Tuesday, February 22, 2011

my daily activities as a working mom

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Bangun pagi, lebih karena sayyid bangun nangis minta nen .. syukur2 pas subuh... tapi kadang2 juga kesiangan... 
Abis nen, syukur2 sayyid tidur lagi jadi aku bisa tenang sholat dan beraktifitas lainnya, tapi kalo tetep bangun ya udah serahkan ke abby-nya untuk ajak sayyid jalan2...

After that, siapin makanan untuk Sayyid ... makan pagi siang sore plus camilan buah dijus...

Sejak awal mpasi sampai awal 9 bulan, Sayyid makan sebelum mandi yah sekitar jam 7 kurang atau lebih...
tapi, akhir2 ini sayyid gak bersemangat makan pagi sebelum mandi, jadi sekarang aktifitasnya dibalik. mandi dulu baru makan...

Kalau dimandiin sama aku dan pake baju sama aku juga, Sayyid jadi super manja... ujung2nya minta nen lagi dan akhirnya tertidur deh... 
jadi kadang aku minta tolong abby-nya atau si teteh untuk pakein baju... atau kalau aku emang lagi buru2 banget seklaian minta mandiin...

untuk sarapan aku usahakan tetep aku yang nyuapin, kecuali ya aku lagi super buru2 ya aku minta teteh...
karena lagi2 kalau sama aku, seringkali sarapan jadi lama... maunya nen terus, atau maunya sambil main diajak main... atau paling nggak minta dipangku, gak mau didudukin di stroller...

Setelah aktifitas mandi dan makan, giliran aku yang sarapan ... kalo Sayyid gak tidur ya diajak jalan sama teteh... 

Makan, mandi... abis itu nyiapin ASIP nya Sayyid... nuangin ASI perahan di hari sebelumnya ke 2 botol susu... juga nyiapin cemilan, kalau sebelumnya ketinggalan...

Selain itu, juga nyiapin botol dan breastpump untuk dibawa ke kantor... 
beberes seadanya, setelah itu siap berangkat...

kalau waktu masih menunjukkan pukul 8.30 atau jam 9 kurang beberapa menit, dan Sayyid keliatannya masih pengen deket sama aku, ya aku kasih nen aja sampai batas waktu jam 9 pagi... 

Jam 9 berangkat.
Klau Sayyid masih melek, aku gendong Sayyid sampe depan jalan diiringi dengan teteh...
Jadi, pas aku naik angkot, Sayyid kembali digendong sama teteh...
Biasanya itu saat yang mengharukan *lebay* karena seringkali Sayyid gak mau pindah gendongan dan nangis gak mau ditinggal... hiks

Yap jam 9 berangkat... sampe kantor jam 10.. (padahal jam masuk kantor stg 9) :P

Di kantor kerja, pompa tiap 2-3 jam sekali... atau kalau lagi sibuk and super setress cuman 4 jam sekali (akhirnya cuman 2 kali sesi pumping)
Paling repot kalo aku harus ke client... bisa2 seharian gak pompa, dan cuman pompa pas pulangnya... 

Pas awal masuk kantor, aku pompa di toilet. Alhamdulillah toilet-nya cukup bersih...
gak ada nursing room... ni kantor dah terlalu kecil... palagi aku the only woman here...

Tapi Alhamdulillah setelah idul fitri... kantor punya ruang server yang akhirnya gak kepake. cuman buat naro alat2 berat (monitor, dsb utk keperluan suatu proyek). Jadilah aku pumping di situ,..

Alhamdulillah meskipun aku satu2nya kaum hawa, temen2 kantor yang udah bapak2 semua sangat teramat mendukung, pun karena mereka pro-ASI.. jadi bahkan yang ngusulin aku pumping di ruang server itu mereka :)
Sampe mereka kadang suka ngingetin, kalo aku belum pumping... (kalo aku lagi sibuk n stress) 

Akhirnya karena aku sampe kantor dah telat banget... berasa gak ber-etos banget kalo aku pulangnya lebih sore... hehe pas awal2 si gitu... tapi lama2 sadar juga... kalo aku gak boleh juga menyepelekan pekerjaan ini, meskipun tugas utamaku adalah sebagai ibu...

jam pulang kantor sebenernya stg 6.. tapi ya aku pulang abis maghrib...
kadang2 memang aku bener2 harus pulang telat (di atas jam 7 bahkan di atas jam 8)

sykur2 suamiku bisa jemput langsung ke kantorku...
tapi lebih sering ketemu di pertengahan...
gak tega juga maksain suami jemput, sedangkan kantor suamiku hanya 15 menit dari rumah dan benar2 berlawanan arah dengan kantorku...

sampe rumah standarnya abis isya... secepat2nya abis maghrib (kalo aku lagi bete dan lagi gak mood kerja, biasanya jam 5 aku minta pulang :P)

Bebebrapa hari terakhir ini, Sayyid belum tidur kalo aku pulang
bahkan aku sempet kejebak macet sampe2 nyampe umah stg 10, tapi sayyid tetep belum tidur... kata si teteh susah banget disuruh tidurnya, dah digendong dikasih susu, diapain juga gak mau tidur... 
sepertinya sayyid nungguin aku... dan benarlah aku ajak tidur sambil nen gak lama kemudian sayyid terlelap...:)

yap sampe rumah, aku usahakan mandi, abis mandi makan, bru deh kelonin sayyid...
sampe pulas baru aku istirahat sebentar baru sholat isya (kalau belum sholat)...

sykur2 sayyid bisa pulas tidur... hanya 2 kali bangun...yaitu minta ganti pampers...
tapi beberapa kondisi menyebabkan sayyid terbangun hampir tiap jam...
atau dikelonin jam 8 baru tidur jam 11 karena hanya ingin main dulu...

yah kondisi2 spesial itu bikin aku teler gak ketulungan... 
jadilah di kantor ngantuk, gak bisa konsen, akhirnya kerjaan gak kelar2 karena ada aja error yang dibuat...

