka ngigau dan nendang2 haha

Sedangkan Sahal kalau di rumah pun dia lari2 dari depan ke belakang, ngacak2 ini itu, manggil2 saya terus sambil nanya "mi ini apa?" terus nyanyi2 segala macam deh meskipun bicaranya belum lancarr


Dan saat hamil anak ke-3.. sejujurnya pingin banget punya anak perempuan..
bahkan aku udah punya nama lengkap 3  kata  pula... tetep dong dari "Sa" namanya
yaitu Sarah Nanda Kirana... keren ya namanya artinya putri yang bahagia dan bercahaya...

tapii sempet kepikiran jugaa.. kalau aku punya anak perempuan, gimana ngurusnya yaa?
padahal dulu hamil pertama bingung kalau ngurus anak laki2 gimana... hehe
Bingung gimana ya caranya supaya anak perempuan saya nanti gak suka princess2 an.. gak suka barbie, dan lain2 yang gak saya suka hahaaa
Sedangkan lingkungan sekitarnyaa kebanyakan kan suka yang berbau2 girly gitu haha
Terus juga.. bajunya kan kalau cewek macem2.. ribet .. beli ini itu, aksesoris segala macam .. Ini berkaca pada keponakanku Danish ...
terus juga kalau nge-fans sama artis macam Cowboy Junior dan lain2
halaaaah kebanyakan mikir emang sayaah
Tapi kataya kalau anak perempuan itu bayinya lebih anteng dan masa kecilnya lebih mudah diatur..
katanya lhoooo

Dan saya teringat ucapan bos saya dulu yang kebetulan sekarang menjadi praktisi pendidikan berbasis fitrah.. Beliau bilang "Anak laki-laki memang susah ngurusnya saat kecil, tapi saat sudah besar lebih mudah... Berbanding terbalik dengan anak perempuan... kecilnya anteng, gampang diatur... entar gedenya deh susaaah, kebanyakan keinginan"

Wallahu'alam...

Dan Qadarullah... Allah menitipkan saya kembali anak laki2 bernama Salman...
Takjub juga saat melihat di layar USG bahwa di dalam rahim saya saat itu adalah benar2 laki2 ....
Yang ajaib sih komentar Sayyid... sambil manyun dia bilang "aaah cowok lagiii.. bosen kaaan.. cewek napaa" hihi komentar yang bikin saya harus menjelaskan tentang takdir dari Allah

terus gimana dong? mau coba lagi?
ya kali undian bisa coba2 ...

Ya syukuri sajaa .... Alhamdulillah sampai saat ini saya tetep jadi yang tercantik dooong ...
dan saya harus siap tenaga menghadapai 3  laki2 yang seperti saya bilang di atas, seperti gasing dan radio..
Kelihatannya si Salman akan sama aktifnya seperti ke2 kakaknya  haha #tepokjidad

3 jagoankuuh


Demikian cerita ngalor ngidul malam ini

Saturday, June 11, 2016

Timeline Facebook Hari Ini

Lihat timeline hari ini saya jadi sedih..

Sedih dg nasib si Ibu..
Sedih dg perilaku para satpol PP
Dan lebih sedih
Ketika melihat perdebatan tiada ujung
... dan cenderung 'anarkis kata'

Dan saya mah apah atuh
Sebulan ini akan full gak puasa...
Karena masih full ASIX...
Alhamdulillah masih dalam periode cuti melahirkan meskipun tetep kerja dari rumah...
Jadi gak ribut siang makan di mana..

"Ehhh Kenapa gak coba dulu puasa? Saya aja bisa".

Yah dirimu dirimu lah...
Diriku diriku...
Yang tahu kadar kesanggupan saya dan bayi saya ya saya sendiri...

Toh Allah sudah kasih keringnanan koks...

#dariSayaYangSudahHampirDuaBulanIniBulakBalikNgedrop
#danSekarangSakitGiGi
#manaAdaDokterGigiBukaMinggu

Friday, June 10, 2016

WhatsApp snoop

Thanks to asus udah nyediain fasilitas untuk kunci sejumlah aplikasi.

Ini kenapa saya kunci... karena bocah2 ini suka iseng ketak ketik, foto2, bikin video, record suara kirim ke sembarang contact WA... sahal yg sering banget niih...

Alhamdulillah sii belum sampai kirim foto aneh2... takut banget kan kefoto saat aku gk pake hijab terus kirim ke contact pria..
..

Alhamdulillah skrg pakai asus zenfone
. Nemu fitur utk lock sejumlah aplikasi. Mostly yg aku kunci sih WA, google hangout, youtube... apalagi ya lupa..
Gak tau juga apa sebenere ada app yg setara sebelumnya.. dulu pas pake samsung gak kepikiran sii...

Nah ini tersangka pertama... sayyid.. meksipun skrg mah sayyid dah ngerti..

Thursday, June 9, 2016

si sensitif Sayyid

yappppppp

jadi mostly kebanyakan sayyi pulang main nangis atau berantem di sekolah karena???
diledekin, diejek, dibilang hal2 yang gak enak...

kayak barusan pulang ngambek, karena ... dikatain temennya "kayak cewek"
menghadapi anak super sensitif ini memang bikin sensitif emaknya jugaa..
pusing pusing dah

terus aku harus apah? akumah apah atuh.....
aku bilang ke Sayyid, "aid belajar kuatt... lawan... bilang ke temennya.. 'apaan siii.. ngata2in orang.. dosa!!' "

jangan langsung nangis.. lawan dulu... (bukan lawan dengan fisik yaa)

aku bilang lagi "kalau Aid dikata2in terus nangis, temennya makin seneng ngata2in aid.. lawan dulu...
belajar kuatt "

blablabla dengan tambahan pesan 'dan aid juga jangan suka ngata2in orang'

akuu gak tau harus ngomong apa lagi kawaannn
help mee

maksudnya biar sayyid belajar jadi kuat tabah tegar...
karena nanti makin lama makin banyak kan ujiannya...

