Wednesday, December 11, 2013

Proses melahirkan anak ke-2 ... the unforgettable moments..

Bismillahirrahmaanirrahiim


Ini cerita detail proses kelahiran dedek Sahal.. putra ke-2 kami... Mohammad Sahal Mumtaz al-Fadil (Sahal)
Memang Sahal ini istimewa, karena hadir tanpa kami rencanakan...

Proses kehamilan Sahal juga sangat berat... mulai dari mual dan nafsu makan yang parah yg baru hilang menjelang usia 7 bulan...
flek di awal2 kehamilan. bahkan sempat satu kali hampir pingsan,  benar2 sudah kabur pandangannya dan hampir jatuh ...

Berat Badan yang turun sampai bulan ke-6 dan baru naik 3kg di bulan ke-7 dan habis itu gak naik2 lagi ...
jadilah setelah lahiran saya langsiiiiiing... hweeee

Kemudian kram perut yang tiap hari dirasakan... nyeri di sekitar bekas sc sebelumnya,

Keaktifan dedek di rahim yang jauuuuuh lebih aktif daripada Sayyid dulu..
yaitu... gak waktu tidur, waktu jalan, waktu aku lagi aktif bergerak, dedek ini gak ada capeknya bergerak...

dan tentunya kekhawatiran dengan kondisi IUD yang ada di dalam...meskipun berkali2
dokter bilang tidak ada yang perlu dikhawatirkan...

Belum lagi, Sahal hadir di rahimku saat kondisi keluarga sedang tidak stabil...
yang intinya selama setahun belakangan ini, kami sedang diberi ujian bertubi2...
termasuk sakitnya ibu mertua hingga akhirnya beliau wafat menjelang Ramadhan

Jadilah, Sahal ini hadir benar2 di suasana yang istimewa bagi kami... utk aku terutama
yang menjalankan kehamilan ini...
yang menuntut utk belajar bersabar, ikhlas, optimis untuk percaya atas segala rencana Allah.
dan lagi2 menuntut keimanan kami utk percaya janji Allah bahwa Allah tidak akan memberi beban di luar
kesanggupan hambaNya...

Kontrol ke DSOG dan ke bidan cukup rutin... dan selalu dapat kabar gembira setiap pulang dari dsog
dan lihat dedek di USG.
Ikutan babycenter.com membuat aku bisa punya referensi milestone setiap bulannya ttg perkembangan dedek di rahim.
Tapi, ntah kenapa aku selalu khawatir dan juga selalu baca ttg kelahiran prematur...;
kalau bulan ini, bayi sudah lahir gimana kondisinya dll...
Lewat minggu ke-32 rasanya sudah legaa bangett... krn setidaknya bayi di usia ini jika memang terpaksa dilahirkan sudah baik kondisinya...
itu yang aku baca2...

Persiapan mental terus dipupuk..
Persiapan fisik yaah sebisa mungkin ... sudah mulai sering jalan2 pagi, makan juga udah banyak dll
Persiapan baju2 dedek yg belum banyak... baru bbrp potong..
krn baju2 bekas Sayyid udah banyak yang gak ada, sudah kami kasih ke sodara2 yg membutuhkan...
Rencananya, kami baru mau beli sisa2nya di liburan Idul Adha, sekalian mau nginep ke rumah orangtua dan
periksa kehamilan di RSHJ di usia minggu ke-36 di hari Senin, 14 Oktober .. sekalian utk cek apakah masih bisa melahirkan normal (VBAC) atau tidak.

Nah di minggu ke-34 dan ke-35 memang aku sedang lagi padat2nya kerjaan... permintaan kustomisasi OpenERP dri bbrapa klien gak berhenti2...
dan yes..mulai jenuh dan agak stress... belum lagi malam yang susah tidur... karena si dedek makin aktif aja kalau malam...
jenuh pengen banget liburan... dan keluar sejenak dari rutinitas di rumah...

sampai akhirnya Jumat, 11 Oktober 2013..
Seperti hari2 sebelumnya, termasuk hari Kamisnya, aku suka ajak dedek ngobrol bareng Sayyid...
Sayyid senenng banget kalo kita lagi ngobrol, eh dedeknya respond... gerak2 aktif banget...
Sayyid selalu bilang, "ayo dong dek cepetan keluar"
dan aku bilang ke Sayyid, "jangan cepet2.. nanti aja November yaa"
terus aku selalu bilang ke Sayyid, supaya bujuk dedek supaya keluarnya jangan lewat bekas Sayyid (sc maksudnya)
ehh sekonyong2 Sayyid Kamis itu bilangnya... "udah dedek keluarnya lewat bekas kakak ajaa"

Nah terus Jumat itu puncak dari segala keriuhan pekerjaan... hampir sepanjang waktu kulewatkan di depan laptop,
selain ngurus Sayyid, masak dll...
Nah sorenya, seperti biasa ajak ngobrol dedek, tapii dedek gak respond...
aku bilang ke Sayyid, "lagi bobo kali dedeknya id"..
meskipun aku mulau khawatir, krn gak biasanya diam begitu...
pas menjelang tidur malam juga, diinget2 kayaknya seharian ini dedek kurang geraknya...
apa karena aku terlalu sibuk aja? huff perasaan bersalah muncul yg bikin aku tambah khawatir...
tapi Alhamdulillah, aku merasakan geraknya meskipun gak banyak...