Yah beginilah rutinitasku sebagai ibu yang juga bekerja...
saat di kantor tetap harus memikirkan anak: harus pompa ASI, mikirin menu makan utk besok, dsb dsb
tapi kadang jengkelnya saat istirahat di rumah seringkali harus memikirkan kerjaan kantor... kadangkala jam 11 malam terbangun dengan sms tentang kerjaan... pfiuh...

Tapi, Alhamdulillah... 
Allah masih memberikan kami kesehatan dan pikiran yang lurus...

Mudah2an ada jalan yang lebih baik dari jalan saat ini...
sehingga membuatku tidak kehilangan momen2 berharga di masa golden age Sayyid dan anak2ku nanti ...

Amiiin 

12 comments:

  1. alhamdulillah, masih dpt pekerjaan..
    ada banyak yg pengen kerja, tp susah dpt kerjaan.. *memberi support ke tya*

    ReplyDelete
  2. iya Alhamdulillah mbak :)
    ~masih cari kerjaan lain sii yg dah stabil perusahaannya upps :D

    ReplyDelete
  3. pengalaman dari temen2 working mom yg punya bayi, sampe di rumah emang gk bisa full istirahat karena baby-nya selalu caper sama ibunya meskipun udah tengah malem. mungkin dia 'menagih' waktu yang hilang bersama ibunya ya... hmmm... mungkin di kemudian hari ada saat dimana orang tua yang 'menagih' waktu yang hilang bersama anaknya... wallahua'lam

    ReplyDelete
  4. Widih enak bener jam 9 br brgkat, nah kalo kaya gue yg jam 8 teng dah mesti di kantor gimana critanya ya? Anyway serius masih cari2 kerjaan bu.. Perush. Yg stabil? Itu perush2 astra lg pd buka lowongan it analyst.. Ada taf, fif, aab coba cek deh bu..

    ReplyDelete
  5. IMHO,tiap pekerjaan/instansi punya plus minusnya sendiri, which is 1 of the reason why I choose to became a civil servant :). Baca pengalaman Tya,jd penasaran dan agak pesimis menjalani peranku nanti dh. Soalnya,... Merasa msh banyak bgt kekurangan (termasuk sifat males, moody dan egois) yg harusnya udh bisa diminimalisir sekecil mgkn. Tp di lain sisi jg bikin penasaran dan semangat utk "membentuk" anak seoptimal mgkn :). Sama kaya lo Ty,gw jg berharap msh bs mendampingi dia saat golden age ato saat2 pertama kali dia mencoba memahami sesuatu. Sabar yah, as a working Mom, gw doain yg terbaik utk para Bunda yg mengalami kesulitan dlm proses pengasuhan buah hatinya.

    Tetap semangat yaaa ^^

    ReplyDelete
  6. maksudnya gimana mbak? gak ngerti ... mungkn pas anak udah nikah ya...

    ReplyDelete
  7. serius banget noe... ntar gw cek2 dah :D thanks ya infonya :)

    ReplyDelete
  8. hehe itulah pi... saat punya anak... secara gak langsung MEMAKSA untuk merubah tu sifat semua sedikit demi sedikit...
    contoh dulu sering banget tidur after shubuh... kalo gak tidur berasa nguantukkk...
    tapi setelah punya anak, DIPAKSA utk tetap terjaga... Alhamdulillah badan bahkan tambah seger... :)

    Ayo siap2... keep optimis...
    thanks ya :)

    ReplyDelete
  9. Hehehe,justru aku tertarik utk mulai mengatur waktu feeding dan tidurnya, tentunya pelan2 ya. Jadi lama2 bisa sama kaya kita, minimal ga terlalu berbeda lah :). Sekarang lg bingung soal nyari pengasuh nih utk ke depannya krn di rumah ga ada anggota keluarga ato sanak sodara yg available. Mo ga mo hrs cari pengasuh, ada saran ato channel terpercaya ga ;) ?

    ReplyDelete
  10. subhanallah.. mudah2an tya dan keluarga selalu sehat..
    semoga sabar dan ikhlas menjadi amal luar biasa tya di mata Allah SWT..
    Semoga Allah memberikan hikmah dan buah dari kesabaran dan keikhlasan tya... Amiin..
    tawakkal dan khusnudzan saja Tya. :)

    ReplyDelete
  11. kalo pi rumahnya deket2 aku aku bisa tawarin temennya teteh ... karena kata si teteh, temennya maunya kerja yg deket2 sama teteh juga :D

    btw dulu aku sebegitu pedenya... karena sering lembur, pas hamil juga sering kerja di rumah sampe tengah malam bahkan sampe pagi... pikirnya dah biasa lah kayak giini,.. ehh pas dah punya anak ternyata gak biasa juga... :D

    ReplyDelete
  12. terima kasih sattar... semoga sattar segera diberi amanah untuk membina keluarga ya ^^

    ReplyDelete