Showing posts with label salman. Show all posts
Showing posts with label salman. Show all posts

Friday, April 19, 2019

My last 4 months stories

Bismillahirrahmaanirrahiim.......

Apa kabar teman-teman Blogger? haha kayak ada yang baca aja...
Pasti ada sih biarpun se-"upil" alias dikit banget...
Ya mau gimana lagi, "rumah" nya aja jarang diurus.. ditengokin juga jarang haha

Tapi yah kalau dilihat Statistic..... blog saya tentang kelahiran anak ke-3 dengan BPJS tetap jadi yang terlaris... masih suka banyak comment juga yang kadang lupa saya cek dan approve.
.






















Terus ini mau cerita apa ya? Saking sudah lamanya gak nge-blog jadi bingung mau nulis apa. Cerita aja deh sedikit... Ini status terakhir saya di tanggal 1 Januari 2019 di Facebook

Iya saya sedang belajar sedikit demi sedikit lepas dari ke-asyik-an saya meluncur di sosial media. Karena, somehow........ berasa terlalu consumed my time ... terlalu memusingkan melihat terlalu banyak cerita dari > 1000 friend list saya.. Kok memusingkan sih?

Karena suka atau tidak suka, terkadang mempengaruhi fikiran saya, terutama di saat saya sedang down, sedang ada masalah.. kadang suka membandingkan.. suka over thinking yang membuat saya kadang lupa bersyukur... itu sala satu efeknya.

Kedua, saya lelah melihat berbagai entah apa dibilangnya ya... mungkin tepatnya "negative status", terutama menjelang Pemilu... dan ternyata setelah Pemilu lebih parah lagi ya bwahahaha...

Ketiga, pun saya tidak merasa ada yang perlu saya share di socmed... Karena sudah semakin sadar, bahwa memang seharusnya yang kita share haruslah yang bermanfaat. Foto anak2, seseruan, dll... entah apa manfaatnya untuk orang lain... bahkan bisa jadi berujung jadi "ujub". Untuk keep foto? kenang2an? eehhh ada Google Photos cukup lah.. bisa dishare juga ke suami... 

Pun, kalau akhirnya hilang, terus kenapah? Tidak menambah daftar dosa dan pahala kok :D
Sedih? whyy? toh saat ini bisa melihat langsung wajah anak2, suami, keluarga....

Terus..... gak merasa ada efek berguna ternyata setelah mantengin socmed.. mungkin karena terlalu banyak informasi yang dimunculkan, jadi nge-blur... sampai akhirnya seringkali berfikir "gw ngapain aja ya tadi....informasi apa yang didapat? keuntungan apa yang didapat?"

Sejujurnya saya mau stay facebook, karena pingin tetap masuk di komunitas KEB (kumpulan emak blogger), kalau ada alternatif lain, mungkin saya benar2 akan hapus FB ini.. Kayak dulu Multiply... enak banget kan sharing-sharing blog gitu.. Mungkin sudah ada alternatifnya, tapi saya hanya tidak ada waktu (red: malas) mencari.

Hehe jadi rada serius yoo?
Mungkin bisa jadi karena akhir-akhir ini saya amat teramat sibuk guyss.....
Saking sibuknya, saya jadi ngerasa banget waktu itu benar2 berharga....
Sibuknya ampe keubun2 #elaah

Jadi, kalau saya wasting time di suatu hal.. terus akhirnya bikin hal yang wajib jadi terabaikan, kayak nyeseeeeeeel banget...

Lah terus gakda hiburan sama sekali?
Teteplaah ada... Otak kita butuh refreshing juga....
Selain playing with kids... ada 2 hal yang masih saya lakukan hampir setiap hari:
  • Wattpad
  • Webtoon
Wattpad pun sudah terkontrol dengan menghapus aplikasinya dari HP. jadi saya baca cuma dari gmail, dan kalau ingat. Karena kalau pakai aplikasi, notifikasinya itu menggoda banget untuk baca terus :))

Webtoon... yaa karena ini komik cenderung singkat ... apalagi sekarang sudah pakai koin2an.. jadi ter-kontrol kalau udah malas keluarin duit buat beli koin :P

Instagram? pernah bikin akun-nya, tapi lupa.... jadi kadang suka ngintip instagram suami aja... 

TV? saya hanya minta izin anak2 untuk lihat Master Chef di sabtu dan Minggu... jadi jangan diganggu! hwehehehe 
Selain itu... Doraemon kalau gak ketiduran pagi, D'Sign di Net TV

Buku? Dibeli doang... ada beberapa buku yang udah dibeli, tapi belum dibaca ... 

Habis itu yaaaa tiddurrrrrrrrrrrrrr......... guling guling, rebahan, menikmati kasur,, guling, bantal yang akhir2 ini jarang banget ditempelin lebih dari 4 jam :D

Jangan tanya soal olahraga mah? sepeda udah dibeliin, cuma dpake 2 kali wkwkwk
treadmill mini udah dibeli, jadi mainan bocah haha

Emang sesibuk apa sich? dan ngapain aja? sama siapa? dimana? #elaah

Sibuk kerja guys. Titik.

Alhamdulillah.. ehmm bukan Alhamdulillah juga sih.. tapi Istighfar juga
Tahun ini dapat amanah baru tetap di tempat kerja yang sekarang...
Kenapa Alhamdulillah? ya Alhamdulillah karena role baru ini memungkinkan saya untuk lebih banyak waktu untuk keluarga. I said memungkinkan... tapi ya belum tercapai saat ini :D

Kenapa Istighfar? karena amanah ini berat... tanggung jawabnya berat.. tingkat stress nya ternyata tinggi juga... tapi ya sangat menantang juga..

Dan karena masih belum bisa lepas dari role sebelumnya, akhirnya makin terasa berat.... jadi sering up and down gitu... dengan kondisi makin sibuk pas bulan lalu, sampai-sampai sering banget berangkat pagi pulang malam, juga lanjut lembur...

Yah No Pain No Gain sih....
Badai Pun Pasti Berlalu....
Sabar sabar... semangat semangat :))

Mudah2an tetap sehat.... sampai badai-nya berlalu.

Nah terus gimana kabar anak2...
Alhamdulillah sehat... happy... berkembang

Salman sudah 3 tahun 15 April lalu... Alhamdulillah sudah lepas menyusui..
meskipun masih "ma miii .. umiiiiiii" tapi sudah mulai bisa mandiri.. sudah mau main sama teman-teman di rumah.... Sudah mulai berkurang "gedoran ala debt collector" di pintu kamar mandi :))

Sahal... ini yang paling berkembang.... kemampuan sosial-nya makin baik... kalau tahun lalu yang lebih sering terdengar itu "Sayyid, main yuuk!" sekarang "Sahaaal main yuuk"

Kemampuan bicaranya makin baik, meskipun kadang masih tergagap...
Sudah 5 tahun lebih.... masih ragu-ragu mau masukin TK atau mundur saja tahun depan..
Saya cenderung mundur lagi saja... karena:
1. belum bisa bersihin "pup" sendiri --> ini buat saya pentiiing
2. masih cenderung belum bisa diberi peraturan dan negosiasi --> masih suka seenaknya sendiri
3. belum bisa fokus
Rasanya sih masih belum cukup "dewasa" menerima lingkungan sekolah yang banyak "peraturan"-nya

Beda dengan Sayyid sebelumnya, yang terlihat banget sudah cukup "dewasa" di seusia Sahal sekarang bahkan di usia sebelumnya.
Setiap anak kan beda-beda yooo... Jadi just wait and see aja...

Saat ini Sahal pun kalau ditanya mau sekolah apa nggak, kadang jawab iya, kadang jawab nggak mau, kadang sesimple jawaban "mau, tapi gak ada tas-nya". Jawabannya gak mantep dibanding Sayyid dulu ....

