Tuesday, August 14, 2018

Sayyid dan Bahasa Inggris

Bismillahirrahmaanirrahiim
 
Malam tadi nemenin Sayyid belajar bahasa Inggris...
tumben dia gak protes diajarin.

Biasanya dia ngomong, "Ngapainnnnnnn belajar bahasa Inggris, kita kan orang Indonesia!!"

wekawekaweka

Dan ini kelas 3SD sudah diajari konsep dasar grammar...
Present continuous tense dan Present tense.

Onde mande... kelas 3 udah diajarin grammar..
Pas zaman saya, baru mulai belajar bahasa Inggris itu pas SMP, lalu lanjut SMA.
Dan saya gak sukkaaaaaaa
Karena mostly ini belajar terpaku sama textbook. hapalan ini itu, PR, tugas, ujian, blablabla

Tapi nyaris gak pernah diajarin implementasinya. Jadi 6 tahun belajar bahasa Inggris efeknya apa? Tetep gak jago cas cis cus bahasa Inggris.

Lalu kemudian selama kuliah nyaris semua buku mata kuliah itu in English. Yang saya ingat berbahasa Indonesia cuma Pengantar Bisnis. Jadi, mau gak mau terpaksa saya harus bisa!

So, lumayan lah reading skills saya bisa dibilang cukup baik (saat itu).
Pas lulus kuliah sempat ikutan English course di AIM for English. Tujuannya mau tes IELTS. Karena saat itu ada rencana nyari2 beasiswa ke luar. 
 

Di situlah baru saya merasakan yang namanya English practice yanng asik ya begitu. Dipaksa conversation bahasa Inggirs dengan tutor expat asli. Dipaksa nulis, listening, blablabla. 
 
Ambil kursus cuma berapa bulan, dan efeknya saya mulai sedikit Percaya Diri ber-bahasa Inggris. Dibandingkan 6 tahun yang gak memberikan efek ini.

Ikut real IELTS test dapat score 6, masih butuh improvement di listening dan conversation.

Dan sekarang... saya kerja di www.portcities.net yang membuat saya sering ngobrol in English. Dan tentunya, semakin sering ngobrol ya semakin terbiasa...

Kembali lagi ke Sayyid...
Saya gak akan maksa Sayyid untuk suka pelajaran Bahasa Inggris... 
 
Gak kepikiran juga untuk masukin kursus... Sempat ikut ekskul english club di kelas 1 dan membuat saya makin yakin memang ini bukan minat sayyid. 

Paling saya suka iseng ngomong bahasa Inggris di rumah, yang bikin anak2 paling balas "blablablablabla" sambil ngeledek :P 
 
Kemudian Sayyid kembali protes,
"Ngapainnnnnnn belajar bahasa Inggris, kita kan orang Indonesia!!"
 
Selanjutnya saya coba ajak Sayyid membayangkan, kalau bisa bahasa Inggris gini gitu lho... kita bisa kemana2... karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional blablabla

Dan pada akhirnya menurut saya yang lebih penting saat ini adalah, mengajarkan Sayyid untuk berbahasa yang santun dan sopan. Dengan bahasa Ibu.





No comments:

Post a Comment