Thursday, January 15, 2015

skill memasak sayaaa

Bismillahirrahmaanirrahiim...

ciyee ciyee udah jago masak yaa sampe nulis blog ini..
hahahaha no no no...
ini blog utk menginspirasi perempuan2 yang takut masuk ke dapur.. weekk

jadi mulai dari mana ya?
sejak kapan saya masuk dapur?
yaa dari kecil laah...
tapi emang cuma buat ambil makanan doang wkwkwk

bantuin mama masak waktu kecil hampir gak pernah deh...
pas SD sering ada acara makan2 bareng.. dibagi2 kelompok.. masing2 anggota kelompok disuruh bawah ini itu...
dan tentunyaaa mama saya yang masakin, saya tinggal bawa ke sekolah.

begitupun waktu SMP..
padahal SMP ada pelajaran tata boga loh... tapiii yaap cuman dari buku...
absolutely gak bikin saya mau masak...
yang ada saya minta mama bikinin salah satu resep yang ada di buku tata boga itu

SMA? issh saya mah sibuk belajar, organisasi dan ini itu #preett
pernah dulu pas idul adha.. anak2 ROHIS yang akhwat disuruh siapin untuk bumbu sate dsb
saya kebagian ngupas bawang merah... itu ngupas bawang aja pake diledekin sama kakak kelas yang ikhwan...
katanyam "masa ngupas bawang kayak gitu? payah gak bisa masak"
alibi saya.. "ini pisau nya kegedean" iyaa beneran saya pakai pisau daging saat itu. sedangkan saya lihat teman saya yang memang terkenal jago masak... liat dia ulek kacang utk bikin bumbu kacang jago bangett
cepet banget halusnya... 'takjubbbbbb'

dan apa kabar skill ngulek saya? suka disuruh bantu mama ngulek ... yang ada mama protes mulu... "itu bukan gitu caranya blablabla"
hoaaahhh

nah terus kuliah ... ngekost ada kompor... saya pakai cuma utk masak indomie, nasi goreng pake bumbu instan dan masak air tentunyaa
liat temen anak rantau... udah bisa masak sendiri... hebatnyaaa
sedangkan saya cukup dengan langganan warteg sebelah kost :D

sampai akhirnya lulus kuliah, kerja dan mulai memikirkan masa depan jiyeeeh
udah niat mau nikah... maka saya harus mulai serius belajar masak #eaaa
maka ketika dapat kesempatan cuti lamaaa saya mulai serius mau belajar masak...
masak apa saat itu.. ya standard aja.. itu juga akhirnya cuma bantui2in sambil mengamati dan mencatat resep mama
cuman sempet saat itu serius banget bikin kue.. browniess kukus
Alhamdulillah enak, setidaknya menurut adek saya yang jujur dan tidak suka berbohong :P

terus? kayaknya saat cuti itu doang saya belajar masak serius...

soale belum ada yang serius juga mau nikah sama saya hahahaha
ehh ada sih, tapi saya gak minat... maaf yaa

ya ampuuun jadi belajar masak cuma buat persiapan berumah tangga?
ya iyalaaah masa iya mau daftar jadi peserta master chef? yang junior aja udah pasti gagal audisi wkwkwkwk

sampai suatu saat saya dilamar oleh (calon) suami saya ...
selama masa menunggu sampai hari H saya mulai serius kembali belajar masak..
again catat resep ini itu dari mama...
(calon) suami saya sampai nanya ke mama, "itu beneran bisa gak masak?"
errrrrrr

lalu kami pun menikah... dapat kado dari teman2 berupa alat2 masak... terima kasih teman2.. masih dipake lho sampe sekarang :D
terus bberapa hari kemudian beli kompor gas...
terus karena kami tinggal masih di sebelah rumah mama...mama yang bilang untuk makan sekalian aja sama mama...
tinggal bantu dananya aja...
haha jadilah saya hampir gak masak
dan lagi2 kompor dipake untuk masak indomie, menghangatkan dan lain2

baruu pas sudha melahirkan dan Sayyid masuk ke masa MPASI (6bulan),
itu kompor dipake terus..
tentuu saya mau kasih MPASI homemade...
sekalipun saya tidak pernah memberi makanan instan maksudnya bubur2 instan kayak sun, promina dll
semua homemade...

nah masuk ke masa GTM (gerakan tutup mulut alias ogah makan) di usia sayyid 13 bulan...
saya harus mutar otak cari resep2 makanan bergizi tapi crunchy...
hehe akhirnya sih tetep sekitar tahu, tempe, ayam, ikan, sayuran yang dibuat kriuk2...
sampe 4 bulan lamanyaa....

lalu, gak lama saya dan suami memutuskan untuk pindah rumah....
saat itu saya dan suami masih sama2 kerja.. sayyid dijaga ART...
artinya si mbak juga yang masak untuk saya dan suami

sednagkan untuk sayyid? pfiuuhh GTM sayyid berlanjut lama banget...
yang tadinya 4 bulan gak mau nasi sebutir pun.. maunya yang kriuk2...
berbalik hanya mau nasi aja... paling tambah abon, atau telor ceplok/dadar..
sayur apa kabar? issh boro2... alhasil pup nya parah bangett
kadang2 saya berhasil nyelipin potongan sayur ke dalam nasinya...
kalau ketahuan ya pasti anaknya marah..

kemudian beberapa bulan saya pindah rumah, tiba2 dikasih ujian baru
kantor saya sedang mengalami masa sulit... yang akhirnya mau gak mau saya resign
yang akhirnya mau gak mau juga si mbak pun saya berhentikan selain karena udah gak cocok dengan si mbak...