Sudah mulai ikut TPA sih dekat rumah Ibu yang mengasuh.. itu pun seringkali Sahal lapor "Miii.. Sahal gak ngaji!", aku tanya kenapa, jawabannya as simple as "Malesssss" wkwkwkwk

Lalu Sayyid, gimana kabarnya? 
Sudah kelas 3 guys... Alhamdulillah tidak ada laporan tidak baik dari guru pembimbingnya... dibanding di kelas 1 dulu... kelas 3 ini cenderung aman... Sudah cukup bisa mengontrol emosinya...
Kalau pas kelas 1 sering dengar laporan, Sayyid berantem sama kakak kelas, sama teman, iseng... sekarang sudah tidak ada laporan yang sama... 

Tahun ini akhirnya dimasukin ke SSB (sekolah sepak bola)... Saya ragu sebenarnya untuk memasukan ke SSB, karena khawatir capek... pulang sekolah stg 3, lanjut bola sampai jam 5, lalu pun sampai tumah main bola lagi.... elaaaaaaaah ngelihatnya aja udah capek....

Tapi diminta stop juga gak mau, jadi yasudah lihat saja dulu sekuat apa...
PR-nya satu aja... kalau udah kecapean, biasanya Sayyid jadi gampang tersinggung, gampang marah...

Lalu kabar apa lagi ya...
Tahun ini, InsyaAllah adikku mau menikah... besok Minggu insyaAllah hari lamaran-nya... Yeiyyy mau punya adik perempuan

Yang paling sedih di tahun ini adalah kondisi kakek-ku yang sedang menurun.. Feels broken heart seeing him having this condition. Setelah operasi prostat, kondisi kakek makin menurun... Bahkan sudah mulai demensia, yang katanya karena salah satu obat yang dikonsumsi... Setelah stop obat ini, mudah2an kondisi-nya berangsur pulih.. Aamiin

Apalagi ya... suami... sehat Alhamdulillah... semoga usahanya makin lancar.. Aamiin

Bapak Mama sehat... meskipun masih ada masalah dengan kaki bapak, efek berkepanjangan dari operasi karena tendon rupture beberapa tahun sebelumnya... 

Apa lagi ya...
Sudah sepertinya..
bener lho nge-blog itu emang musti dirutinin... kalau sering "bolos", suka bingung apa yang mau ditulis...

Ohya, saya sudah 34 tahun ternyata :))
1 tahun lagi 35 ...

Cita-cita semua sudah tercapai kah?
Sepertinya 1 cita-cita saya tidak akan tercapai... S2 sebelum usia 35 :(
Jadi kapan? entah.....karena saya maunya ketika saya ambil S2 nanti, saya fokus di kuliah saja dulu... tidak mau menyambi dengan kerja juga...

Pingin juga tahun ini.... kalau sudah agak senggang.. mau mulai menulis di Wattpad .... siapa tahu ada yang baca haha

Sudah dulu ya... semoga semua sehat, sukses, dan bahagia ...

Sampai jumpa lagi di lain waktu :)





Thursday, January 26, 2017

MPASI nasi tim bumbu dapur

Siapa siik yang gak sedih kalau anak tiba2 ogah makan...
Makan baru berapa suap udah ngamuk...

Ya ini Si Salman, sejak sakit demam nyaris seminggu karena batuk pilek, nafsu makannya jadi menurun.

Jadi saya berusaha ubah ubah menu.
Segala rupa, diblender emoh, dibuat tim aja juga gak banyak, dipisah juga gak banyak, dikasih kuah juga cuma dikit terus aku puuuusyyyiiiiiiing

Udah gitu kakaknya Sahal juga suka mood2an makannya. Kalau gak mau ya gak bisa dipaksa, tapi giliran nafsu makan meningkat langsung deh sehari bisa lebih dari 3x.

Tapi Salman lagi suka banget sama nasi putih doang. Gak ditim, apalagi dblender.
Jadi kalau aku dan kakaknya makan, dia minta nasi... Dan itu banyak.
Udah aku coba cocol pake lauk/sayurnya tapi baru dikit udah ogah.

Jadi muter2 otak, terus ya bikin salah satunya resep ini nasi tim beraroma. Halah apalah namanya
Intinya
- nasi + air + batang sereh digeprak + daun salam + parutan wortel + potongan tahu sutra

Niatnya tambahin ikan kembung, tapi belum matang pas jadwal sarapannya

Suer baunya kayak nasi uduk gitooh haha tapi tanpa garam ya..

Alhamdulillah pagi makannya lahap, sisa 1 sendok aja.
Bekal siang juga habis.
Malam karena udah sempet makan nasi duluan, jadi gak habis tapi lumayan lah lebih dari setengahnya

Dan rasanya ituuu super happy banget kalau anak lahap makan

Iya kan emak2???

Udah ah sekian
Ini penampakan nasi timnya


Note: makan pakr piring biasa?
Yoa! Terakhir makan pake mangkok dan sendok bayi langsung ditolak. Giliran ditunjukin piring beling, langsung semangat. Haha anak kecill


Tuh bocahnya... Ngeblur fotonya sik

posted from Bloggeroid

Monday, January 9, 2017

Update Status Terkini: Kabar Sahal, Sayyid, Salman

Pertama, saya gagal melaksanakan janji saya sendiri untuk tulis blog minimal 1 bulan 1 artikel.
karena bolong di April dan Desember.

April karena lagi rusuh2nya mau lahiran dan habis lahiran baby Salman,
Desember karena lagi sibuk2nya kerjaan... lelah jiwa raga

dan sudah sekian banyak draft blog yang akhirnya gak selesai2 haha.
ntah draft ini jadi dipublish atau nggak. kalau ada yang bisa baca blog ini selain saya ya berarti berhasil dipublish hahahah. Kalau nggak ya berarti Salman bangun minta nenen, lalu saya ketiduraaan haha

Terus saya bingung mau nulis apa ini.
cuma kangen aja lah nulis blog
karena emang hobby saya nge-blog dan baca novel

tapiii novel terakhir yang saya baca kayaknya itu di malam menjelang operasi. Novelnya tere liye Amelia dan Berjuta Rasanya. cuman yang berjuata rasanya gak selesai dibaca, karena membosankan (maaf ya bang Darwis, ini buku pertama yang saya anggap membosankan, mungkin karena biasa baca full novel tebel, pas baca mini seri gini jadi aneh hehe)

terus gimana kabar anak2?
Sabtu kemarin baru bawa Sahal ke dr Apin . Sakit kah??
Sahal itu gampang banget kena batuk pilek, baru sembuh beberapa hari, gak lama kemudian mulai lagi batuk pilek...
Saya kan jadi khawatir... dan ini udah lama banget.. lebih tepatnya sejak Sahal punya adik.
akhirnya bela-belain jauh2 periksa ke dr. Apin, soalnya aku butuh pendapat yang RASIONAL.
kalau ke dr umum..  takutnyaaa langsung ujuk2 disuruh rontgen, suspect FLEK (nama lain TBC sebenarnya).
terus akhirnya dijelasin sama dr. Apin, macam2 batuk. ada batuk kronis, ada batuk akut.
batuk kronis itu diantaranya TBC, alergi, pneumonia dan apa lagi saya lupa. itu biasanya batuk gak sembuh2 disertai demam, gagal tumbuh (gizi buruk) dll saya lupa lagi. catetannya ada si disimpen, tapi saya udah malas keluar kamar
terus kalau batuk akut, ya kayak sahal ini batuk beberapa minggu, terus sembuh, batuk lagi,
dan itu biasanya hanya COMMON COLD.
dan kebetulan karena Sahal lahir prematur  bisa jadi daya tahan tubuhnya memang tidak sekuat (misal) kakaknya. jadi ketemu sama temen yang lagi pilek ya nular.

terus gimana? buth suplemen segala macam?