Monday, May 30, 2016

menyusui itu bisa sambil.......

bisa sambil makan... jadi masuk makanan di atas langsung ditelen bayi nya #nggakgitusicaranya :P

bisa sambil nyuapin si kakaknya... ini kalau Sahal lagi doyan banget makan dan gak bisa lihat sikon kapan harus minta makan

bisa sambil main handphone... ehh gak boleh lho katanya entar bayinya gini gitu blablabla..
serius tujuan saya main hadphone itu biar saya gak ketiduran... krn menyusui itu sangat amat bikin mengantuk

dan
dan
dan

bisa sambil coding... cuman programmer yang ngerti gimana caranya........

thanks untuk pencipta bantal menyusui
dan untuk tante akuuu yang kasih bantal ini...
sangat sangat bergunaa :)

hahahaha

#postingangakpenting

Friday, May 27, 2016

Ketika Sayyid pingin pindah rumah

Yup...
Kemarin sayyid uring2an terus seharian...
Tau2 dia ngomong begini..
Aid: "Miii aid jadi pengen pindah rumah"
Me: "lhaa kemana?"
Aid: "kemana ajaa"
Me: "emang kenapa?"
Aid: "abis di sini banyak yang jahatin Aid"
Me: "siapa aja?"
Disebut deh satu per satu temen2 mainnya...

Temen2 yg kadang bisa akur main seharian
Tapi ya kadang berantem sampe bikin salah satu nangis..

Pfiuuuhh

Terus dengan sok bijak saya menasihati... tauk dah ini bahasa berat apa nggak..

"Namanya juga manusia id... kadang baik kadang jahat... kalo lagi baik ya baik .. kalau lagi jahat ya jahat"

Maksudnya bukan jahat penjahat ya.. ini lebih ke ke'nakalan' bocah2 aja...

Lanjut lagi nasihatnya
"Sama kayak aid juga.. kadang aid nurut banget sama ummy... kadang ummy musti marah2 dulu baru Aid dengerin ummy... betul kaan?"

Diem aja tuh bocah
Lanjut lagi..

"Kalau setiap dijahatin orang Aid pindah.. bisa2 kita gak punya rumah selamanya... krn gak ada orang yang baik terus2an.. ada kalanya orang itu berbuat jahat (red: khilaf maksudnya)"

Diem deh tuh bocah..
Hehe berkaca kepada saya sendiri...
Selama 4 tahun pindah rumah ke kampung cikiwul ini, saya juga pernah berkali2 'ngambek' dan pingin pindah... tapi gak pernah diungkapin ke suami sii...

Terutama pas awal2 pindah.. saya ngerasa lonely aja.... apalagi kebanyakan satu 'bahasa'.. jadi kalau lagi ngobrol malah pake bahasa daerah.. which is boso Jowo... lah jadi kalau keluar saya berasa gkda temen ...
Udah gitu kan pas awal2 pindah saya kerja di priok sana.. jadi berangkat pagi pulang malam.. jd jarang ngobroll..

Terus pernah juga bersitegang dg tetangga... apalagi kalau triggernya juga masalah anak...
Sampe kuping panas krn diomongin depan tetangga lain meskipun gak nyebut nama saya.. tapi saya tahu saya yang dimonging...
dan saya? Saya pendem sendiri eh nggak ding sama suami...
Krn balas ngomongin orang dengan ngomongin orang lagi ke yg lain bukan solusi... nambah dosa aja gituu...
Dan akhirnya masalah selesai kok.. ternyata beliau salah prasangka ke saya...
Dan setelah itu kami damai dan masih berhubungan baik sampai sekarang.

Nah pas masalah itu tuuh saya jadi galaau sendiri... belum lagi kadang2 kalau lagi PMS lihat sikap tetangga gak enak dikit jadi galau....

pingin banget pindah rumah... tapii saya mikir lagi... apa nanti kalau ketemu masalah lagi mau pindah rumah lagi? Ya gak selesai-selesai urusan...

Jadi yaa akhirmya belajar aja.. belajar mendamaikan diri...
Belajar utk menerima warna warni kehidupan bertetangga...
Berusaha tidak memperlakukan orang lain hal2 yg saya sendiri tidak suka juga jika orang lain melakukannya ke saya..

Dimulai dengan belajar utk tidak membicarakan keburukan orang lain...

Krn saya sendiri pasti banyaak kekurangan..
Dan saya tidak suka kalau diomongin jelek2..

Bagaimanapun tetangga itu keluarga kedua setelah keluarga inti...
Kalau ada masalah dan butuh bantuan segera... tetangga lah yg paling bisa diminta bantuan... seperti yg terjadi ketika melahirkan anak kedua dulu... kalau gak ada tetangga yg siap membantu... entah apa Sahal masih bisa lahir dengan selamat...

Jadi mari belajar untuk tetap berbuat baik...
Yang saya pesan terus ke Sayyid
"Kalau ada yg jahat ke sayyid... gak usah balas... biar Allah yang balas... aid juga jangan ikut2an jahat... tetep jadi orang yang baik. Kalau mereka minta maaf ya maafin.."

Kecuali utk self defense ya...

Demikian pikiran ngalor ngidul hari ini...


Itu temen2 sayyid di sini
posted from Bloggeroid

Monday, May 16, 2016

Sayyid si Super Kakak


Alhamdulillah hari ini Sayyid tepat berusia 6 tahun
Sudah gak balita lagi...
Sudah besar 

Judulnya SUper Kakak 
Yupp
dari sekian banyak kelebihan dan kebaikan2 Sayyid...
Ini yang paling saya banggakan...
DIa bener2 Super Kakak buat kedua adiknya...
Sayangnya pakai banget...

Tentu kalau maslaah berantem rebutan mainan
Merasa iri dan baper kalau lihat emaknya mulai terlalu fokus sama adiknya
itu semua hal yang wajarrrr

Tapiiiii
semarah2nya Sayyid ke adiknya terutama Sahal, dia gak pernah memberikan hukuman fisik..
dia lebih suka nangis teriak2 daripada sekedar cubit adiknya

Nah yang paling bikin takjub itu
Sayyid sangat ngerti kalau Sahal lagi tantrum
bahkan bisa jauh lebih sabar daripada sayaa emaknya sendiri

Contoh paling bikin saya terharu
Suatu saat Sahal tantrum, nangis teriak2..
Saya sudah nyerah...
Kalau saya nyerah maka saya diam
Kalau saya diam berarti saya sudah capek banget
Jadi saya biarin Sahal nangis sendirian di pojokan
Sampai akhirnya datang si Super Kakak
disamperin Sahal, dia peluk... disayang-sayang
sampai akhirnya Sahal diam ..
di lain waktu sampai Sahal akhirnya tidur pulas...
amazing kaan?

Sayyid juga pengertian
alkisah (diceritain suami)
Lagi ke Alfamart, tiba2 Sahal ngamuk...
Sayyid yang udah megang banyak jajanan..
dengan rela melepas semua jajanan tanpa ngambek...
lalu putar balik pulang...
karena kondisi Alfa mart juga penuh...

