Sunday, September 18, 2016

JNE, Tokopedia, dan XiaoMi: Sebuah perjuangan

Bismillah

Alkisah, 2 minggu lalu tiba2 hp suami rusakkk... awalnya gak bisa detect sama sekali ke-2 simcard nya... udah factory reset tetep aja gak bisa.....
akhirnya cuma bisa WA pake Wi-Fi ...
terus yaa udahh niat mau beli hp baru...
tapiiiiiiiiiii buat aku aja :))
karena aku kepingin punya hp 4G .. saynag banget kuota 11GB gak dipake2 karena hp sekarang masih 3G..

terus taunya 4G yang murah ya cuma xiaomi... dan kelihatanya oke-oke aja si dari sejumlah review...

setelah bandingin hraga dll beberapa marketplace (termasuk sudah ditambah discount dan atau voucher :D), terus baca2 review dari buyer nya.... akhirnya memutuskan untuk ambil dari tokopedia.. teteeep cari harganya di bawah 2 juta ajaa

itu beli Rabu malam, bayar menjelang tengah malam pake m-banking... minta dikirim pakeJNE YES... udah ditambah asuransi...
harapannay bisa dikirim Kamis, jadi Jumat bisa sampe... sayangnya kata sellernya dia lagi overload.. jadi barnag baru dikirim hari Sabtu ...

dan tibalah email di Senin pagi.. dikatakan bahwa barna sudah dikirim ke tujuan (kantor) hari Minggu dengan suatu nomor resi...
mikir doong... itu hari Minggu... dan sejak Jumat malam temen2 kantor lagi pada mudik, dan rencana baru pulang Selasa malam...
dan saat itu aku masih di rumah orangtua...
terus aku track dong di JNE nya... dan dikatakan barang sudah dikirim hari Minggu 11 Setember pukul 13:16 oleh??? YULI..... siapakah YULI itu???

Langsung WA temen2 kantor yang memang tinggal di kantor...
dan pulang dari rumah ortu langsung mampir ke kantor... jelas! kantor tutup...
dan temen2 kantor bilang gak kenal dengan yang bernama YULI..
aku tanya tetangga2 kantor kiri, kanan, sampai kasir indomaret aku tanyain...
gak ada yang namanya YULI!

rasanya senewen banget saat itu... sediih kecewa bangett...
itu uang udah keluar doong.. udah pake JNE YES juga berharap cepet sampe.. tapiii?
dan teringat kejadian pesanan di BL terakhir yang sampe sekarnag gak sampe2 tapii gak ada bantuan sama sekali dari pihak BL dan sellernyaa...

dan aku tkauut banget kejadian lagi.. dan sayangnya ini uangnya lumayan gede... dan memang butuh pake banget handphone nya... udah gitu bulan ini ada rencana mau akikah Salman pula...

terus aku gak ambil diam, langsung hubungi CS JNE... karena kali ini aku yakin salahnya di JNE nya... telepon JNE, ceritain kronologis blabla... terus dicatet... dibilang kalau da telepon dari JNE langsung dangkat... siangan dikit  ditelepon, katanya mau diinvestigasi.. prosesnya bisa 3 sampai 7 hari...... gyaaaaaaaaaah lama amaat....

terus usaha lainnya... aku hubungi seller nya via tokopedia.. sayang aku gak nemuin nomor yang bisa dihubungi,, jadi semua lewat webnya tokopedia...lambat juga respondnya.. udah gitu bisa minta bantuan ke tokopedia kalau maslaah ini (antara aku dan seller) belum selesai dalam waktu 3 hari .

sambil nunggu segala respond, selain berdoa aku juga cari2 artikel tentang maslaah ini...
Pahitnya... barangnya bener2 hilang, kita bisa ajuin claim asuransi (karena saya sudah bayar asuransinya)... kalau gak pakai asuransi, yang dibalikin cuma maksimal 10x biaya pengiriman .. gyaah

nah karena yang megang resinya, harusnya sellernya doonks yang proaktif bantuin masalah ini..
jadi aku nge-push seller untuk bantuin.. tapi jawabannya ya normatif bangett.. dan lama respondnya....
sampe akhirnya tombol bantuan munculll... dari tokopedia bilang supaya aku hubungi CS nya JNE dan sampaikan ke tokopedia hasinya... setelah itu baru dibantu.. haduuuuuuuh saya sudah hubungi cs jne dan udah lewat 3 hari gak ditelepon2 juga...

dan parahnya handphone suami pada Jumat kemarin itu bener2 matiiii...