dr Apin bilang GAK ADA SUPLEMENT peningkat daya tahan tubuh. itu buang2 duit aja..
intinya berdamai aja... terima kondisi ini. dan berdoa kali yaa...
toh kalau lihat dari berat badan, tinggi badan Sahal itu termasuk Gizi Baik kok... semua normal.
pfiuuuhhh tenang deh..
sebelumnya dag dig dug terus.. setiap bulan harus siap2 lihat Sahal batuk2, pilek muter2 aja.. udah kenyang ditanyain sama tetangga, keluarga "Itu sahal pilek gak sembuh2 perasaan" hehe

terus ngomongin apa lagi ya..
ohya Alhamdulillah Sahal udah mulai banyak kosa katanya. karena dulu sempet panik bangett... tapi2 lagi2 belajar berdamai untuk tidak membandingkan Sahal dengan teman2 seumurannya yang udah ceriwis banget dan lancar bicaranya. karena ya semua perkembangan Sahal memang telat. gigi pertama di usia 1 tahun, jalan baru bisa 18 bulan, bahkan ubun2nya baru ketutup di atas 2 tahun.
Jadi baru bisa ngomong di usia 3 tahun lebih ini, dinikmati saja...
Belajar bersyukur, dan menerima apa adanya.
Karena kelahiran Sahal bisa dibilang anugerah banget.
Saya hamil Sahal di tengah2 kondisi paling suliiiit di usia pernikahan kami ke 4 saat itu.
Kalau roller coaster, saat itu adalah titik paling rendah dan terbalik.
Karena itu saya tidak percaya diri dengan kehamilan saat itu, karena jiwa dan raga saat itu sedang benar2 diuji.
Mudah2an dewasa nanti Sahal juga jadi anak yang 'tahan banting' untuk menerima segala ujian dan cobaan. Aamiiin

Terus kabar apa lagi?
Sayyid.. Udha tahu kan Sayyid udah kelas 1.
Ini juga tadinya mau cerita tentang sekolah Sayyid..
dulu TK nya deket rumah aja?
dulu itu kan sempet kepingin banget homeschooling, tapi sadar diri GAK JADI
terus dulu sempet kebawa juga pingin masukin di TK yang katanya keren2 (red: mahal maksudnya)
tapi aku pikir ngapain siik?
TK itu mah taman kanak2...
saatnya main2 aja sambil belajar.
karena TK nya deket, jadiiiiiii Sayyid bisa jalan kaki ke sekolah

Terus meskipun di TK diajarin calistung, tapi ya aku biarin aja Sayyid ikutin semampunya.
Jadi itu ya kenyang deh kalau dikasih laporan sama Bundanya di TK kalau Sayyid itu salah satu 'biang ribut' hahahah
disuruh nulis bilangnya capek lah ini lah itulah

tapi habis itu lari2an ke sana kemarin gak ada capeknya
belum lagi kalau Sayyid lagi marah... tersinggung dikit maraah
dan marahnya ituuuu huffffffffff (temen kantor aku tahu nih kelakuan Sayyid kalau marah hahaha)

Jadi lulus TK Sayyid baru bisa baca 2 huruf aja...
Sempet ditawarin les, karena sebagian sekolah SD di sini iniiiiii ada tes calistungnya...
terus aku bilang ke Bunda nya.. gak usah lah Bun.. biarin aja sebisanya Sayyid..
pun capek juga udah pulang jam 10, masih disuruh les juga.. oh nooooo

Ohya bahkan di TK ini ada PR nya lho
ini yang bikin senewen
aku minta Sayyid tetep ngerjain bukan karena ingin dia bisa segera calistung, tapi belajar KOMITMEN untuk lakuin apa yang janji dia kerjakan.
jadi lihat hasil PR nya yang ruarbiasaaaaaak
pas awal2 itu tulisannya bisa 5 baris sendiri. sesuka2 dia aja laah
PR nya itu susah2 lah. disuruh tulis nama pahlawan, nama alat komunikasi dll
ya ampuuuuuun?
ya nyantai aja juga siii
itu kan artinya ORANGTUA nya yang musti ngajarin sambil cerita di rumah tho hoho
jadi gak perlu lah posting keluhan macam gini di pesbuk hahahah

terus akhirnya pas mulai daftar SD.
Setelah cari2 survey ke 3 sekolah which are 2 sekolah alam dan 1 SDIT
dipilihlah SDIT Insan Madani.
Tadinya Sayyid udah kepengen bangey masuk ke Sekolah Alam Bambu Item di Villa Nusa Indah.
Sampe sana langsung happy banget dia.. iya mi di sini aja mau mau mauuu
tapi karena pertimbangan jarak dan biaya juga (hahaha tetep aja mahal thooo)
akhirnya pilih SDIT Insan Madani.
Sedangkan Sekolah alam yang satunya Sayyid kurang sreg, karena kecil sekolahnya. terus karena lokasi lumayan jauh juga siii

SD Insan Madani ini bisa dibilang semi sekolah alam juga sii
Karena ada fasilitas outbound nya di belakang hahahaha
dan karena setelah hasil nguping oobrolan emak2 tetangga yang sekoolah nya nyebar di beberapa SD terdekat, aku pikir SDIM ini yang lebih tepat.
Masih pakai Kurikulum 2013 juga, terus kelihatannya anak2 gak terlalu terbebani dengan materi pelajarannya.
sekelas cuma 25 an
dan memang MAHAL hahaha
tapi Alhamdulillah lah Sayyid ada asuransi dan biayanya pas banget sesuai dengan biaya masuknya

Dan sampai sekarang Sayyid masih terlihat happy2 aja sekolah
belum ada keinginan SERIUS untuk bolos sekolah. sedangkan pas TK sempet beberapa kali ngambek gak mau sekolah :D

nah terus gimana Syayid udah punya 2 adik
entar aja deh cerita nya lain kali aja haha

nah terus Salman gimana kabar?
seriously ini bayi paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaliiiiiiing 'rusuh' diantara kedua kakaknya
umur 6 bulan tau2 udah bisa duduk sendiri, udah bisa merangkak, udah punya gigi 2.
sekarnag udah berdiri2 merembet di kasur
terus kalau nangissssssss bikin OTAK SAYA BEKU. karena saking kencengnyaaa...
kalau digendong gak bisa diem.
intinya paling bikin saya pegel haha

nanti kapan2 diceritain lagi deeh
ini udah jam 11
mau BAK lalu bobo

bubbyeeeeeeee
Selamat tidur


Wednesday, October 12, 2016

My after office view



Jarang-jarang nih pulang kantor pemandangannya adem begini. Ini pemandangan 2 hari lalu.

Jd sebagai gambaran, senin-jumat saya ke kantor. Salman dan Sahal dibawa ke rumah ibu pengasuh. Sedangkan Sayyid pulang sekolah saya jemput ke kantor. Syukur2 tidur siang, kalau nggak ya 'balas dendam' main handphone, karena di rumah, saya larang main handphone (ini ada sejarahnya sendiri).
Terus pulang bareng jam 5.

Gak lama, Sahal salman dianter pulang ke rumah...
Nah foto di atas suasana 2 hari lalu. Anteng2... Salman asyik belajar merangkak, Sahal nonton kartun, Sayyid main lego sendiri. Dan saya bisa masak dikit (padahal cuma ngangetin sayur sop yang udah dibuat pagi sebelum berangkat).

Adem banget kan pemandangannya...
Jarang2...
Karena keesokan harinya, suasanya beda lagi.
Baru nyampe rumah, Sayyid ngamuk karena lego buatannya kemarin dimainin dan dibawa Sahal....
Ada kali 1/2 jam Sayyid nangis...
Saya??? Selain capek badan, kehujanan, pusing kerjaan kantor terus dengerin Sayyid nangis, kira2 saya ngapain hayooo??

Yaah akhirnya saya diam seribu bahasa...
Thats it.