Alhamdulillah...
Dan sekarnag Sayyid sudah punya 2 adik...
kegiatan favoritnya adalah mangku si Salman..
kalau Salman nangis, dia berusaha ajak ngobrol adeknya meskipun akhirnya tetep nangis :D


Semoga selalu sayang sama adik2nya yaa sampai dewasa nanti...

Terus kabar selanjutnya Sayyid apa nih?
Hmm tahun ini insya Allah masuk SD. Alhamdulillah sudah diterima di SD tujuan...
Meskipun belum lancar baca tulis, tapi ya biarkan saja...
Yang penting motivasinya untuk belajar yang musti dipupuk terus..

Hmm masih banyak yang belum diceritain tentang Sayyid
sementara ini dulu

Selamat Hari Lahir untuk my dear First SunShine....
You will always be my sunshine... 

Love you always <3




Tuesday, May 10, 2016

Ibu baru melahirkan rentan sakit

Bismillahirrahmaanirrahiim

Just share.
3x melahirkan.. ketiganya sempat sakit di usia bayi kurang 1 bulan.

Ketika melahirkan sayyid, saya harus diopname, menginap di RS 5 hari 4 malam karena terkena demam typhoid (tifus) plus mastitis menjurus ke abses. Inilah awal kegagalan ASIX selain krn kurangnya ilmu.

Suspect utama yg bikin kena tifus mungkin krn makan bakso...

Pasca melahirkan Sahal... sempat kena demam juga .. kalau ini karena flu berat...
Sama di usia Sahal kurang dari 1 bulan...
Dan gak lama kemudian saya kena infeksi telinga (otitis media akut) sampai tahap perforasi yaaa karena flu berat tersebut...

Dan sekarang pasca melahirkan Salman...
Kemarin sempat sakit kepala berat.. minum paracetamol, gak lama malah demam... plus diare hingga hari ini.
Alhamdulillah hari ini sudah much much better... sudah gak demam... tinggal mules perutnya ini.. kepala sudah berkurang nyut2annya..
Diare sudah mulai berhenti setelah minum obat..

Suspectnya? Entah lah.. memang lebih banyak beli lauk di luar sii akhir2 ini. Ehtapi anak2 and suami baik2 aja..
Mungkin lebih krn efek asam lambung saya yang naik karena kemarin minggu skip makan siang karena kejebak hujan di suatu tempat...

Jadi intinya buat ibu2 yang baru melahirkan, jaga kondisi badan ya... makan makanan yang sehat.. istirahat tidur yang cukup...

Soale kalau udah sakit malah lebih pusing mikirin bayi nya. Takut kenapa2 juga...
Alhamdulillah gak sampai harus diopname kayak pas Sayyid dulu...

Kalau mau minum obat pastikan obat itu aman untuk ibu menyusui ya...
Jangan sampai dapat obat yang menurukan produksi ASI... ada emang?? Ada.. dulu pas saya kena Otitis dikasih obat yang ternyata bisa nurunin produksi ASI.. jadi saya skip aja..
Krn bener baru sekali minum, Sahal jadi sering ngamuk2 pas nenen...

Demikian
Semoga sehat selalu :-)

Sunday, May 1, 2016

Proses Melahirkan Anak Ke#3 sponsored by BPJS


Assalaamu'alaikum wrwb

Jadi saya mau cerita tentang proses melahirkan putra ke#3 saya.. Perkenalkan dulu namanya Mohammad Salman Sanjaya al-Fadil. Lahir tanggal 15 April 2016 dengan operasi caesar di RS Hermina Galaxy Bekasi. detail BB segala macam bisa dilihat di foto :D 

Okeh lanjut aja yaaaaaaaa....
Sebelumnya sejak pertama kali tahu hamil, saya periksa rutin di RS Karya Medika Bantar Gebang. Itu RS dekat rumah. Pilih cek di situ, karena ya dekat rumah hehe.. dan ada dokter perempuannya..
Dokternya bernama dr. Fitri Rajasa SpOG. Kebetulan beliau juga anak dari pemilik RS tersebut beserta jaringannya. Dokternya buaaiiik banget.. masih muda, cantik, informatif... pokoknya aku cocok sama beliau ... Biaya sekali kontrol juga termasuk murah, sama vitamin cuma 200ribuan. Etapii RS tersebut belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kalau BPJS Ketenagakerjaan siih udah.. kebetulan kantor suamiku salah satu peserta yang sudah bekerjasama dengan RS tersebut. 

Jadi, karena kemungkinan besar anak ke3 dilahirkan dengan sc kembali (karena 2 anak sebelumnya juga SC), maka selain kontrol ke RS KarMed, kami juga sesekali kontrol ke Faskes 1 (Klinik Amuna Medika) supaya nanti kalau mau minta rekomendasi RS utk dilakukan sc bisa lebih mudah. Kalau di faskes 1 kan paling rekam jantung bayi, cek standard dan dikasih vitamin gratis yang jumlahnya cuma 5 butir per resep.

Nah, di usia kandungan sekitar 32 minggu... kami nanya dulu ke dr Fitri... kalau kami mau pindah RS karena mau sc pakai bpjs kira-kira bagaimana... dr. Fitri sangat memahami.. bahkan beliau kasih info klau mau bisa juga ke karya medika cikarang... hehe jauh bingits..
karena prediksi 22 April, maka beliau menyarankan utk periksa di RS tujuan nanti mulai Maret..

Yasudah karena keterbatasan waktu, kmi kontrol ke faskes pas hari Sabtu 27 Februari. niatnya mau kontrol ke RS nya sabtu or minggu. ternyata surat rujukan dr RS itu berlaku 1 bulan . sedangkan 27 feb itu udah akhir bulan, jadi ya nanggung nanti Maret periksa lagi... jadi batal deh ke RS nya...

terus kami ke Faskes lagi Selasa 8 Maret 2016.. akhirnya dapet deh surat rujukannya... jadi habis dari Faskes langsung meluncur ke RS Hermina Galaxy..
Ehya, beberapa pertanyaan dari teman. kenapa bisa ke RS Hermina Galaxy?
Jadi dari Faskes sudah ada daftar pilihan RS rujukan. dari kelas A/B/C...
dari sekian banyak pilihan, kami pilih RS Hermina Galaxy atas rekomendasi bidan sebelah rumah...
pun RS tersebut di tengah2 antara rumah kami (Bantar Gebang) dan rumah orangtua (Pondok Gede).
Selain RS Hermina Galaxy, ada RS Thamrin Cileungsi, Elizabeth, Hosana Medika, Marry, dll yang lebih deket dari rumah sebenarnya... tapi kalau di Hermina Galaxy, pilihan dokternya buanyaak dan tentunya banyak dr perempuannya...
kalau di thamrin gak ada dsog perempuan...