aku sampe bilang ke dedek, "ummy minta maaf ya, ummy terlalu sibuk hari ini.. jadi gk terlalu merhatiin dedek"
sampe akhirnya tertidurr dan bangun jam 4 kurang... di tengah kelelahan dan kemalasanku, akhirnya aku bangun utk sholat malam
dengan harapan segala keresahanku terobati dengan berbicara dengan Allah s.w.t
dan saat itu juga terlintas pikiran, "siapa tau ini sholat malam terakhir yg bisa aku lakuin"

setelah sholat malam, langsung sholat subuh dan ngaji...
nah pas ngaji ituu... mulai merasa mulas... aku pikir mulas biasa... krn sebelum2nya juga sering mulas..
sebelumnya juga aku sering baca2 tanda2 mau melahirkan itu sperti apa...
katanya mulas yg benar itu berasa dari sekitar punggung sampai bawah...
sedangkan yg aku rasain itu mulai hanya di bawah rahim (bekas sc) dan bekas sc nya juga nyeri, dan itu sama
seperti sebelum2nya... dan kata dokter kalau nyerinya seperti teriris2 baru gawat...
sedangkan yg aku rasain ya biasa aja...
then jam 6-an aku pasang status di facebook #eaaaaaa "Braxton hicks" yang artinya kontraksi palsu...
lalu aku coba utk tidur...

Saat itu, aku tidur di bawah (kasur busa) sedangkan sayyid and abbynya di atas. Sabtu memang kami suka bermalas2an ... hehe
tidur saat itu tidur "ayam2an", mimpinya pun mimpi kontraksi... eeuuhh gak enak bgt...
sampe akhirnya Sayyid nangis, aku pindah ke atas... masih mules gak jelas...dan aku laparrr...
akhirnya abbynaa ajak Sayyid beli bubur ayam (saat itu aku kepengen bgt bubur ayam),

Pass abby pergi, aku coba untuk duduk dan turun ke bawah.
Aku sms bu bidan sebelah, ttg kontraksi yang aku rasakan... dan tiba2 currr.... keluar air dari "bawah"
dan gak berhenti2... Masya Allah, ketuban kah? Panikk... langsung aku telepon bu Bidan yang saat itu lagi dinas di RSHJ..
Mbak Yuni langsung nyuruh aku cepat2 ke RS segeraaa!!!

Gak lama, abby dan aid datang bawa bubur ayam... aku udah nangis saat itu, dan langsung bilang ke abby kalo ketubanku udah pecah...
Abby langsung panik, dan ke bidan sebelah.. Mbak Yuni emang lagi di RSHJ tapi ada adik iparnya yang juga bidan..Mbak Dwi namanya..

Mbak Dwi, nanya2 air nya amis atau nggak... *aku gak nyium*, terus langsung nelepon mbak yuni lagi...
Terus Mbak Dwi nawarin utk siapin tas baju... *deeeeeeenng* gak ada persiapan sama sekali...
baju2 bayi yang baru aku beli, belum sempet dicuci dan ada di ember belakang...
jadi seadanya aja... adanya popok bekas Sayyid dulu, yg sering dijadiin mainan dan lap ingus :-P
pokoknya kacau balauuu

Saat itu udah jam 8, krn buru2 dan perjalanan ke RSHJ memakan 1 jam (dg motor), maka kami mau naik motor aja... drpada nyari taxi kelamaan lagi
(maklum rumah di pedalaman :D)
terus keluar rumah udah siap2, dan ibu2 tetangga lagi pada beli parabot... aku izin ke tetangga depan dan bilang gak jadi ngaji di rumahku
(jadi rencananya Sabtu itu, jadwal ngaji mingguan di rumahku), terus aku jelasin blabla
ehhh malah beliau yang panik.. dan bilang "Jangan naik motor!" langsung beliau ke tetangga yang punya mobil dan minta tolong anterin...

Subhanallah, inilah hidup bertetangga dengan tetangga yang begitu baik dan peduli..
Jadilah aku naik mobil tetangga lengkap sekeluarga dan Sayyid, sedangkan abbynya tetap naik motor...
Padahal tetanggaku itu (Pak Dedi) akan ada jadwal shooting nikahan (pekerjaannya fotografer) dan anak pertamanya juga mau sekolah..
tapi, akhirnya semua ikut...

Dan Alhamdulillah jadinya naik mobil, ntah gimana kalo naik motor... mulesnya makin gak karuan...dan ketubannya makin banyak yang keluarr...
huwaaa saya basahin mobil orang...
Sepanjang jalan dipijit sama Bu Dedi.. dan Sayyid menjelang sampe malah rewel minta susu Iyes yang tadi sempat dibeli pas
beli bubur ayam... dan aku gak tau Iyes nya ditaro dimana...
jadinya makin gak karuan, udah mules, Sayyid nya nangis...