Sampe sayyid berhenti nangis sendiri dll dll dll sampe tenang dan baru diajak ngobrol. Yang intinya kalau emang gak boleh dimainin Sahal, naro mainan jangan sembarangan, simpen di belakang blablablabla.

Dan hari ini?
Regardless Sahal yang berulang tahun tepat hari ini, yaaah dikebal2in aja dengar tangisan ganti gantian Sayyid, Sahal, Salman haha!

Demikian.
Begitulah.
Sekian.
Bye!

Sunday, October 9, 2016

Sahal dan Salman: sleeping trouble



Cerita hari ini:
Sahal gak tidur siang sama sekali...
Maunya maaaiiin terus sama Sayyid...

Tapi jadinya...
Setiap Salman baru beberapa menit aku kelonin, jadi kebangun terus... Berkali2....

Sampai malam ini jam 7 kurang...
Sahal akhirnya tepar...
Dan Salman? Baru saja kebangun sebelum Sahal tepar...


Ahh sudahlaah
Aku mah apa atuh
Sengantuk2nya saya, tetep gak bisa tidur kalau 3 bocah belum tidur wkwkwkw ujung2nya curhaat

Wednesday, September 7, 2016

Sahal Memang Masih Kecil kook..... a sibling rivalry story part 100

Whuaatt udah part 100 aja...
part 1 nya mana emang?
hwahaha
karena sudah terlalu banyak cerita yang dilewatkan.. jadi ini cerita bagian malam ini saja deh....

tapi sekedar briefing... dengan Sahal yang masih 2,5 tahun ketika punya adik...
yang katnaya lagi manja2nya.....
dengan kemampuan komunikasinya yang masih terbatas
dengan fase tantrum yaaaaang Subhanallah yaa matabb bangett

karena kemampuan komunikasinya yang masih terbatas itu,
jelas cara untuk menunjukan 'ke-iri-an' nya memang bukan dengan berbicara, protes yang menusuk hati kayak Sayyid dulu waktu baru punya adik (Sahal)...
Kalau dulu Sayyid bisa ngomong semacam "mending Aid gak punya adik... " yang pada kenyataanya masih sering diomongin juga sampe sekarang punya 2adik...

kalau sahal gimana?
tunjukin ke-iri-annya dengan cara yang dia mampu...

Sebenere serunya story part 1 yaitu pas Salman baru lahir...
karena ceritanya dramatis... mengguncang jiwa raga... penuh air mata... #lebayyyyyyyyyy

tapiii ya kira2 begini...
ketika Salman nangis minta nenen, Sahal malah 'sengaja' minta makan, padahal baru makan 2 jam yang lalu, dan itu makannya banyak jadi lama...
Sahal minta gendong, padahal sebelum2nya juga jarnag aku gendong... dan itu dalam kondisi Salman sedang nangis...
Sahal minta sesuatu yang sebenarnya biasanya dia juga bisa minta tolong ke abby atau Sayyid, seperti minta susu, minta jajan, minta nonton laptop, dll... dan dia gak mauu kalau bukan aku yang melakukannya...

dan lain-lain sebagainya yang gak bisa disebut satu-satu...

Dan akuuu bagaimana?
kadnag ya aku biarin aja Salman nangis sebentar (kalau aku rasa dia nangis cuma karena minta gendong)
kadang ya aku biarin aja Sahal nangis teriak2
kadang yaa aku sedikit (apa banyak ya) tegas ke Sahal..
kadang yaaaaaaaaaa akunya yang nangis karena gak sanggup lagiii....

Contoh malam ini...
dalam kondisi akuuu ngantuuuk beratttttttttttttt...
Lagi kelonin dan nenin Salman, Sahal tiba2 minta aku ngeluarin mobil2an yang nyangkut di mainan truk container dia.. dan itu nyangkut udah sejak lama, dan udah beberapa kali dicoba gak bisa...
aku minta Sahal minta tolong ke abby... dan dia gak mau.. ngamuk2..
karena gak diturutin (seperti biasa... dia minta hal yang lain) minta susu, dan itupun harus aku... krn aku lagi nenin Sahal, aku bilang minta ke abby.. gak mau.. nangis lagi ngamuk2...

Setelah Salman udah tidur, baru aku ajak keluar kasih susu...

terus Sahal minta ditemenin nonton...
dan aku dalam kondisi ngantuk berat... mau rebahan aja, Sahal udah ngerengek2 "bangunn ummiiii... ummmii baanguuun" ...... akhirnya menyerah pada kopi...dan sekarnag saya gaj ngantuk gyahaha

dll dll beberapa episode selanjutnya
sampailah di waktu tidur... udah minta susu, minta teh... gak saya turutin, terus minta susu lagi,gak saya turutin lagi...  karena tadi udah janji habis minum susu langsung bobo...

nangisss teriak2 lagiii...
akhirnyaa? dia minta pelukkk (dan ini seringkali terjadi... ) jadi intinya adalah Sahal hanya minta diperhatiin ajaaa... sedangkan saya sibuk sama baby....

terus gimana?
Saya peluk... terus entah dapat ilham dari mana, saya ajak ngobrol... dan sampaikan ke Sahal bahwa intinya saya tetap sayang sama Sahal...
dan dari beberapa obrolan, saya saaaaaaaaaaaaaangaat menahan diri untuk mengatakan "sahal udah gede"
karena pada kenyataannya Sahal memang masih kecil.. masih sangat kecil untuk berbagi dengan adiknya
jadi yang saya katakan ke Sahal malah "Salman kan masih bayi, belum bisa jalan/lari.. jadi digendong terus... Salman masih bayi, belum bisa makan minum makanya nenen terus .. sedangkan Sahal udah bisa jalan lari dan lain-lain ..."
and Sahal bener2 dengerin 'curhatan' saya dengan seksama.. sesekali Sahal nanggepin sambil berbisik... karena sadar sudah malam, Salman udah tidur jadi gak boleh berisik...
dengan diselingi pelukan dan ciuman di kening, Sahal akhirnya tenang dan sekarang tidur dengan nyenyak...

Jadiii intinya adalah... Sahal hanya butuh kepastian bahwa Sahal memang disayang
sama seperti istri yang seslalu minta kepastian dari suaminya kalau memang masih dicintai  gyahahah nyambungnya ke sini 

begitulaah...
udah yaa...
udah jam 11 malam lebih ternyataa

ini Sahal dan Salman



Monday, September 5, 2016

Banyak Anak Banyak Lupa :D

Ini cerita seru hari ini lagi..
ceritanya hari ini jadwal imunisasi bayi Salman (4 bulan 20 hari)
karena di bidan, jadwalnya hanya hari Minggu, di minggu pertama setiap bulannya, jadi wajib kudu hari ini juga berangkat...

Nah sayangnya saya lupa dimana naruh kartu imunisasi Salman...
Sampe di bidan, bidan nanyain kartunya...
gak ada...
lupa... blablabla

Yaudah kalau gitu nama dedeknya siapa?
Aku jawab lah namanya... nama lengkap.. nama panggilan
supaya dicari di catatan bu bidan...
dicari ke sana ke sini, kok gak nemu ya namanya?
BuBid: "Bulan lalu imunisasi di sini juga?"
Me: "iya bu.. tanggal 7 AGustus kok.. seingat saya agak2 sore gituu"
"berat badannya 5.9 kg deh"
BuBid: "kok gak nemu yaaa, yang imunisasi siapa?"

mana aku inget...
kayaknya si bidan junior di sebelah bidan di depanku ini

terus aku ikutan cekk kan catatannya... dan NEMU!!!
nemu namaku dan suamiku...
dan nama anaknya siapa?? SALMAN
Sedangkan tadi aku bilang ke bu bidan siapa? SAHAL MUMTAZ

Gak nyambuuuuuuung dong dong dong
padahal yang aku gendong Salman
tapi yang disebut Sahal yang lagi nunggu di luar klinik..
sampe lebaran juga gak bakalan ketemu

Gyahahaha.. bu bidan sampe ngakak ngelihat kelakuan sayaa
Saya pun maluuuuuuuu
#butuhAqua

Di lain cerita
Alkisah tetangga depan rumah.. sama punya 3 anak juga
Pas sore, anak ke3 nya minta bukain snack ke ibunya...
Udah dibuka, Si Ibu malah ngasih snack yang udah dibuka ke anak ke2
Anak ke2 bengong sebentar, tapi langsung dimakan aja itu snacknya
Akhirnya anak ke3 pun ngamuk... "kenapa Ibu kasih ke Kakak???"
Ibu nya baru sadar, ternyata dia salah kasih ...

hahaha

begitulah...
ibu-ibu emang butuh banyak Aqua :P

Friday, July 1, 2016

Anak Perempuan atau Anak Laki-laki?