Nah terus sampai deh di Hermina Galaxy.. ternyata peserta BPJS harus daftar dulu khusus antrian BPJS. Lokasinya ada di lantai 2.. dan ituuu antrian puenuuuh bangettt...
pendaftaran hanya buka Senin-Jumat jam 8 sampai jam 3 sore...
kasirnya hanya 1.. Saat itu kalau gak salah dapat nomor antrian di atas seratus deh...
jadi ada kali 2 jam nungguin sampai dipanggil cuma untuk registrasi.
Yang kasihan sih anak2... udah bueteeeee... tapi akhirnya bikin Sayyid kapok gak mau ikut2 lagi di kontrol selanjutnya :D

Terus daftar..
diminta menyerahkan rujukan asli dari faskes, fotokopi rujukan 3x, fotokopi kartu BPJS 3x.
Terus pilih deh dokternya... Alhamdulillah dapat dokter perempuan dr. Marliana Ritung, SpOG
prakteknya mulai jam 1 siang... Jadi bisa hari ini juga langsung periksa.. Sedangkan banyak juga pendaftar yang cuma antri daftar hari ini, periksanya bisa besok karena memang tidak ada jadwal hari ini..

Setelah daftar di lantai 2, masih harus daftar lagi di loket pendaftaran umum. kalau ini sih ya cepet.. terus habis itu cek tensi dan timbang dulu di Nurse Station..

Lalu setelah sempet muter Galaxy untuk sholat di masjid dan cari makan...
jam stg 2 aku dipanggil...
Seriously, aku deg2an bangett... takut banget kalau dilayani tidak ramah karena status pasien BPJS seperti cerita2 yang beredar...
tapi Alhamdulillah dokternya suangaaat ramaah...
pemeriksaaannya juga gak dibedakan, tetep USG 3D, konsultasi dan lain2 dengan pelayanan sama kalau periksa di RS secara pribadi..

terus, jadwal kontrol harusnya 2 minggu lagi, tapi karena dokternya cuti maka diundur jadi 3 minggu lagi 29 Maret ..

Setelah kontrol langsung ke kasir, cuma untuk nyerahin dokumen2 dan pastikan surat rujukan asli faskes dibawa kembali... kalau ada resep bisa ke bagian farmasi dulu... dan itu semua full free...

Selama jeda tersebut, aku sempat mengalami sejumlah keluhan.. kontraksi palsu, tiba2 wasir, dan lain2..
jadi sempet periksa ke faskes aja..
dan di sinilah sempat terjadi sebuah kesalahan prosedur... faskes ambil balik surat rujukan asli entah mengapa...

jadi pas balik 29 Maret sempet bingung juga... karena tetap harus ada rujukan asli...
tapi Alhamdulillah gak diperumit.. emang udah terlanjur diambil ya mau diapain lagi...
jadi tetap bisa kontrol ke RS Hermina Galaxy di hari yang sama...
Untuk kali ini, gak bawa anak2 lagi...
Tapi sempet mampir dulu ke bank, jadi sampe RS udah kesiangan dan dapat nomor antrian BPJS panjang bangettt...
udah deg2an karena udah lewat jam stg2 baru dipanggil, takutnya dr Marliana udah keburu pulang...
tapi Alhamdulillah masih ada... dan ternyata dr nya sedang ada operasi, jadi akhirnya emang sekitar jam stg4 baru dipanggil ...

Setelah konsultasi, USG dan lain2... hari itu juga ditentukan jadwal operasi sc..
Dengan prediksi 22 April, sebelumnya dr Fitri kasih rekomendasi operasi sc dilakukan di minggu ke-38 jadi 2 minggu sebelum 22 April yaitu sekitar 8 April..
Karena aku masih ngarep bisa lahiran normal, aku minta seminggu sebelum 22 April aja.. jadi tanggal 15 April hari Jum'at.
Kenapa pas hari Jum'at? kenapa gak tanggal 18 April aja biar sama kayak ulang tahun aku? #gyaaah
alasan utama pilih Jum'at karena babehkuuu cuma libur kerja di hari Jum'at. jadi berharap bapak bisa nengok di hari aku operasi :D #manjabener

Kontrol selanjutnya dijadwalkan Senin 11 April 2016 untuk persiapan sc di hari Jum'at nya.
Sebelum pulang seperti biasa ke kasir dulu, tapi karena dikasih resep vitamin, jadi ke farmasi dulu. dan itu full free yaa :)

Karena jadwal sudah fixed, maka saya pun bisa mengajukan cuti ke kantor...
saya ajukan cuti mulai 11 April jadinya :D
sedangkan tanggal 1 sampai 10 April saya minta kerja di rumah saja.. Udah gak kuat ke kantor naik sepeda listrik.. meskipun cuma 10 menit.. berasaa kayak mempertaruhkan nyawa ajaa kalau masih nekad kemana2... lah jalan aja udah berat banget... di rumah juga tiduran mulu akhirnya...

Teruss... apalagi ya...
ohya seperti yang saya sebutkan di atas, 1 surat rujukan berlaku hanya untuk bulan yang sama.
Jadi untuk kontrol dan sc di bulan April, saya harus minta surat rujukan lagi dari Faskes 1.
Niatnya sih nanti aja deket2 tanggal 11 mintanya,
tapii karena udah sering kontraksi palsu dan aku taakuut banget kejadian kayak waktu melahirkan Sahal dulu, jadi dipercepat minta rujukan ke Faskes nya.. meskipuuun kalau memang situasi gawat darurat, kartu BPJS bisa berlaku tanpa prosedur rumit di UGD RS manapun...

Jadi once again ke Faskes 1, minta doa restu dari dokter klinik dan surat rujukan tentunya... jadi in case ada situasi tertentu, udah siap dengan surat saktinya :D

Nah seharusnya kontrol tanggal 11 kan ya... tapiiiiiiiiii sejak tanggal 6 itu saya serring kontraksu palsu.. sampe gak bisa tidur... doa saya saat itu.. semoga saya tetap bertahan sampai tanggal 15... padahal maish kepengen lahiran normal, tapi terus terang pengalaman emergency dengan Sahal sebelumnya bikin takut jugaa... beeeuuh udah mules kayak apaan tahu, ujung2nya berakhir di meja operasi juga kaan... dan akuu takuut bangett kalau situasi darurat, harus ninggalin anak2 malam2 misalnya... sedangkan di rumah gak ada yang jagain... musti ngetok2 pintu tetangga tengah malam misalnya... terus anak2 kebangun panik karena gak ada umi abinya rasaaanyyaaa gak tegaaaaa...
jadi pas mules2 gak jelas malam2 itu, aku malah makin gak bisa tidur karena kepikiran ketakutan2 macam itu...

