Tuesday, February 22, 2011

repot punya anak

Bismillah...

beberapa waktu lalu, aku sempet ngobrol sama temen lama yang dah punya anak agak gedean...
terus aku tanya, kapan rencana kasih adik?
hmm gak disangka jwabannya, "nggak ah.. satu aja... "
aku tanya, "lha kenapa?"
dia jawab, "repot punya anak, ribet... blablablabla"

aku melongoo...
jujur, baru kali ini aku denger jawaban sepolos itu...
memang punya anak berarti harus siap repot, sibuk, menguras pikiran tenaga hati dsb...
tapi, balasannya ... syurga bukan?

pun, ada tujuan mulia dari mengurus anak...
bagiku, harapanku, anak2ku nanti akan menjadi bagian dari generasi hebat,,,
bagian dari pejuang-pejuang tangguh yang memakmurkan bumi, 
agen perubahan, 
menjadi penegak kebenaran dan keadilan...

setidaknya di Indonesia ini, 
anak2ku menjadi bagian yang bisa merubah negara ini menjadi negara yang benar2 adil, makmur, sejahtera... 
menjadi pejuang Islam... seperti Saladin... sesuai namanya ...

Berlebihan kah?
saya rasa tidak... ^^

7 comments:

  1. amin.. semoga Sayyid jd pejuang pembela bangsa dan negara dan ga malu jadi orang Indonesia dimanapun dia berada!

    btw gw setuju2 aja sama temen lo itu Ty, soalnya punya anak kan ga cuman punya anak doang prosesnya... harus bisa sedia semua kebutuhan mental, spiritual, jasmani, rohani... memang mengurus anak itu surga balasannya tapi gagal mengurus anak ada balasannya juga kan? apalagi jaman sekarang yang segala-gala serba mahal.. memang rejeki ada di tangan Allah dan bisa darimana saja datangnya, tp orang tua jaman sekarang harusnya lebih banyak konsen ke sesi planning-nya... ntar kalo kenapa2 gimana? mau sekolahin dimana? ntar kuliah bayar pake apa? kuliah dimana? dikasih makan apa? ntar ke sekolah sepatunya apa? sepatunya beli dimana? sepatu beli berapa kali setahun? belum lagi tas, buku, baju, dan kadang ada juga anak kecil yang udah merengek-rengek minta handphone.. kalo ga dikasih pake acara ngambek dan kabur pula (ini beneran ada loh) trus bikin surat ke Tuhan minta diganti Ayah-Ibunya karena yang sekarang ga bisa beliin at least sepatu merek Reebok yang lebih murah daripada Nike

    anyway, gw cuman mau kasih sudut pandang berbeda aja.. ga selamanya yg kita harapkan tercapai dan ga pasti juga yang buruk2 menimpa kita (^__^)

    ReplyDelete
  2. Smg kita termasuk para ibu/istri/wanita yg diberi kekuatan utk membimbing dan menjadi teladan yg baik bagi anak ya. Jujur gw deg-degan jg melalui proses tsb,tp bismillah, insya Alloh dgn usaha, doa dan ilmu bisa memberikan yg terbaik selalu.

    Ada jg bbrp org yg gw tau lbh ekstrim lg,sedih dan pengen gugurin aj kandungannya dgn alasan umurnya udh "ga pantes" utk punya anak lg. Yah apapun alasannya,namanya hidup kan emg penuh ujian dan pilihan (plus resikonya). Jd mau ga mau,siap ga siap, kita hrs menjalaninya dgn sebaik yg kita sanggup :). Keep positive ya Bundaa..

    ReplyDelete
  3. Ya setiap orang kan punya kesanggupan masing2. Bagus itu kalau dia bisa mengukur kemampuannya untuk punya anak cukup satu aja, daripada dia memaksakan punya anak banyak2 tapi ga keurus dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Setuju dengan Kania dan Tiwi :)
    Setiap orang pasti diberikan keinginan oleh Tuhan untuk punya anak sesuai dengan kesanggupannya. Kalau sekarang temen lu belum mau punya anak lagi, ya berarti untuk saat ini kesanggupan dia adalah mengurus satu orang anak saja dan Tuhan sudah melihat itu. Perihal nanti apakah dia akan berubah pikiran atau tetap punya satu anak saja seumur hidup, aku rasa bukan itu yang akan menentukan dia masuk surga atau tidak. Lebih baik punya satu orang anak yang berhasil daripada dua anak yang tidak terurus ;)

    ReplyDelete
  5. @all:

    iya memang, semuanya harus bisa mengukur kemampuannya...
    tapi, jujur baru kali ini gw denger jawaban yg to the point spt itu...

    gw lebih sering denger, "ya tergantung rezeki yang di Atas", atau apapun yang menunjukkan kalau dia masih terbuka untuk kemungkinan dia punya anak lagi..

    krn kesan yg gw dapet ketika gw ngobrol itu, kok kayaknya dia dah merasa repot banget dengan 1 anak tsb... memang repot,
    tapi selama ini lebih sering gw dengar jawaban yg lebih positive gitu... :)

    ReplyDelete
  6. berarti temen lu adalah orang yang jujur. kualitas yang cukup langka di saat sekarang ini ^_^

    ReplyDelete
  7. hehe iya memang... benar2 apa adanya :)

    ReplyDelete