Bismillahirrahmaanirrahiim

Teringat duluu kalaa saat anak hamil pertama,
suamiku kepinginnya punya anak laki2 dulu..
sedangkan saya kepinginnya perempuan dulu..

Dan saya ingat sempat bilang begini ke suami.. (pastinya sih suami saya udah lupa haha)
"Aku bingung kalau anak laki-laki... bingung gimana ngasuhnya.
kalau anak perempuan aku udah biasa"
Maksudnyaaa???

hehe jadi pas nikah itu posisinya aku adalah tante dari 3 keponakan perempuan dan 2 keponakan laki2 (update sekarang adalah tante dari 8 keponakan: 3 laki2, 5 perempuan)
Dan akuu dekeet banget sama 3 keponakan perempuan tersebut. Jihan, ZaKia dan Danish.

Sama Jihan (anak pertama dari kakak ke-2) nempel bangettt... kalau udah ada aku sampe segala musti aku yang urus dari mulai makan, mandi, main dll meskipun ada bundanya.. dan sekarnag bocahnya udah mau masuk SMP ajaa... times flies

ini aku dan Jihan

Sama Zakia (anak kedua dari kakan ke-1) karena saat itu rumahnya di sebelah rumah mama, jadi ya sering main .. jadi sering aku ajak sekedar jalan2, belanja, dan pasti ngobrol ala anak kecil ceriwis...
nempel banget juga... sampe2 pas aku udah lahiran, dia terlihat cemburu gituu

Sama Danish (anak pertama dari kakak ke-3)... baru dekat pas aku hamil... karena sebelumnya tinggalnya jauh dari rumah ... karena saat hamil aku kebanyakan kerja dari rumah, jadi Danish sering main ke rumah sampe tidur siang pun di rumahku... dan yaapp ni anak juga ceriwis banget dan gak bisa diem... pas Sayyid udah lahir jadinya deket banget jugaaa...

Danish Sayyid dan Zakia
Sedangkan 2 keponakan laki2 saat itu adalah Zaki (anak pertama dari kakak ke-1) yang anaknya cenderung pendiam.. jadi salah tingkah juga kalau ngajak ngobrol Zaki hehe .. jadi kalau aku ajak kemana2 jugaa lebih sering diam atau tidur di angkot hehe

Sedangkan 1 keponakan laki2 lainnya adalah Zaidan (anak kedua dari kakak ke-2) .. yang ini mah super nempel sama bundanya. No place for me dah pokoknyaa haha

Dan pada akhirnya Allah menakdirkan anak pertamaku adalah Sayyid .. laki2 ...
Selanjutnya anak kedua... entah kenapa aku mah udah yakin aja bakal laki2 lagi..
dan udah punya nama juga sejak awal hamil... nama pemberian bapak yaitu Sahal

Dan keduanyaa SUperrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr Aktif.. udah kayak gasing gak bisa diam ... dan udah kayak radio juga ... ngoceh teruss...
Aku sampe takjub ngeliat Sayyid .. gak ada capeknya kalau main yang bergerak kesana kemari, ngoceh ini itu segala macam ditanyakan.... cuman pas tidur aja diemnya kali... ehh nggak juga ding pas tidur juga suka ngigau dan nendang2 haha

Sedangkan Sahal kalau di rumah pun dia lari2 dari depan ke belakang, ngacak2 ini itu, manggil2 saya terus sambil nanya "mi ini apa?" terus nyanyi2 segala macam deh meskipun bicaranya belum lancarr


Dan saat hamil anak ke-3.. sejujurnya pingin banget punya anak perempuan..
bahkan aku udah punya nama lengkap 3  kata  pula... tetep dong dari "Sa" namanya
yaitu Sarah Nanda Kirana... keren ya namanya artinya putri yang bahagia dan bercahaya...

tapii sempet kepikiran jugaa.. kalau aku punya anak perempuan, gimana ngurusnya yaa?
padahal dulu hamil pertama bingung kalau ngurus anak laki2 gimana... hehe
Bingung gimana ya caranya supaya anak perempuan saya nanti gak suka princess2 an.. gak suka barbie, dan lain2 yang gak saya suka hahaaa
Sedangkan lingkungan sekitarnyaa kebanyakan kan suka yang berbau2 girly gitu haha
Terus juga.. bajunya kan kalau cewek macem2.. ribet .. beli ini itu, aksesoris segala macam .. Ini berkaca pada keponakanku Danish ...
terus juga kalau nge-fans sama artis macam Cowboy Junior dan lain2
halaaaah kebanyakan mikir emang sayaah
Tapi kataya kalau anak perempuan itu bayinya lebih anteng dan masa kecilnya lebih mudah diatur..
katanya lhoooo

Dan saya teringat ucapan bos saya dulu yang kebetulan sekarang menjadi praktisi pendidikan berbasis fitrah.. Beliau bilang "Anak laki-laki memang susah ngurusnya saat kecil, tapi saat sudah besar lebih mudah... Berbanding terbalik dengan anak perempuan... kecilnya anteng, gampang diatur... entar gedenya deh susaaah, kebanyakan keinginan"

Wallahu'alam...

Dan Qadarullah... Allah menitipkan saya kembali anak laki2 bernama Salman...
Takjub juga saat melihat di layar USG bahwa di dalam rahim saya saat itu adalah benar2 laki2 ....
Yang ajaib sih komentar Sayyid... sambil manyun dia bilang "aaah cowok lagiii.. bosen kaaan.. cewek napaa" hihi komentar yang bikin saya harus menjelaskan tentang takdir dari Allah

terus gimana dong? mau coba lagi?
ya kali undian bisa coba2 ...

Ya syukuri sajaa .... Alhamdulillah sampai saat ini saya tetep jadi yang tercantik dooong ...
dan saya harus siap tenaga menghadapai 3  laki2 yang seperti saya bilang di atas, seperti gasing dan radio..
Kelihatannya si Salman akan sama aktifnya seperti ke2 kakaknya  haha #tepokjidad

3 jagoankuuh


Demikian cerita ngalor ngidul malam ini

Sunday, May 1, 2016

Proses Melahirkan Anak Ke#3 sponsored by BPJS


Assalaamu'alaikum wrwb

Jadi saya mau cerita tentang proses melahirkan putra ke#3 saya.. Perkenalkan dulu namanya Mohammad Salman Sanjaya al-Fadil. Lahir tanggal 15 April 2016 dengan operasi caesar di RS Hermina Galaxy Bekasi. detail BB segala macam bisa dilihat di foto :D 

Okeh lanjut aja yaaaaaaaa....
Sebelumnya sejak pertama kali tahu hamil, saya periksa rutin di RS Karya Medika Bantar Gebang. Itu RS dekat rumah. Pilih cek di situ, karena ya dekat rumah hehe.. dan ada dokter perempuannya..
Dokternya bernama dr. Fitri Rajasa SpOG. Kebetulan beliau juga anak dari pemilik RS tersebut beserta jaringannya. Dokternya buaaiiik banget.. masih muda, cantik, informatif... pokoknya aku cocok sama beliau ... Biaya sekali kontrol juga termasuk murah, sama vitamin cuma 200ribuan. Etapii RS tersebut belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kalau BPJS Ketenagakerjaan siih udah.. kebetulan kantor suamiku salah satu peserta yang sudah bekerjasama dengan RS tersebut. 