Akhirnya aku minta dianterin suami hari Jum'at nya aja tanggal 8...
bidan tetangga juga udah kasih warning... supaya minta dicepetin aja sc nyaa... toh udah masuk 38 minggu... takut kontraksi terus akhirnya bikin bekas sc nya robek..
jadi kami ke RS udah prepare tas gembolan untuk nginep...

jadi tanggal 8 ke Hermina lagi...
Setelah antrian di atas lagiii... ternyata dr Marliana nya emang gak ada... dan gak ada dokter perempuan yang available... ada sii tapii dokter tersebut gak bisa nerima pasien BPJS (don't ask me why.. seriously I dont know the reason is). tapii setahuku dokter tersebut memang dokter favorit.. kalau kata temenku, pasien umumnya aja udah banyak banget, kalau ditambah pasien BPJS tambah banyak antriannya...

terus yang ada dokter laki2... itu pun malam...
jadi galau.. terus ditanya sama mbak BPJS nya.. keluhannya apa, memang jadwal kontrolnya kapan?
terus aku jelasin blablabla.. dan beliau menyarankan untuk konsultasi ke bidan di bawah aja dulu...

Yaudah meskipun udah dijadwalin ke dokter Mathius, aku konsultasi dulu ke bidan jaga ...
akhirnya aku dibawa ke ruang persiapan persalinan untuk ngecek kondisi aku dan bayi... cek CTG, tensi dan lain-lain... kalau kondisinya memang gak oke, bisa dipercepat jadwal SC nya...

Suami yang bolak balik ke bagian pendaftaran untuk peserta BPJS nya...
dan aku prepare di ruang tersebut...
Jam 2an mulai dicek dengan CTG, cek tensi dan lain-lain..
Alhamdulillah kondisi bayi masih normal, everything still okay...
jadi gak ada alasan untuk mempercepat jadwal SC... karena sayang usia kandungannya belum terlalu matang.. lebih baik ditunggu sampai minggu depan...
Alhamdulillah bisa pulang duluuu
jadi tetep lanjut kontrol hari Senin tanggal 11...
Setelah itu seperti biasa ke kasir terus pulaang...

Kemudian tanggal 11...
kembali ke prosedur seperti biasa .. antri di atas, daftar, cek tensi terus nunggu dipanggil dr Marliana...
Setelah cek ini itu, dr Marliana nyiapin surat referensi untuk jadwal SC hari Jumat tanggal 15 April pukul 07.30 pagii..
karena jadwalnya pagi, kami diminta datang Kamis sorenya untuk persiapan SC...
jadi mulai nginep Kamis, pulang insyaAllah Minggu..
Ohya, aku juga minta dipasang IUD setelah operasi nanti... Wuiih IUD lagi? gak kapok? ahh sudahlaah malas bahasnyaaa .. namanya juga ikhtiar :D
Nah IUD tentunya gak dicover BPJS, jadii ini akan kami bayar sendiri.. sekitar 500ribu termasuk alat dan biaya pasang...

terus suami sempet dikasih tahu temannya, kalau temannya pakai plester apa gituu yang dipasang di dada setelah operasi untuk mengurangi nyeri seketika...

kata dokternya itu namanya BioTech.. dan tentu gak dicover BPJS.. tapi gak tahu juga harganya...
bisa ditanya nanti di pendaftaran..

setelah selesai konsultasi dengan dr.. masih dilanjutkan dengan urus administrasi ini itu...isi surat pernyataan yang lumayan banyak kertasnya (serius BPJS itu boros banget kertas :D), cek lab, dan lain sebagainya... yang lumayan makan waktu banyak bangett... sampe mau ketemuan sebentar aja sama temen di depan RS aja gak bisa... jadi itu dari pagi baru selesai menjelang Maghrib :D

Selesai urusan ini itu dan dapat hasil lab (alhamdulillah hasil lab normal semua), seperti biasa ke kasir terus puulaang...

Ohya balik lagi ke Biotech... entah mengapa di RS ini kalau mau pakai Biotech harus upgrade kelas dulu ke kelas VIP dan itu mahaaaaaaaaaaaallll... padahal di RS temen suami, cuma beli aja Biotech nya seharga 300ribuan ... jadii yasudah batal aja.. jadi cuma nambah IUD ajaa

dah selesaiii

Mulai deh tanggal 14 April 2016
Setelah sesenggukan ngelepas Sayyid Sahal ke Ibu pengasuh. Ini drama bangett.. Sahal nangiss... Sayyid mah happy2 ajaa... terus aku nangis sesenggukan di pelukan suami... gak pernah ninggalin Sahal terutama sampai berhari2...
dan kenapa gak ke rumah orangtua aja di Pondok Gede? pertama Sayyid udah sekolah, kedua Sayyid gak mau di sana karena gak ada temannya... sedangkan sama Ibu pengasuh udah deket banget.. jadi aku udah percayaaa bangett sama beliau..

oke lanjut ke RS setelah sholat ashar di Masjid Galaxy, langsung ke pendaftaran ... booking kamar... sebenere kelas BPJS kami kelas 1, tapiii kami dapatnya kelas 2... gakpapa laah... daripada gak dapat sama sekali... itu pun 3 bed aja kok.. jadi insyaAllah nyaman...

terus once again urus ini itu... dan ternyata segala surat pernyataan yang aku isi Senin kemarin itu pada gak ketemuu.. jadi musti diisi ulang lagi (boros kertas lagii niih :D)
Suami juga sempet beli IUD ke farmasi (yang ini tentu bayar sendiri yaa)
habis ituu pasang gelang pasien, terus cek CTG lagiii ... dan siap2 ke kamar di lantai 4...
Saat itu cuma kami yang masuk kamar tersebut.. 3 bed tapi kamarnya luas.. jadi nyaman banget.. malah lebih luas daripada Hermina Grand Wisata... kamar mandi tentu ada di dalam donks..
ohya gak lama datang pasien lain yang juga jadwal SC besok tapi dengan dokter berbeda...

