Saturday, September 14, 2013

Tujuan Sayyid ngaji

Bismillahirrahmaanirrahiim...

yap jadi kira2 sudah masuk ke minggu ke-3 yaa .. Sayyid ngaji di rumah tetangga... sebutlah Ummy Dinar...
Jadi itu adalah pengajian utk bocah2 di dalam perumahan kecil ini... Mulainya sebenarnya sudah sejak sebelum Ramadhan kayaknya ya...
Pas awal2 mulai pengajian, Sayyid diajak temennya, tapi malah bukannya ikutan ngaji tapi malah main di depan rumah Ummy Dinar...
besok2nya tiap disuruh ngaji malah kabur.. main entah ke rumah siapa...

Terus ceritanya, pas mau Idul FItri dibeliin baju koko sama kakakkyu...
terus aku iseng2 aja nanya Sayyid mau ngaji gak...
Sayyid bilang "mau.. kan udah punya baju koko" *hmm padahal sebelumnya juga udah punya*

Yaudah deh... pas 3 minggu lalu itu... abbynaa tiba2 sekonyong2 bujuk Sayyid untuk ngaji dan sekonyong2 pula Sayyid mauuu...
Langsung deh akuu disuruh nganterin...

Then, pake baju koko (bukan yg baru malah), pake tas dari Uwa nya... (kakak iparku) yang udah aku isi seadanya crayon, pulpen, buku bekas (hasil jarah dari rumah mama :D).

Udah... kucluk2 dateng..
"Assalaamu'alaikum" terus Sayyid malah malu2...maunya nempel terus sama akyuuu...
terus temen2nya seneng banget Sayyid dateng... pada nawarin.. "ini nanti pinjem Iqro aku aja duluu"

Pas disuruh maju ke ummynya Dinar, aku ditarik2 utk nemenin... terus dia nggak mau lihat wajahnya ummynya Dinar... hadeeeuuh super duper pemalu ceritanya...

Intinya hari pertama.... yaaa Sayyid cuma ikut2an ajah dulu... liat2 suasana... aku juga liat2 suasana...
biarpun aku kenal dg semua bocah yg ada... tapi liat kelakuan mereka pas ngaji jadi tambah kenal karakter masing2...
ehya pas hari pertama tsb ada 2 bocah yg berantem lhooo... sampe pukul2an/cubit2an... dan saya belajar banyak dari Umi Dinar cara handle mereka..

Hari ke-2...
aku kebetulan pergi ke klien...
Abbynaa yg jagain Sayyid...
dan Sayyid sukses ngaji tanpa dianterin abby... tapi sama temen2nya...
Beneran emang Sayyid tanpa aku, jauh lebih mandiri -_________"-

Nah terus hari berikutnya... Sayyid molor .. tidur siang susah bangunnya..

baru pas Jumat ngaji lagi... aku temenin... sbelumnya udah sempet beli perlengkapan standar ngaji: buku Iqra, pensil, penghapus, rautan.
Aku juga udah bujuk Sayyid, "kalo Sayyid mau diajarin sama umi dinar, nanti dibeliin buku tulis baru" dan Sayyid langsung antusias!

tapiii lagi2... dia manjaaa bangetttt dahhh
tapi untungnya Ummy Dinar punya trik jitu...
Jadi khusus supaya Sayyid mau cair, semua diajak main kartu hijaiyah...
Jadi ceritanya pas terakhir Sayyid ngaji sendiri itu, Sayyid mulai mau cair... dengan cara main kartu2an...

terus aku keluar... ke depan...menjauh... tapi tetep harus keliatan Sayyid...
Dan Alhamdulillah berhasil... meskipun dengan suara yg dibuat kebayi2an... Sayyid bisa baca halaman 1 Iqra dengan lancar..... (karena juga sebelumnya udah aku ajarin iseng2 sambil main d rumah)
terus Sayyid dikasih Bintang di Iqra nya... plus cap bintang di tangan kanannya...
Wuiihh Sayyid langsung happy bangettttttttt
Pulangnya aku penuhi janji utk beliin buku tulis baru... :-)

terus besoknya 2 September 2013 (jiyeeeh) hari yang bersejarah buat aku n Sayyid,..
sampe2 aku bikin status di facebook
"Subhanallah... Sayyid udah gede ajah yaaa.... hari ini Sayyid ngaji sendiri.... awalnya emang minta dianterin... tapi setelah aku bilang "ummy mau masak sama beberes"... akhirnya Sayyid mau pergi sendiri... 

happy happy happy... 

