Wednesday, March 9, 2011

passion

Bismillah...

ahh liat blognya pita dan komentarnya ramot,

passion: hal apa yang bisa pita bahas berjam2 tanpa bosan, yang mana kalau dikerjakan akan memberi kepuasan tinggi, sesuatu yang pita selalu ingin untuk lakukan dari dulu tapi mungkin tidak dilakukan karena 'ah kan harus cari duit' dsb. atau bahkan memang sudah dilakukan dari dulu? mungkin saja ;)

 pas banget dengan apa yang aku pikirkan sejak pagi...

Passion... du du du du du du... apa sih passion itu kawans?
apakah benar sesuatu yang bener2 disukai sampai gak bosan2 dikerjain/dibahas... 

terus passionku apa tho?
udah 3 kali pindah kerja kok kayaknya tetep belum nemu yg bisa seperti ramot katakan tsb?
lebih sering bosannya... ujung2nya malah jadi gak semangat kerja...

sempet bosku nanyain, "mbak tya mau ditraining apa? blablabla" intinya untuk meningkatkan kompetensi diri... "tetep jadi programmer atau apa? misalkan jadi analyst"

dengar jawaban tsb aku bingung... mau jadi apa ya?
di kantor sebelumnya pun pernah ditanyai sama PM ku... aku jawab jujur "aku gak tau mau jadi apa. belum nemu keinginan yang pas"
lalu beliau bilang bahwa hal itu wajar dan beliau pun pernah mengalaminya.,.

saat itu menjelang ramadhan, dan aku diminta itikaf utk merenung dan mencari tahu,,,
karena beliau pun akhirnya menemukan passion setelah itikaf tsb... dan tampaknya beliau konsisten dengan passion tsb... buktinya beliau masih bertahan di kantorku dulu meskipun kantor tsb hampir collapse...

kalau profesi, aku sendiri pernah jadi programmer, analyst, bahkan Project Manager di kantorku dulu...

lepas jadi PM di kantorku dulu aku merasa aku gak cocok di posisi ... aku rasa itu bukan passionku... stress bangett ngurus orang... upps :P

analyst? aku cuman suka denger sharing business proses dari setiap client yg aku temui... menarikk... tapi kalo dah disuruh bikin dokumen, bisa nangis darah *lebay*

tetep jadi programmer? bos di kantorku dulu bilang "Aku cukup bagus jadi programmer, tapi sepertinya tidak punya ketertarikan untuk mendalami lebih dalam" intinya sperti itu dah...

jadi aku ya programmer standard aja... cuman ngerjain apa yang jadi tugasku... tanpa berminat menggali lebih dalam...

sempet salah satu clientku, nanya "Mbak ikut forum/milis java?"
aku jawab "gak segitunya kaliii" :P

jadi programmer cuman seneng ketika aku berhasil ngerjain apa yang jadi tugasku dan kerjaanku tersebut dipake.. rasanya sueneeeeng bangettt,,,,

ahahahayyy...

jujur memang sampai saat ini aku kerja memang karena kebutuhan ekonomi...
mungkin itu yang menjadi batasanku untuk meng-explore lebih dalam apa sebenarnya mauku... apa sebenarnya passion-ku... 
aku butuh kerjaan dengan gaji minimal tertentu, sehingga bisa memenuhi kebutuhan minimalku... bener deh kebutuhan minimalll ... 

so, anyone can help me?

8 comments:

  1. klo kata suami ku, passion itu sesuatu yg ingin kita capai, yg dengan pencapain itu kita merasa bangga dengan diri kita gak mesti berkaitan dengan materi koq say.. tp sesuatu yg emang kita sukai. Kita harus bs mendefinisikan passion kita, supaya kita gak menitipkan passion itu pd anak or suami kita.. gt deh kira2x nasehat suami ku..

    ReplyDelete
  2. kalo yang ada di pikiranku saat ini adalah... K.U.L.I.A.H lagii.. dan bisa punya waktu lebih banyak sama sayyid... apakah itu passion? hehe

    ReplyDelete
  3. hayoo tya.. temukan passion mu..hehe
    klo udah dapet, sharing lagi ya :D
    *passion... dimanakah dirimuuuu??* hihihi

    ReplyDelete
  4. Tya, walaupun kita kuliah IT, bukan berarti passion kita harus di IT.
    OK, lebih dalam mengenai passion.

    Kalau ditanya passion gue apa, maka gue akan jawab MUSIK. Impian gue dari dulu (sampai sekarang) adalah menjadi bintang di musik. Gue sering berkhayal berada dalam sebuah konser, orang2 menonton gue dan ter'hipnotis' oleh pertunjukan gue.

    Lalu kenapa gue kuliah IT?
    1. Saat SMA gue gak mengenal yang namanya istilah 'passion' ini.
    2. Gue gak bilang bahwa gue benci IT. I like IT, but liking is not the same with passion. Gue senang saat gue berhasil mengerjakan proyek, tapi kepuasan yang didapatkan tidak pernah sebanding dengan kepuasan gue setelah selesai tampil nge band di acara biasa seperti CGT. That's where I know what my passion is ;)
    3. Waktu mau kuliah, satu2nya tempat kuliah buat musik adalah IKJ. Dan orang daerah tidak kenal IKJ. Dan karir di musik tidak jelas. Karena itu gue nyari hal yang gue 'suka' yaitu komputer. Ini juga sudah sedikit 'melenceng' dari harapan orang tua yang tentu saja mengharapkan gue mengambil STAN, saat itu udah lulus untuk perpajakan.