Lalu aku keroncongaan.... laper beratt... ternyata aku akan dikasih makan nanti tengah malam... karena harus puasa 6 jam sebelum operasi, jadi katanya biar gak terlalu lapar besonya makannya tengah malam aja.. lha iyaa tapi udah lapar berattt gimana? ya jadi suami beli aja deeh.. mie ayam jadinya :D
jam 11 malam baru deh makanan datang.. menunya nasi goreng .. aku makan setengahnya aja karena udah ngantuuuuuuukkk...

Alhamdulillah bisa tidur nyenyak sampai subuh...
Sholat, mandi dan siap2 untuk dipasang selang infus, cek tensi segala macaam...

Jam 7 an pindah ke ruang persiapan untuk ganti baju ...
jadwalnya 7.30 tapii diundur jadi 8.30
Masuk ruang operasi gak sempet pamit dulu sama suami yang entah lagi di mana...
Dan terjadilah dengan prosedur yang sama seperti 2 operasi sebelumnya...
takut? yaa takuut bangett... apalagi dengan rumor kalau BPJS itu begini begitu blablabla..
Tapi Alhamdulillah Mohammad Salman Sanjaya al-Fadil lahir tepat pukul 09.25..
terus Alhamdulillah ngerasain juga sensasi IMD .. meskipun gak lama karena Salman udah putih pucat banget kulitnya karena super kedinginan... dan aku pun mulai merasa sesak... Nah ini yang beda dari 2 operasi sebelumnya, kenapa yaa aku gak dikasih selang oksigen?

dah selesaii... balik lagi ke ruang observasi... dan di sinilah drama terjadi...
kalau 2 operasi sebelumnya bikin aku muntah gak karuan, di operasi yang ke 3 ini aku merasakan sensasi seperti orang mau meninggal.. diiinggiiiin menggigilll... aku pikir karena AC aja... tapi diinget2 di salah satu surat pernyataan kemarin bahwa efek obat bius bisa jdi mengigil..
dan itu yang terjadi.. jadi aku panggil perawatnya kalau aku mengigil...
terus akhirnya dikasih pemanas... agak lama sampai sensasi mengigil lenyap... tapi timbul sensasi lain yaitu sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget di bekas operasinyaa...

sampai akhirnya kembali ke kamar ... dengan kelelahan yang amat sangat.. ngantuk, tapiii gak bisa tiduur karena sakiit nya pake bangettt... jaauh lebih sakit dibanding operasi sebelumnya
Aku gak kuat, aku minta suami minta apa kek penahan nyeri.. kalaupun gak dicover BPJS gpp beli ajaa..
terus suami panggil perawat, lalu datanglah juga dokter.. cek ini itu sampe aku nangis karena gak nahan sakitnya saat perut dipencet2.. karena perut aku ternyata kembungg dan aku belum kentut tentunya...
akhirnya dikasih obat penahan nyeri dari dubur...

Alhamdulillah nyeri berangsur2 hilang sampai akhirnya keluargaku datang tentunya bersama babeh dan mama... rasanya jauh lebih legaa...

tapi sayang bayinya belum bisa dijenguk, karena masih diobservasi. Suami juga belum dibolehin ketemu bayi... jadi belum diazanin juga..

Selepas ashar baru deh.. Bisa ketemu si Salman juga... bisa langsung belajar nyusuin deh :)

Ohya gimana dengan BPJS bayi?
karena suamiku memang HRD kantornya yang udah biasa urus BPJS, jadi suami tahu banget seluk beluk BPJS..
kalau peserta BPJS mandiri (bayar sendiri) harus bikin kartu BPJS sebelum melahirkan..
nah karena kami dibayarin kantor suami, BPJS bayi baru bisa dibikin setelah ada surat keterangan lahir dari RS.
Niatnya mau langsung diurus di hari Jumat juga...
etapiii surat keterngan lahirnya baru bisa dikasih Sabtu, lah sednagkan kantor BPJS sabtu kan tutup tho...
Jadi suami sempat berdebat sama bagian pendaftarannya... kalau suami gak tahu celahnya, bisa jadi kami harus bayar mandiri untuk perawatan bayinya..
Jadi akhirnya disepakati (seperti sebelumnya suami sempat urus karyawan kantor lainnya) bahwa kartu BPJS harus sudah ada di hari Senin ... nah sebagai jaminan, kami harus menyerahkan uang sejumlah sekitar 1,5 juta kalau gak salah... kalau Senin gak diserahkan kartu BPJS bayinya, maka uangnya hangus.. kalau ada maka uangnya akan dikembalikan.. Deal! :D

Yasudah deh urusan adminitrasi sudah tenang...
aku juga bisa fokus untuk urus diri dan bayi...
Dan tetappp kendala yang aku hadapi itu kembung karena belum kentut... jadi itu nambah nyeri aja sii tapi Alhamdulillah sudah gak separah ketika habis operasinya..

Alhamdulillah hari Minggu siang kami sudah bisa pulang
Setelah suami menyelesaikan urusan administrasi di kasir termasuk menyerahkan uang jaminan 1.5 juta... Ohya obat penahan nyeri yang dimasukan ke dubur itu aku pikir bayar lagi, ternyata nggak kok...

Alhamdulillah dengan BPJS kami hanya mengeluarkan biaya untuk IUD saja...
lumayan kaan bisa hemat hampir 10 juta... jadi uangnya bisa disimpan untuk biaya masuk SD sayyid tahun ini...

terus gimana ada bedanya gak dengan pasien biasa?
beda yang paling nyata adalah bayi kami gak dicek lab untuk bilirubinnya... sedangkan untuk imunisasi Alhamdulillah sudah termasuk semua...

tadinya aku minta bayar mandiri aja.. tapi kata bidannya .. dokternya udah cek bayi dan gak ada yang perlu dikhawatirkan.. dan toh nilai bilirubin pasti naik setiap harinya... jadi kalau kondisi bayi kelihatannya sudah OK ya gak perlu juga

terus soal pelayanan Alhamdulillah thanks a lot juga untuk suster2, bidan dan dokter jaga RS Hermina Galaxy.. seriusss mereka itu raaaaaaaaaaaaamaaaah bangett... sampe2 aku sempet baca salah satu blog itu suster2 Hermina Galaxy udah kayak bidadari saking baek dan sabarnya.. gak ada deh ketemu suster jutek dan galak...

teruss untuk kontrol jahitan dijadwalkan tanggal 25 April kemarin ...
sempet nanya ke suster katanya prosedurnya seperti kontrol biasa yaitu harus daftar dulu ke atas ..
etapiii ternyataaaaaa harusnya kita langsung ajaaaaaa ke pendaftaran ... karena udah didaftarin sekalian...  udah dikasih nomor antrian pula...huhu sayang banget kaan datang pagi2 antri... udah gitu dokternya ada tindakan .. jadi yang biasanya jam stg 2 an dipanggil itu jam 4 an baru dipanggil

Sedangkan untuk kontrol bayi dirujuk kembali ke Faskes 1.
jadi sebelum ke RS, kami ke klinik dulu untuk cek Salman
Alhamdulillah sehat... 10 hari naik 3 ons sudah lumayan banget dengan ASI exlusif...