Jadi, karena kemungkinan besar anak ke3 dilahirkan dengan sc kembali (karena 2 anak sebelumnya juga SC), maka selain kontrol ke RS KarMed, kami juga sesekali kontrol ke Faskes 1 (Klinik Amuna Medika) supaya nanti kalau mau minta rekomendasi RS utk dilakukan sc bisa lebih mudah. Kalau di faskes 1 kan paling rekam jantung bayi, cek standard dan dikasih vitamin gratis yang jumlahnya cuma 5 butir per resep.

Nah, di usia kandungan sekitar 32 minggu... kami nanya dulu ke dr Fitri... kalau kami mau pindah RS karena mau sc pakai bpjs kira-kira bagaimana... dr. Fitri sangat memahami.. bahkan beliau kasih info klau mau bisa juga ke karya medika cikarang... hehe jauh bingits..
karena prediksi 22 April, maka beliau menyarankan utk periksa di RS tujuan nanti mulai Maret..

Yasudah karena keterbatasan waktu, kmi kontrol ke faskes pas hari Sabtu 27 Februari. niatnya mau kontrol ke RS nya sabtu or minggu. ternyata surat rujukan dr RS itu berlaku 1 bulan . sedangkan 27 feb itu udah akhir bulan, jadi ya nanggung nanti Maret periksa lagi... jadi batal deh ke RS nya...

terus kami ke Faskes lagi Selasa 8 Maret 2016.. akhirnya dapet deh surat rujukannya... jadi habis dari Faskes langsung meluncur ke RS Hermina Galaxy..
Ehya, beberapa pertanyaan dari teman. kenapa bisa ke RS Hermina Galaxy?
Jadi dari Faskes sudah ada daftar pilihan RS rujukan. dari kelas A/B/C...
dari sekian banyak pilihan, kami pilih RS Hermina Galaxy atas rekomendasi bidan sebelah rumah...
pun RS tersebut di tengah2 antara rumah kami (Bantar Gebang) dan rumah orangtua (Pondok Gede).
Selain RS Hermina Galaxy, ada RS Thamrin Cileungsi, Elizabeth, Hosana Medika, Marry, dll yang lebih deket dari rumah sebenarnya... tapi kalau di Hermina Galaxy, pilihan dokternya buanyaak dan tentunya banyak dr perempuannya...
kalau di thamrin gak ada dsog perempuan...

Nah terus sampai deh di Hermina Galaxy.. ternyata peserta BPJS harus daftar dulu khusus antrian BPJS. Lokasinya ada di lantai 2.. dan ituuu antrian puenuuuh bangettt...
pendaftaran hanya buka Senin-Jumat jam 8 sampai jam 3 sore...
kasirnya hanya 1.. Saat itu kalau gak salah dapat nomor antrian di atas seratus deh...
jadi ada kali 2 jam nungguin sampai dipanggil cuma untuk registrasi.
Yang kasihan sih anak2... udah bueteeeee... tapi akhirnya bikin Sayyid kapok gak mau ikut2 lagi di kontrol selanjutnya :D

Terus daftar..
diminta menyerahkan rujukan asli dari faskes, fotokopi rujukan 3x, fotokopi kartu BPJS 3x.
Terus pilih deh dokternya... Alhamdulillah dapat dokter perempuan dr. Marliana Ritung, SpOG
prakteknya mulai jam 1 siang... Jadi bisa hari ini juga langsung periksa.. Sedangkan banyak juga pendaftar yang cuma antri daftar hari ini, periksanya bisa besok karena memang tidak ada jadwal hari ini..

Setelah daftar di lantai 2, masih harus daftar lagi di loket pendaftaran umum. kalau ini sih ya cepet.. terus habis itu cek tensi dan timbang dulu di Nurse Station..

Lalu setelah sempet muter Galaxy untuk sholat di masjid dan cari makan...
jam stg 2 aku dipanggil...
Seriously, aku deg2an bangett... takut banget kalau dilayani tidak ramah karena status pasien BPJS seperti cerita2 yang beredar...
tapi Alhamdulillah dokternya suangaaat ramaah...
pemeriksaaannya juga gak dibedakan, tetep USG 3D, konsultasi dan lain2 dengan pelayanan sama kalau periksa di RS secara pribadi..

terus, jadwal kontrol harusnya 2 minggu lagi, tapi karena dokternya cuti maka diundur jadi 3 minggu lagi 29 Maret ..

Setelah kontrol langsung ke kasir, cuma untuk nyerahin dokumen2 dan pastikan surat rujukan asli faskes dibawa kembali... kalau ada resep bisa ke bagian farmasi dulu... dan itu semua full free...

Selama jeda tersebut, aku sempat mengalami sejumlah keluhan.. kontraksi palsu, tiba2 wasir, dan lain2..
jadi sempet periksa ke faskes aja..
dan di sinilah sempat terjadi sebuah kesalahan prosedur... faskes ambil balik surat rujukan asli entah mengapa...

jadi pas balik 29 Maret sempet bingung juga... karena tetap harus ada rujukan asli...
tapi Alhamdulillah gak diperumit.. emang udah terlanjur diambil ya mau diapain lagi...
jadi tetap bisa kontrol ke RS Hermina Galaxy di hari yang sama...
Untuk kali ini, gak bawa anak2 lagi...
Tapi sempet mampir dulu ke bank, jadi sampe RS udah kesiangan dan dapat nomor antrian BPJS panjang bangettt...
udah deg2an karena udah lewat jam stg2 baru dipanggil, takutnya dr Marliana udah keburu pulang...
tapi Alhamdulillah masih ada... dan ternyata dr nya sedang ada operasi, jadi akhirnya emang sekitar jam stg4 baru dipanggil ...

Setelah konsultasi, USG dan lain2... hari itu juga ditentukan jadwal operasi sc..
Dengan prediksi 22 April, sebelumnya dr Fitri kasih rekomendasi operasi sc dilakukan di minggu ke-38 jadi 2 minggu sebelum 22 April yaitu sekitar 8 April..
Karena aku masih ngarep bisa lahiran normal, aku minta seminggu sebelum 22 April aja.. jadi tanggal 15 April hari Jum'at.
Kenapa pas hari Jum'at? kenapa gak tanggal 18 April aja biar sama kayak ulang tahun aku? #gyaaah
alasan utama pilih Jum'at karena babehkuuu cuma libur kerja di hari Jum'at. jadi berharap bapak bisa nengok di hari aku operasi :D #manjabener

Kontrol selanjutnya dijadwalkan Senin 11 April 2016 untuk persiapan sc di hari Jum'at nya.
Sebelum pulang seperti biasa ke kasir dulu, tapi karena dikasih resep vitamin, jadi ke farmasi dulu. dan itu full free yaa :)

Karena jadwal sudah fixed, maka saya pun bisa mengajukan cuti ke kantor...
saya ajukan cuti mulai 11 April jadinya :D
sedangkan tanggal 1 sampai 10 April saya minta kerja di rumah saja.. Udah gak kuat ke kantor naik sepeda listrik.. meskipun cuma 10 menit.. berasaa kayak mempertaruhkan nyawa ajaa kalau masih nekad kemana2... lah jalan aja udah berat banget... di rumah juga tiduran mulu akhirnya...