AKhirnya jam 9an sampe di RSHJ, langsung ke UGD..
dianter sama satpam naik kursi roda. Satpamnya nanya, "ibu sakit?"
laaah kagak liat apa perut belendung begini dan baju basahh...???
aku minta langsung diantar ke ruang persalinan... atas permintaan mbak Yuni
Sampe ruang persalinan, bidan2 pada panik, dan nanya, "kenapa baru datang sekarang??"
yaaa kan jauhhh...
terus aku langsung ganti baju yang sudha banjirr...
pasang alat rekam jantung bayi, dan tentunya periksa dalam...
pas diperiksa dalam, aku udah pembukaan 7 tapiii kepala bayi masih jauh di atas panggul .. hiks
gak lama Mbak Yuni datang dg wajah lemes, dan bilang, "ini gak bisa ditunggu lagi... harus sc"
tapi, gak ada dr Yanti, adanya dr cowok semua... yang cewek sih ada tapi gak mau TDC (Two day care a.k.a rujukan bidan)

terus diskusi sama suami blablabla... akhirnya abbyna setujuu utk sc (hiks) dg dokter cowok (no problem sih sebenernya)

yaah akhirnya, aku dipasang tabung oksigen, cek ini itu... termasuk disuntik sesuatu utk meredakan kontraksi..
karena mulesnya gak tertahan...
Gak lama, mama datang .. rasanya liat mama itu lega bangett...
dan sekitar jam 12 an apa yaa.. aku lupa.. masuk ruang operasi...
setelah pamit sama abbynaa, sayyidnaa dan mamana... huhuhu abbynaa gak boleh nemenin lagi...
Sayyid alhamdulillah pengertiann.. dia cuma senyam senyum liat aku...
tampaknya Sayyid paham kondisiku saat itu...

Dan mulailah drama di Ruang Operasi...
Jam 13:47 Alhamdulillah dedek bayi keluar dengan selamat sentosa...
dengan BB 2,35kg PB 46 cm dan lingkar kepala... hmm lupa :D
cium dikit, dan cuma ngenalin nenen sebentar (hiks ini mah bukan IMD namanya)
dan setelah itu... mulailah drama kembali...
tiba2 aku ngerasain sakit mulas yang luar biasa... dan akhirnya muntahlah diriku...
berkali2... padahal aku belum makan sama sekali (terakhir makan ya makan malam hari Jumat)
dokter udah bilang, "tenang ibu, jangan panik"
tapi seriusann ini sakitnya luarrr biasaa... antara lemas, sakit, akhirnya nangis juga ...
dan akhirnya jusss.. aku disuntik lagii (bius total)
dan baru sadar jam 4-an sore udah di ruang observasi...

kakakku (yang perawat RSHJ) sudah datang juga...
terus senang bisa liat Sayyid lagi...
liat abbynaa, liat mama...
ada sodara juga yang jenguk, tapi aku masih merem melek...

dan... sakitnya masih terasa luarrr biasaa.. sampe keringat dingin mengucur derasss..
terus krn kamar kelas 2 masih penuh, aku akhirnya dipindahin dulu ke ruang persalinan...
jam 6an bisa liat dedek lagi, belajar nen (yang masih dijilat2 doang, krn memang refleks menyusui bayi prematur
tidak begitu bagus dibanding bayi tepat bulan)..
gak lama kakeku dan tante2, sodara2 juga datang... terus dedek diazanin lagi sama kakek...
kakak ke-2 ku juga datang bawain baju2 bayi baru... Subhanallah...

Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Selesai juga tugas hamil dan melahirkan anak ke-2...

Ohya, ada bbrp yang bilang, "duuh sayang amat udah pembukaan 7, terus secar juga?"
hmm Mbak Yuni menjelaskan, kenapa akhirnya harus sc... karena:
saat rekam jantung bayi, bayi mengalami apa istilahnya.. fetal apa gitu...
jadi setiap kontraksi, grafik jantungnya langsung turun seturun2nya...
dan ternyata, si bayi terlilit tali pusat...jadi gak turun2...
terus... ntah kenapa padahal udah 3 tahun berselang... bekas SC ku itu masih lengket...
itu yang bikin nyeri gak karuan...

Jadi, bukan krn RS nya cari duit melalui SC, karena aku pakai TDC, jadi biayanya jauh lebih murah
bahkan dibanding melahirkan normal di kelas 3..
dan kebetulan uang kami juga pas2an banget utk lahiran TDC, hehe...
then again Allah tidak akan memberi beban di luar kesanggupan hambaNya...

Subhanallah..

Ohya tidak lupa saya ucapkan terimakasih untuk semua yang sudah support dan kirim doa kepada saya selama ini...
Yang bantu di hari-H nya terutama... tetangga2, mama, bapak, kakak2, dan semua yang gak bisa disebut satu2...
dan tentunya suami dan Sayyid tercinta...
Semoga Allah memberikan kebaikan lebih banyak lagi.. Amiin

No comments:

Post a Comment