Dan sekarang ternyata udah 1 May yaaaaaaaaa huhu gagal deh 1 bulan 1 blog ...
kirain April itu sampai tanggal 31 ...

Jadi beginilah cerita sayaa
Semoga bermanfaat

Doakan semoga kami semua sehat terus...
Terimakasih buaaaaaaanyaak juga untuk temen2 dan sodara2 yang sudah menyempatkan nengokin ke RS juga ke rumah...
terimakasih BPJS
terima kasih RS Hermina Galaxy
terima kasih Klinik Amuna Medika
tentu terima kasih kepada suami tercintah, mama bapak sodara teman semuanyaaa

dan tentunya tidak lupa untuk bersyukur kepada Allah S.W.T atas kemurahan rezeki dan kasih sayangnya kepada kamii :)

Semoga semua sehat sehat terus yaa...
Love you all :)

Thursday, March 31, 2016

Serba Serbi Tidur antara aku, suamiku dan kedua bocah lelakiku

Aku

Sebelum punya anak, angkot itu jadi kasur ke2 haha
iyaaa gampang banget tidur di angkot
bisa dari baru naik sampe terminal tujuan akhir..
bisa nyasar... tau2 kelewat
bisa sampe dibangunin supirnya
dan tentu bisa sampe resiko dicopet

setelah punya anak pertama dan masih kerja, makinlah pelorrr
lha iyaa malam kan seringnya begadang thooo

terus sampe akhirnya aku berhenti kerja kantoran dan jadi freelance
alhasil aku jaraaang bangett naik angkot..
dan akhirnya keahlian tidur di angkot menurun drastis #lha iya tidur disebut keahlian# :P

apalagi kalau lagi jalan kemana2 kayak ke Bandung dll yang naik angkutan umum sambil gendong bocah
yaa makin aja susah tidurr.. masa iya bisa tidur pules sedangkan ada 1 nyawa yang bergantung pada kesiapan kita siapa lagi kalau bukan anak yang lagi tidur

jadinya jadinya ya jaadinnyaa keahlian tidur saya semakin menurun >.<
apalagi kalau sudah punya anak, pastinya pas awal2 menyusui sering terbangun dong yaa...
belum lagi Sahal yang ada masanya berkali2 kebangun sambil teriak2 (night terror)
juga Sayyid yang kalau kecapean main siang2 suka tidur sambil nendang2...

jadinya ya jadinya
aku gak bisa tidur kalau sikon nya emang gak bener2 nyaman untuk tidur
adapun kalau lagi ngantuk2nyaa, terus nyoba tidur, terus keganggu dikitt.. alhasill saya malah jadi sama sekali gak bisa tiddurrr

ya kayak malam ini..
lagi capek bangett ngantuuukkk
entah kenapa Sahal lagi uring2an terus..
udah gitu pake ada situasi tiba2 dia kepengen banget nonton video lomba gerak jalan kakaknya di handphone
sedangkan hp udah lowbat dan akhirnya matiii
terus dia ngamuk2
saya sudah lelah
saya biarkan nangis
akhirnya bisa tenang dikelonin sama abbynya

dan saya? berakhir di depan laptop inii
pun krn sedang hamil besar, dan tengah malam ini adalah saat2 si baby lagi guling2an di dalam perut kaan? hwahahaha

Suami
ehh gak usah diomongin dehh
eh tapi gak seru ahhh.. jadi suamiku ini yaa kalau capek banget, lagi bete gampang banget tidurnyaa hwehehehe
tapi gampang juga kok kebangunnya...
alias siaga.. kalau aku udah kewalahan ngadepin night terror dan ngambeknya si Sahal atau tendang2an Sayyid, suamiku siap siagaa bantuin :D

Sayyid
nnaah ini bocah niiii paling enakkk dan mudah beradaptasi kalau tidur
maksudenya mau di angkot yang panas gerah segala macem bau, mau di bis AC, mau di kasur sempit,
mau di lantai, di motor, kalau udah ngantuk yaa ngorok ajaa
blass tidurrnya

ya kecuali kadang2 kalau kecapean siangnya, dia bisa mimpi sambil nendang2 siapa aja yang di sampingnya

naah banguninnya ini yang super susaaah yang ada marah2 kalau dibangunin
apalagi udah sekolah kaan

yang ada harus dikasih 'reward' kalau dia berhasil bangun tanpa nangis dan marah . reward nya uang jajannya naik jadi 2000 (sebelumnya cuma aku kasih jajan 1000)
Alhamdulillah membaik sekarang
apalgi kalau udah tau ada acara penting ...
kayak kemarin lomba di Ancol dia bisa bangun jam 5 kurang 15 langsung mandiiiii

Sahal
nah kalau yang ini  awal2 kelahiran termasuk gampang banget tidur.. maklum karena lahir prematur, jadi most of the time he used for sleep...

terus makin gede, jadi mirip2 akuuu... gak bisa tidur kalau kondisinya gak nyaman..
apalagi pas musim kemarau kemaren2 ituu.. panasnya ruarr biasaaa...
nah jadinya sering nangis malam2 krn kegerahan
padahal udah pake AC tambah kipas angin pulaa...
kalau nginep ke rumah neneknya pun begituuu
makanya kadang aku malah kurang istirahat kalau lagi nginep di rumah orangtua hehe

nah sekarnag mah musim hujan.. jadi so far gampang tidurnya..
cuma memang pernah berkali2 mengalami night terror...
tiba2 kebangun tengah malam, nangis2 dan teriak2 gak jelas, ditawarin apapun gk mau...
digendong juga gak bisa... pokoe stress beratt dehh...
saya pun kadang sampe nangis karena bener2 gak tahu mau diapain lagi...
baisanya suami yang langsung handle, maksa gendong Sahal bawa keluar, tidur di karpet ruang tengah dengan kipas angin full ...
kadang gak mau, setiap digendong suami, langsung minta balik lagi ke saya..
terus habis itu saya peluk sambil tidurr baru bisa tenang
kadang yaa biarin aja nangis snediri sampe berhenti
jadi bener2 gak ada pola deeh

tapi akhir2 ini Sahal punya kebiasaan "ajaib"
kalau lagi tidur kebangun, dia minta dipeluk (cari tangan siapapun yang disampingnya) terus dicubit2 sampe tidur lagii .. nih sikut saya udah banyak banget bekas cubitan Sahal haha