Teruss... apalagi ya...
ohya seperti yang saya sebutkan di atas, 1 surat rujukan berlaku hanya untuk bulan yang sama.
Jadi untuk kontrol dan sc di bulan April, saya harus minta surat rujukan lagi dari Faskes 1.
Niatnya sih nanti aja deket2 tanggal 11 mintanya,
tapii karena udah sering kontraksi palsu dan aku taakuut banget kejadian kayak waktu melahirkan Sahal dulu, jadi dipercepat minta rujukan ke Faskes nya.. meskipuuun kalau memang situasi gawat darurat, kartu BPJS bisa berlaku tanpa prosedur rumit di UGD RS manapun...

Jadi once again ke Faskes 1, minta doa restu dari dokter klinik dan surat rujukan tentunya... jadi in case ada situasi tertentu, udah siap dengan surat saktinya :D

Nah seharusnya kontrol tanggal 11 kan ya... tapiiiiiiiiii sejak tanggal 6 itu saya serring kontraksu palsu.. sampe gak bisa tidur... doa saya saat itu.. semoga saya tetap bertahan sampai tanggal 15... padahal maish kepengen lahiran normal, tapi terus terang pengalaman emergency dengan Sahal sebelumnya bikin takut jugaa... beeeuuh udah mules kayak apaan tahu, ujung2nya berakhir di meja operasi juga kaan... dan akuu takuut bangett kalau situasi darurat, harus ninggalin anak2 malam2 misalnya... sedangkan di rumah gak ada yang jagain... musti ngetok2 pintu tetangga tengah malam misalnya... terus anak2 kebangun panik karena gak ada umi abinya rasaaanyyaaa gak tegaaaaa...
jadi pas mules2 gak jelas malam2 itu, aku malah makin gak bisa tidur karena kepikiran ketakutan2 macam itu...

Akhirnya aku minta dianterin suami hari Jum'at nya aja tanggal 8...
bidan tetangga juga udah kasih warning... supaya minta dicepetin aja sc nyaa... toh udah masuk 38 minggu... takut kontraksi terus akhirnya bikin bekas sc nya robek..
jadi kami ke RS udah prepare tas gembolan untuk nginep...

jadi tanggal 8 ke Hermina lagi...
Setelah antrian di atas lagiii... ternyata dr Marliana nya emang gak ada... dan gak ada dokter perempuan yang available... ada sii tapii dokter tersebut gak bisa nerima pasien BPJS (don't ask me why.. seriously I dont know the reason is). tapii setahuku dokter tersebut memang dokter favorit.. kalau kata temenku, pasien umumnya aja udah banyak banget, kalau ditambah pasien BPJS tambah banyak antriannya...

terus yang ada dokter laki2... itu pun malam...
jadi galau.. terus ditanya sama mbak BPJS nya.. keluhannya apa, memang jadwal kontrolnya kapan?
terus aku jelasin blablabla.. dan beliau menyarankan untuk konsultasi ke bidan di bawah aja dulu...

Yaudah meskipun udah dijadwalin ke dokter Mathius, aku konsultasi dulu ke bidan jaga ...
akhirnya aku dibawa ke ruang persiapan persalinan untuk ngecek kondisi aku dan bayi... cek CTG, tensi dan lain-lain... kalau kondisinya memang gak oke, bisa dipercepat jadwal SC nya...

Suami yang bolak balik ke bagian pendaftaran untuk peserta BPJS nya...
dan aku prepare di ruang tersebut...
Jam 2an mulai dicek dengan CTG, cek tensi dan lain-lain..
Alhamdulillah kondisi bayi masih normal, everything still okay...
jadi gak ada alasan untuk mempercepat jadwal SC... karena sayang usia kandungannya belum terlalu matang.. lebih baik ditunggu sampai minggu depan...
Alhamdulillah bisa pulang duluuu
jadi tetep lanjut kontrol hari Senin tanggal 11...
Setelah itu seperti biasa ke kasir terus pulaang...

Kemudian tanggal 11...
kembali ke prosedur seperti biasa .. antri di atas, daftar, cek tensi terus nunggu dipanggil dr Marliana...
Setelah cek ini itu, dr Marliana nyiapin surat referensi untuk jadwal SC hari Jumat tanggal 15 April pukul 07.30 pagii..
karena jadwalnya pagi, kami diminta datang Kamis sorenya untuk persiapan SC...
jadi mulai nginep Kamis, pulang insyaAllah Minggu..
Ohya, aku juga minta dipasang IUD setelah operasi nanti... Wuiih IUD lagi? gak kapok? ahh sudahlaah malas bahasnyaaa .. namanya juga ikhtiar :D
Nah IUD tentunya gak dicover BPJS, jadii ini akan kami bayar sendiri.. sekitar 500ribu termasuk alat dan biaya pasang...

terus suami sempet dikasih tahu temannya, kalau temannya pakai plester apa gituu yang dipasang di dada setelah operasi untuk mengurangi nyeri seketika...

kata dokternya itu namanya BioTech.. dan tentu gak dicover BPJS.. tapi gak tahu juga harganya...
bisa ditanya nanti di pendaftaran..

setelah selesai konsultasi dengan dr.. masih dilanjutkan dengan urus administrasi ini itu...isi surat pernyataan yang lumayan banyak kertasnya (serius BPJS itu boros banget kertas :D), cek lab, dan lain sebagainya... yang lumayan makan waktu banyak bangett... sampe mau ketemuan sebentar aja sama temen di depan RS aja gak bisa... jadi itu dari pagi baru selesai menjelang Maghrib :D

Selesai urusan ini itu dan dapat hasil lab (alhamdulillah hasil lab normal semua), seperti biasa ke kasir terus puulaang...

Ohya balik lagi ke Biotech... entah mengapa di RS ini kalau mau pakai Biotech harus upgrade kelas dulu ke kelas VIP dan itu mahaaaaaaaaaaaallll... padahal di RS temen suami, cuma beli aja Biotech nya seharga 300ribuan ... jadii yasudah batal aja.. jadi cuma nambah IUD ajaa

dah selesaiii

Mulai deh tanggal 14 April 2016
Setelah sesenggukan ngelepas Sayyid Sahal ke Ibu pengasuh. Ini drama bangett.. Sahal nangiss... Sayyid mah happy2 ajaa... terus aku nangis sesenggukan di pelukan suami... gak pernah ninggalin Sahal terutama sampai berhari2...
dan kenapa gak ke rumah orangtua aja di Pondok Gede? pertama Sayyid udah sekolah, kedua Sayyid gak mau di sana karena gak ada temannya... sedangkan sama Ibu pengasuh udah deket banget.. jadi aku udah percayaaa bangett sama beliau..

oke lanjut ke RS setelah sholat ashar di Masjid Galaxy, langsung ke pendaftaran ... booking kamar... sebenere kelas BPJS kami kelas 1, tapiii kami dapatnya kelas 2... gakpapa laah... daripada gak dapat sama sekali... itu pun 3 bed aja kok.. jadi insyaAllah nyaman...

terus once again urus ini itu... dan ternyata segala surat pernyataan yang aku isi Senin kemarin itu pada gak ketemuu.. jadi musti diisi ulang lagi (boros kertas lagii niih :D)
Suami juga sempet beli IUD ke farmasi (yang ini tentu bayar sendiri yaa)
habis ituu pasang gelang pasien, terus cek CTG lagiii ... dan siap2 ke kamar di lantai 4...
Saat itu cuma kami yang masuk kamar tersebut.. 3 bed tapi kamarnya luas.. jadi nyaman banget.. malah lebih luas daripada Hermina Grand Wisata... kamar mandi tentu ada di dalam donks..
ohya gak lama datang pasien lain yang juga jadwal SC besok tapi dengan dokter berbeda...