terus mulai lah kehidupan baru saya sebagai freelancer dan tentunya ibu rumah tangga
target saya saat itu adalah mengembalikan pola makan sayyid ke makanan sehat (nasi, lauk pauk, sayur)
artinya saya harus masak....
selain itu saya harus sering2 cerita/dongeng yang berhubungan dengan makanan sehat untuk mensugesti sayyid...
dan juga saya ajak sayyid masak bareng biar dia tahu gimana proses masak...
tentu tidak lupa berdoaaa... karena masalah ini sangat serius menurut saya.. bagaimanapun gizi mempengaruhi perkembangan seorang anak..

dan Alhamdulillah usaha saya menunjukan kemajuan berarti...
yang tadinya cuma nyelipin sayur dikit2... sampai akhirnya sayyid mau makan banyak dengan nasi+sayur+lauk pauk
sampe2 tetangga takjub lihat pola makan sayyid...

tapi ketika saya kembali bekerja kantoran selama 1 bulan, pola makan sayyid kembali parah lagi
artinyaa saya harus di rumahh...

ya sudah deh .. kembali mulai memanfaatkan android saya untuk cari2 resep...
ya makanannya sih standar dan gak ribet.. yang bisa dikerjain tidak lebih dari 1 jam hahahaha
ya cuma tumis2an, sayur2an ... goreng2an dll yang edible dan gak bikin sakit perut..
dan tentunya saya minimalisasi penggunaan MSG.. saya gak pakai mecin, kaldu2 instan kayak royc* dan masak*
tentu saya masih menyentuh MSG dg kecap, tepung2 ayam, mendoan dll

kemudian saya kembali diberi amanah oleh Allah berupa anak ke-2..
dan siklus MPASI pun kembali lagi
selama 6 bulan saya harus siapkan MPASI homemade.
Alhamdulillah ikutan group Healthy Home Baby FOod (HHBF) di facebook
dari situ sayaa dipermudah sekali
ternyata bikin MPASI rumahan itu gak ribet...
saya bisa sekalian masak buat keluarga...
contoh saya masak sop... sebelum dikasih gula, garam saya pisahkan dulu sebagian untuk dihaluskan sebagai MPASI sahal

intinya selama masa MPASI ituu saya harus masak full..
kecuali kalo sahal lagi susah makan, jadilah beli di traditional fast food alias warteg untuk makan saya, suami dan sayyid

setelah sahal udah 1 tahun, sudah bisa makan apa saja termasuk yang bergula, garam dll
saya usahakan untuk tetap masak di sela kesibukan saya sebagai freelancer...
biasanya saya stock untuk 4 sampai 7 hari...
buat yang ungkep2 untuk tinggal goreng
sedangkan bikin sayur kan gampang

kalau lagi repot banget yaa minta suami istirahat siang pulang ke rumah bawain makanan
sahal pun udah bisa makan makanan warteg :P
kecuali lagi GTM yaaa pasrah aja tuh anak mau makan apa nggak
ntar kalo udah sembuh juga makan tterus gak berenti2...

terus soal kualitas makanannya gimana nih?
enak gak ya?
selama anak2 dan suami mau makan ya berarti enak hahaha
apalagi kalo sayyid sampe minta nambah berkali2..berarti super enak.

tentang variasi. alhamdulillah dari yang awlanya cuma 2 bawang dan teman2
sekarang saya sudah berani menyentuh santan
yang dulu gak berani olah daging sapi, karena mahal dan sayang kalau gagal,
sekarang udah mulai berani...
tapi yaa memang masih standar2 menunya...
ya itu karena target masak saya kurang dari 1 jam hahaha
kalau mau makanan enak2 dan aneh2 ya beli ajaa

yang belum kesampean sekarang itu baking... bikin kue...
pengen suatu saat nanti bikin kkue bareng2 sayyid dan sahal
pasti seruuu

Mudah2an nanti kapan2 kalau waktunya sudah tidak sepadat sekarang...
pernah gagal masak? sering laaaah namanya juga manusia.. gak belajar kalau gak pernah gagal ya kaaan?

Sekian postingan saya .. semoga bermanfaat..
apa manfaatnya ya? haha

Intinyaaa untum memasak dibuthkan kemauan dan contekan resep :P
ohya satu lagi yang paling penting yaitu CINTA #eaaaaaaaaaa

bbyeee laper nih mau makan dolooo
menunya sup ayam yang kemarin plus telur dadar..
hehe ini udah hari kamis, stok makanan udah mau habiss :D

Wassalaam


Note: foto di atas adalah Sayyid saat bantu saya masak ^.^

2 comments:

  1. Tya, bener banget itu bumbu "CINTA".

    Nyokap gw masak selalu yg sederhana2 aja, kayaknya gampang banget liat dia masak, bumbu2nya juga ga pernah aneh2, tapi selalu enak. Gw pernah tanya, rahasianya apa. Sama nyokap dijawab "Mami masak pake jampe (jampi2)". Gw maksa nyokap gw bagi itu rahasia jampi2nya ... ternyata rahasianya cuman pakai "bumbu CINTA" ... sama seperti yg elo tulis :)

    Seasin atau sehambar masakan nyokap gw ... selalu aja bagi gw enak. Anak akan selalu menikmati masakan ibunya karena itu dibuat lewat CINTA ... bener ga Ty?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah betul lin...
      kalau dulu gw prinsipnyaa... ya makan aja apa yang dimasak mama.. udah capek2 masak.. paling kalau yang gw gak terlalu suka, ya makan secukupnya aja.. kalo suka baru makan banyak :P

      btw nyokap gw masak malah full of rempah lin.. dan ribet dan lama... sampe takjub liat nyokap bisa masak sampe berjam2 :D

      mungkin itu salah satunya gw malas nemenin masak dulu hehe emang males aja kalii...

      Delete