Nah karena aku sebentar lagi melahirkan, jadii akhir2 ini berusaha dikondisikan supaya Sahal gak terlalu bergantung sama saya...
jadi kadang Sahal tidur berdua sama suami...
atau saya kelonin dulu, terus saya tinggal tidur sendiri di kamar sebelah...
karena nih anak termasuk Sayyid memang tipe tidur "penjelajah" artinya bisa guling2 ke sana kemari.
kalau nanti dedek bayi sudah lahir kan bahaya ...

ditulis sebagian di 29 maret 2016 jam 00:50
baru selesai sekarang :P

Sekian
dari saya yang sedang super ngantuk di kantor
karena udah hari ke-3 susah tidur malaam Zzzzzzzzz

Friday, March 18, 2016

Dibalik Kehamilah ke#3

Bismillahirrahmaanirrrahiim

err mau ngomongin apa nih hihi

ya dibalik kehamilan ke#3 ini ya ada saya dan suami lah iya laah haha

jadi setiap ada yang tahu saya hamil ke#3 ini hampir semua menanyakan hal yang sama?
emang gak KB? apa kebobolan lagi?

yaah waktu saya tahu hamil, anak ke2 saya memang masih berusia 20 bulan yang berarti masih menyusui dan katanya masih terlalu kecil usianya..

jadi kebobolan lagi? seperti hamil ke-2 dulu?

Hmm jadi begini ceritanya, setelah 'gagal' ber-IUD dulu kala, saya jadi agak parno dengan namanya KB.. jadi diundur2 terus mau KB nya.. *tuuuh kaan???*
eeett tapi tunggu dulu, bukan berarti saya gak KB lhoo!!
Saya coba dengan KB alami... *lagiann sii??*
tunggu ada tapinya...
jadi sejak Sahal lulus ASI Exlusif, baru kali ini saya merasakan yang namanya siklus haid teratur.. saaangat teratur.. karena sebelumnya pas masih single pun saya gak pernah teratur siklusnya.. bahkan sebelum nikah saya gak haid 5 bulan sampe deg2an ke dokter periksa takut ada kista atau apa... tapi Alhamdulillah gak ada apa2 ..

Nah karena siklus haid teratur ini, saya Pe-De untuk KB sistem kalendar, sedangkan sebelumnya kami juga KB dengan metode Coitus interuptus 
Kenapa gak pakai yang dijual2 di minimarket itu?? Saya punya alergi terhadap bahan tersebut.

Naah terus jadi kebobolan dengan kalendar ini...
Tidak...
Saya pede kalendar karena selain siklus haid teratur, juga pengalaman teman2 saya yang gagal ber-KB dan akhirnya berhasil dengan meode alami...

Nah tapi akhirnya saya bete juga, karena gak ada yang dukung cara kami.. selain saya dan suami...
pusing juga kalau setiap ngomongin ini, ditakut2in kalau nanti jebol lagi dan lain sebagainya..
udah gitu karena saya sering kecapean, kadang memang haid nya telat ..

Akhirnya yaaa udaaah laah saya coba pake Pil Andalan untuk Ibu Menyusui...
entar lupa lagi?? Alhamdulillah gak lupa kokkk
seriussssssss itu pil selalu saya bawa kemanapun pergi haha

tapii akhirnya saya berhenti, karena haidnya jadi kacau balau banget...
10 hari haid baru berhenti, 5 hari kemudian haid lagii.. rasanya lemes bangettt ...
disuruh berhenti sama suami
dah balik lagi aja ke alami
balik ke Coitus interuptus sampaai siklus haid kembali teratur

setelah 2 bulan siklus haid mulai teratur ..
mulai kembali ke metode kalendar...
bulan pertama sukses
nah bulan ke2.. kok haid nya telat.. telat seminggu aja udah panik banget...
terus ya kata suami saya jadi "emosian banget" rese deh pokoknya dan saya sangat menyadari itu...

tapi saat itu saya malah berdoa semoga tidak hamil semoga hanya telat saja..

coba test pack dannnnnnnnnnnnn POSITIF!!
setelah itu saya baru menemukan artikel, kalau berhenti KB hormonal baru bisa normal setelah 6-12 bulan setelahnya... laah saya baru 2 bulan berhenti pil.. jadi yaaa yang biasanya masa tidak subur bisa jadi malah jadi masa sesubur2nya..

dan pas dicek USG memang tepat usia kehamilan saya dengan waktu terakhir masa tidak subur saya...



Jadi yaaa apa mau dikata...
kayaknya gak bersyukur banget kalau saya bilang ini "kebobolan"
mending gunakan kata lain "ini rencana indah Allah"

Yaah yang sudah di-steril aja masih bisa hamil lagi kok...
kalau Allah sudah berkata JADI ya JADILAH!

Stress gak?
yaa seriously stress banget
ya gimana Sahal masih kecil
masih menyusui (alhamdulillah masih bisa menyusui sampai pas 2 tahun, jadi 4 bulan awal kehamilan saya masih menyusui Sahal)
masih suka ngamuk
dan ini memang yang paling bikin saya sering nangis... kalau lagi begini ya paling curhat sama suami kayak di sini nih..  itu lagi galau2nya...

tapi Alhamdulillah hamil kali ini gak terlalu teler di semester awal.
beda dengan dua kehamilan sebelumnya...

gak ada muntah2 batuk2 parah...
ya mual2 gak nafsu makan ya wajar lah...

Jadi saya masih bisa kerja, masih bisa jalan2 dll

Memang Allah Maha Adil yaa
dan memang gak akan kasih beban diluar kesanggupan hambaNya

ya kalau aku mabok teler kayak dulu sednagkan Sahal dan Sayyid masih butuh perhatian plus aku baru kembali ke kantor tepat saat aku hamil ya apa jadinya?
bener2 adil kan Allah itu?

jadiii meskipun suka ngebayangin beratnya nanti kalau dedek bayi sudah lahir...
juga ngebayangin gimana kalau akhirnya aku harus positif operasi SC lagi ..
sakitnya pemulihan pasca SC dll
tapiiiiiiii the show must go on laah...
jalanin aja...

sekali lagi karena Allah gak akan kasih beban diluar kesanggupan hambaNya

Demikian cerita kali ini...
Doakan semoga bisa melahirkan dengan selamat di waktu yang tepat... :)