Lalu aku keroncongaan.... laper beratt... ternyata aku akan dikasih makan nanti tengah malam... karena harus puasa 6 jam sebelum operasi, jadi katanya biar gak terlalu lapar besonya makannya tengah malam aja.. lha iyaa tapi udah lapar berattt gimana? ya jadi suami beli aja deeh.. mie ayam jadinya :D
jam 11 malam baru deh makanan datang.. menunya nasi goreng .. aku makan setengahnya aja karena udah ngantuuuuuuukkk...

Alhamdulillah bisa tidur nyenyak sampai subuh...
Sholat, mandi dan siap2 untuk dipasang selang infus, cek tensi segala macaam...

Jam 7 an pindah ke ruang persiapan untuk ganti baju ...
jadwalnya 7.30 tapii diundur jadi 8.30
Masuk ruang operasi gak sempet pamit dulu sama suami yang entah lagi di mana...
Dan terjadilah dengan prosedur yang sama seperti 2 operasi sebelumnya...
takut? yaa takuut bangett... apalagi dengan rumor kalau BPJS itu begini begitu blablabla..
Tapi Alhamdulillah Mohammad Salman Sanjaya al-Fadil lahir tepat pukul 09.25..
terus Alhamdulillah ngerasain juga sensasi IMD .. meskipun gak lama karena Salman udah putih pucat banget kulitnya karena super kedinginan... dan aku pun mulai merasa sesak... Nah ini yang beda dari 2 operasi sebelumnya, kenapa yaa aku gak dikasih selang oksigen?

dah selesaii... balik lagi ke ruang observasi... dan di sinilah drama terjadi...
kalau 2 operasi sebelumnya bikin aku muntah gak karuan, di operasi yang ke 3 ini aku merasakan sensasi seperti orang mau meninggal.. diiinggiiiin menggigilll... aku pikir karena AC aja... tapi diinget2 di salah satu surat pernyataan kemarin bahwa efek obat bius bisa jdi mengigil..
dan itu yang terjadi.. jadi aku panggil perawatnya kalau aku mengigil...
terus akhirnya dikasih pemanas... agak lama sampai sensasi mengigil lenyap... tapi timbul sensasi lain yaitu sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget di bekas operasinyaa...

sampai akhirnya kembali ke kamar ... dengan kelelahan yang amat sangat.. ngantuk, tapiii gak bisa tiduur karena sakiit nya pake bangettt... jaauh lebih sakit dibanding operasi sebelumnya
Aku gak kuat, aku minta suami minta apa kek penahan nyeri.. kalaupun gak dicover BPJS gpp beli ajaa..
terus suami panggil perawat, lalu datanglah juga dokter.. cek ini itu sampe aku nangis karena gak nahan sakitnya saat perut dipencet2.. karena perut aku ternyata kembungg dan aku belum kentut tentunya...
akhirnya dikasih obat penahan nyeri dari dubur...

Alhamdulillah nyeri berangsur2 hilang sampai akhirnya keluargaku datang tentunya bersama babeh dan mama... rasanya jauh lebih legaa...

tapi sayang bayinya belum bisa dijenguk, karena masih diobservasi. Suami juga belum dibolehin ketemu bayi... jadi belum diazanin juga..

Selepas ashar baru deh.. Bisa ketemu si Salman juga... bisa langsung belajar nyusuin deh :)

Ohya gimana dengan BPJS bayi?
karena suamiku memang HRD kantornya yang udah biasa urus BPJS, jadi suami tahu banget seluk beluk BPJS..
kalau peserta BPJS mandiri (bayar sendiri) harus bikin kartu BPJS sebelum melahirkan..
nah karena kami dibayarin kantor suami, BPJS bayi baru bisa dibikin setelah ada surat keterangan lahir dari RS.
Niatnya mau langsung diurus di hari Jumat juga...
etapiii surat keterngan lahirnya baru bisa dikasih Sabtu, lah sednagkan kantor BPJS sabtu kan tutup tho...
Jadi suami sempat berdebat sama bagian pendaftarannya... kalau suami gak tahu celahnya, bisa jadi kami harus bayar mandiri untuk perawatan bayinya..
Jadi akhirnya disepakati (seperti sebelumnya suami sempat urus karyawan kantor lainnya) bahwa kartu BPJS harus sudah ada di hari Senin ... nah sebagai jaminan, kami harus menyerahkan uang sejumlah sekitar 1,5 juta kalau gak salah... kalau Senin gak diserahkan kartu BPJS bayinya, maka uangnya hangus.. kalau ada maka uangnya akan dikembalikan.. Deal! :D

Yasudah deh urusan adminitrasi sudah tenang...
aku juga bisa fokus untuk urus diri dan bayi...
Dan tetappp kendala yang aku hadapi itu kembung karena belum kentut... jadi itu nambah nyeri aja sii tapi Alhamdulillah sudah gak separah ketika habis operasinya..

Alhamdulillah hari Minggu siang kami sudah bisa pulang
Setelah suami menyelesaikan urusan administrasi di kasir termasuk menyerahkan uang jaminan 1.5 juta... Ohya obat penahan nyeri yang dimasukan ke dubur itu aku pikir bayar lagi, ternyata nggak kok...

Alhamdulillah dengan BPJS kami hanya mengeluarkan biaya untuk IUD saja...
lumayan kaan bisa hemat hampir 10 juta... jadi uangnya bisa disimpan untuk biaya masuk SD sayyid tahun ini...

terus gimana ada bedanya gak dengan pasien biasa?
beda yang paling nyata adalah bayi kami gak dicek lab untuk bilirubinnya... sedangkan untuk imunisasi Alhamdulillah sudah termasuk semua...

tadinya aku minta bayar mandiri aja.. tapi kata bidannya .. dokternya udah cek bayi dan gak ada yang perlu dikhawatirkan.. dan toh nilai bilirubin pasti naik setiap harinya... jadi kalau kondisi bayi kelihatannya sudah OK ya gak perlu juga

terus soal pelayanan Alhamdulillah thanks a lot juga untuk suster2, bidan dan dokter jaga RS Hermina Galaxy.. seriusss mereka itu raaaaaaaaaaaaamaaaah bangett... sampe2 aku sempet baca salah satu blog itu suster2 Hermina Galaxy udah kayak bidadari saking baek dan sabarnya.. gak ada deh ketemu suster jutek dan galak...

teruss untuk kontrol jahitan dijadwalkan tanggal 25 April kemarin ...
sempet nanya ke suster katanya prosedurnya seperti kontrol biasa yaitu harus daftar dulu ke atas ..
etapiii ternyataaaaaa harusnya kita langsung ajaaaaaa ke pendaftaran ... karena udah didaftarin sekalian...  udah dikasih nomor antrian pula...huhu sayang banget kaan datang pagi2 antri... udah gitu dokternya ada tindakan .. jadi yang biasanya jam stg 2 an dipanggil itu jam 4 an baru dipanggil

Sedangkan untuk kontrol bayi dirujuk kembali ke Faskes 1.
jadi sebelum ke RS, kami ke klinik dulu untuk cek Salman
Alhamdulillah sehat... 10 hari naik 3 ons sudah lumayan banget dengan ASI exlusif...

Dan sekarang ternyata udah 1 May yaaaaaaaaa huhu gagal deh 1 bulan 1 blog ...
kirain April itu sampai tanggal 31 ...

Jadi beginilah cerita sayaa
Semoga bermanfaat

Doakan semoga kami semua sehat terus...
Terimakasih buaaaaaaanyaak juga untuk temen2 dan sodara2 yang sudah menyempatkan nengokin ke RS juga ke rumah...
terimakasih BPJS
terima kasih RS Hermina Galaxy
terima kasih Klinik Amuna Medika
tentu terima kasih kepada suami tercintah, mama bapak sodara teman semuanyaaa

dan tentunya tidak lupa untuk bersyukur kepada Allah S.W.T atas kemurahan rezeki dan kasih sayangnya kepada kamii :)

Semoga semua sehat sehat terus yaa...
Love you all :)