    Sekarang, kenapa lu masih di dunia IT, Mot?
    1. Everything needs money. I will never deny this. Untuk apapun perlu duit kecuali masuk surga haha xD
    2. Karena langkah awal gue adalah ke IT, gue tidak punya link yang luas di dunia musik.
    3. Takut. Masa depan gue sama sekali belum tergambar di dunia musik. Gue bukan siapa2 di dunia musik. Tidak ada latar pendidikan musik. Tamatan sarjana ASCIIPELLA doang. Dapat duit nanti dari mana? Makan gimana? Tempat tinggal gimana? Nanti kalau nikah kasih makan apa?

    Tapi semakin hari gue kerja, semakin gue gak bisa pungkiri bahwa gue sangat ingin berkarir di dunia musik. Jadi yang gue lakukan sekarang adalah mencari jalan. Jalan bagaimana bisa masuk ke dunia musik. Jalan bagaimana bisa mendapat uang di dunia musik. Agar setiap hari gue selama sisa hidup gue di dunia, gue tidak pernah lagi bekerja, setiap hari diisi dengan bersenang-senang! :)

    Bagaimana dengan tya sendiri? Jangan batasi diri hanya di bidang IT. Ingatlah saat kecil dulu, hal apa yang tya impikan. Atau bahkan sekarang, kira-kira pencapaian apa yang membuat tya akan sangat puas. Apa yang bisa diberikan pada dunia sehingga dunia menjadi lebih baik.

    Dan mari kita saling mendoakan agar bisa berhasil mencapai passion with money. Amiiin :D

    PS: Jangan lupa liat di blog pita jg, ada beberapa hal tambahan hehe

    ReplyDelete
  5. mungkin lo udah nemu passion lo, cuman belum nyadar aja, Tya

    gw kerja hampir 4 tahun jadi Data Analyst, udah ngerasain senang, sedih, bosan, kesal, jenuh, dan terus berulang sampai akhirnya setelah 3 tahun 3 bulan, I decided to quit...

    Lucunya, setelah 6 bulan jobless, gw cari pekerjaan baru di tempat baru, negara baru and guess what? I was accepted at the place which hires me as a Data Analyst! Dari beberapa job application yang gw kirim (either by email or online application) justru kerjaan yang dulu2 juga yg justru datang menghampiri... padahal asli gw udah muak sama tuh kerjaan..

    tapi, setelah menjalani interview dan kerja beberapa bulan, I realize that I actually like analyzing data! apalagi ternyata di kantor yg sekarang, pengalaman dan ilmu yg gw dapat di pekerjaan dulu itu jarang banget yang punya.. padahal negara maju, tp ilmu data, apalagi SQL, masih minim..

    lalu kenapa gw dulu ngerasa kalau pekerjaan gw itu beban? setelah direnungi ternyata lebih kepada faktor lingkungan.. well, tidak 100% tapi ada beberapa orang dan kejadian yang bikin gw super muak sama kerjaan gw dulu.. dan kehadiran mereka yang konsisten membuat gw terasa amat sangat terganggu dan jadinya, as the conclusion.. I hate my job!

    sekarang, setelah terlepas dari ini-itu di kantor dulu, gw justru merasa lebih santai dan 'akrab' dengan pekerjaan gw ini... padahal dari jaman kuliah dulu pun gw juga ga suka2 amat sama IT dan berdoa (dan usaha juga) supaya ga usah kerja yg berhubungan sama IT...

    jadi, mungkin lo tanpa sadar sudah melakukan sesuatu yang menjadi passion lo, hanya tidak menyadarinya saja.. ada banyak faktor pengganggu yang mesti dieliminasi terlebih dahulu biar bisa melihat lebih jelas

    ReplyDelete
  6. mau kuliah tapi kuliah apa? mungkin kuliah lagi terlihat menarik karena melihat pengalaman orang lain, tapi apakah kita sendiri mampu dan benar-benar berminat..

    ReplyDelete
  7. mau kuliah tapi kuliah apa? mungkin kuliah lagi terlihat menarik karena melihat pengalaman orang lain, tapi apakah kita sendiri mampu dan benar-benar berminat..

    ReplyDelete
  8. maap baru dibalas... baru liat lagi MP nya.......
    @Ramot: thanks ya sharingnya... thanks juga sarannya... it means a lot ^^

    @Kania: iyaa mungkin gw udah menemukan passion nya, tapi mungkin krn lingkungan kerja yg tdk terlalu click di hati plus tuntutan ekonomi yg bikin jadi bias... yappp gw berusaha utk menikmati apapun pekerjaan gw saat ini... krn salah 1 cara utk menemukan passion itu menikmati dan bersungguh2 mengerjakan pekerjaan saat ini .. betul gak?
    terus masalah kuliah, gw bukan tertarik karena liat orang lain, tapi emang ada alasan tertentu yang secara umum adalah gw karena gw kehilangan masa kuliah gw ^^
    thanks ya sarannya :)

    ReplyDelete