waktu cepat sekali berlalu..."
Buat aku itu milestone yang hebat banget... Sayyid mau pergi sendiri... gak sama temen2nya juga... jalan aja ke rumah umi Dinar sendiri... yaa meskipun emang deket... tapi itu menunjukkan kemandirian Sayyid yang sudah mulai tumbuh...
Pulangnya dia happy bangettt... karena dapat BINTANG lagiii

tapi besok2nya suka labil...kadang2 semangat ... kadang2 bilangnya "bosen gak mau ngaji"
kadang2 lebih milih tidur siang yg lama....

tapiiiii seminggu terakhir ini.... Sayyid super semangatttt lhoo ngajinyaa...
tidur siang, bangun, ditanya mau ngaji ato nggak? dia bilang "iya" terus mau langsung mandi...
Mandi ganti baju, terus berangkat sendiri lagi ngajinya... pulang ngaji laporan ini itu...
terus makan (kalo emang udah mateng :P) ...
Dan intinya Sayyid mulai menikmati rutinitas baru nya...

Jadi, apa tujuan Sayyid ngaji?
Bukankah dulu aku bilang gak mau ngajarin Sayyid baca tulis sebelum waktunya?
Iyaaa... maka itu aku gak menargetkan apapun...

Hal2 di luar akademis yg lebih aku pentingin...
Kemandiriannya, Kesukaannya pada kegiatan menimba ilmu, Adaptasi dengan belajar dari orang lain (yang pada awalnya kan gak mau diajarin sama Umi Dinar), pelajaran akhlak yang juga ditekankan, dll termasuk rutinitas yang berbeda di sore hari...
yang biasanya full main ngalor ngidul... sekarang ada kegiatan lain...
akhirnya ada tambahan cerita yang bisa disampaikan Sayyid ...

Tak ada harapan lain kecuali Sayyid tumbuh jadi anak sholeh..
Amiin YRA

8 comments:

  1. saran aja sih.. belajar quran mending pake juzamma yang buku zaman dulu itu..
    pengalaman belajar pake juzamma, beberapa bulan bisa baca quran.. tapi adek2 yang belajar iqra.. sampe bertahun2 gak lulus.. bahkan ada yang sampe SMA baru mulai baca quran.... hmmmm..... terlalu berbelit2 iqra itu sampe bikin bosen

    ReplyDelete
  2. mungkin memang ada beberapa metode nya kalo Feb... kalo gw dari kecil memang belajar nya dari Iqro dulu... kayaknya sama aja kayak kita belajar baca bahasa Indonesia...hurufnya dikenalin satu per satu, terus bertahap kata per kata sampai jadi kalimat...
    gak kebayang juga kalo langsung juz amma

    ReplyDelete
  3. bukan juz 'amma juz ke-30 tya.. tapi juz amma buat belajar baca. Ada dua bagian, yang belajar baca sama juz ke 30 Al-quran. Isinya lebih simpel dari iqra dan lebih cepet bisanya.

    ini halaman pertama dan kedua-nya https://dl.dropboxusercontent.com/u/1003853/pics/juz-amma/ver%201/02.jpg

    di iqra AFAIK gak diajarin nama2 hurufnya, tapi langsung cara baca. Di juz-amma diajarin nama huruf2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. owww... gw pernah diajarin ibu gw dulu nih bukunya warna biru kalo gak salah ingat... musti cari2 lagi nih...
      thanks infonya...

      Delete
    2. iya warna biru.. murah banget pulak, cuman 3 rebu beli di toko sahabat.
      ini covernya: https://dl.dropboxusercontent.com/u/1003853/pics/juz-amma/ver%201/00_cover.jpg

      Delete
  4. permasalahan dengan iqra adalah.. hal yang sama diulang2.. akhirnya orang jadi bosen.. dan itu sampe ada iqro 6.. yang isinya cuma baca2 doang.. gak ada belajar tajwid atau pun makhroj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tajwid di Iqro ada kok feb... pas iqro ke berapa gitu ...
      tapi memang anak gw udah bosen sii hekekek... emang anaknya bosenan... mungkin kalo anaknya yang diem2 si mau2 aja...

      Delete
    2. tergantung cara ngajarnya..

      tapi emang iqra itu parah banget.. adek gua yang paling kecil baru pindah quran pas SMP.. padahal mulai ngaji dari sd kelas berapa tau. Yang gedean baru pindah pas SMA.. bacanya pun masih sepatah2.. itu belajarnya dari SD juga.. kalo gua dari umur 5 tahun udah pindah quran, diajarin bokap.. gak lama2 dia kalo ngajar, bisa dikit langsung pindah halaman. Makanya gak bosen2, dan gua sempet belajar tajwid dan makhroj juga..

      Delete