akhirnya kepikiran untuk samperin JNE Bekasi langsung.. mau nge-labrak ceritanya :))
jadi Jumat kemarin ke JNE cabang Bekasi... di daerah Sudirman .. dari Ahmad Yani belok kiri.. kalau ke kanan kan ke stasiun yaa...

sampe sana diterima satpamnya... ditanyain mau apa.. dan ternyata kata Pak Satpam kalau mau complaint gak bisa ke sini.. harus ke CS nya..
singkat kata aku dikasih kertas nomor CS JNE Bekasi dan alamatnya...
langsung dah nGo-Jek ke Pekayon...

itu lokasinya di Ruko Pekayon (sebelum RS Anna)
sampe sana jam stg 12........ kata satpam lagi antri.... ada orang yang lagi complaint juga di atas, dan setelahnya ada 1 orang lagi... dan jam 12 istirahat...
yawis lah gapapa.. masa mau balik lagi udah sampe situuuu....
tungguin akhirnya jam 12 kurang dikit... aku boleh naik..
diterima sama CS nya.. dijealsin blablablabla
dicatet segala identitas dan detail pemesanan...
dan katanya mau di-investigasi hari ini juga...

Udah bosen banget denger kata 'investigasi'......
yasudahlah.. menyenangkan diri dengan makan siang di ayam goreng tulang lunak di ruko sebelah.. enak banget lho ternyataa :))

habis itu balik lagi ke kantor.. berusaha pasrah.. pun sudah berdoa kalau memang itu rezeki kami, kami mohon untuk dikembalikan handphone nya ke kami, jika tidak mohon untuk dipermudah rezekinya untuk beli yang baru lagi...

kemudian ber-aktivitas seperti biasa, sampai tiba sekitar pukul stg 4..... datanglah kurir JNE.. gak kepikiran itu ternyata XiaoMi akuuuuuuuuuuuuuuuuu!

Ya Allah..Alhamdulillah bangettt.. doaku terkabul... langsung chat sama suami... kasih kabar gembira.......

gak lama CS JNE Bekasi nelepon aku.. initnya katanya kurirnya salah kirim.. tapi belum tahu salah kirim kemana, dan gak tau gimana cerita lengkapnya dah

kemudian langsung batalin complaint ke tokopedia...
dan katanya karena complaint dibatalkan, maka dana baru bisa diserahkan ke pihak seller nya...
bagusnya sii itu.. tokopedia gak akan kasih bayaran ke seller kalau kita belum konfirmasi ...

dan saat ini handphone sudah digunakan...
meskipun pada akhirnya kuota 4G tetep gak kepake.. karena gak dapet sinyal 4G di sini mahh.. namanya juga tinggal di sudut kampung bekasi tercintah :))

Sekian ceritanya...
setelah ini agak kapok beli barnag mahal online...
mungkin paling aman siii COD nya Lazada kali yaaaaaa


8 comments:

  1. Klo qu beli hp dan elektronik OL belinya di blibli mba udah kebukti kualitas dan keamanannya beli hp 2x sama tv pernah sx nyoba bukalapak ckckck kualitasnya ga banget :(
    Btw turut senang y mb suka pgn jitak y mba sama kurirnya tp y bgtulh mgkn kurirnya kurang makan jd salah kirim xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah BL banyak banget yang complaint ya.. sayang bangett...
      iya mungkin kurirnya bete ... disuruh kirim pas liburan hehe

      Delete
  2. tergantung sellernya teh, kalo aku sih cek feedback dari customer2nya dulu, ngga nyari murahnya doank ..
    aku juga beli dari online terus malah pernah lgs dari cina nya, dan ok2 aja tuh..:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu pilih tokopedia, karena udah lihat review customernya juga banyak yang bagus.. untuk kali ini siih murni kesalahan kurir JNE nya (faktor X) :D

      Delete
  3. Huhuhu ngenes banget ceritanya, emang dah klo barang telat bolak balik ngecek resi di inet,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa sedih banget mak..
      tapi alhamdulillah happy ending :)

      Delete
  4. Kadang kita nggak mau ribet keluar rumah dan toko online jadi penolong. Tapi nggak pernah nyangka juga bakal ada faktor X ya Mak. Mungkin kurir sudah saatnya diberikan konfirmasi ulang sebelum menyerahkan barang supaya nggak salah alamat ya Mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia masalah kurir juga.. biasanya siii kalau mau kirim suka telepon dulu...
      nah ini anehnya nggak
      dan salah juga penerimanya siii.. lah mau aja nerima paket yang bukan dipesan :D

      Delete