Friday, July 1, 2011

Susah konsentrasi (fokus). Efek apakah ini?

Bismillahirrahmaanirrahiim....

Jadi intinya aku ini orang yang susah fokus ... 
Otakku ini terbiasa multi thinking...
jadi ketika misalnya membaca suatu artikel, maka otak sebelah lain akan memikirkan hal lain.
Ketika mengerjakan sesuatu, maka aku pun bisa memikirkan hal lain lagi...

Efek jeleknya susah fokus...bahkan ketika beribadah... hiks... 
Efek bagusnya mungkin .. aku terbiasa melakukan multi tasking...

saat bekerja, ingat apa yang harus kupikirkan utk keluarga...
maka di sela2 bekerja, aku bisa cari2 resep utk makanan sayyid atau melakukan apa pun...

rasanya gak bagus ya?
ini aneh gak sih?

setelah punya sayyid, aku dapet beberapa ilmu cara mendidik anak...
di antaranya jangan biarkan anak nonton TV sebelum 1 atau 2 tahun....
di antara efeknya adalah anak jadi susah konsentrasi, ...

selain itu, jangan mengajari anak membaca/menulis sebelum masanya...

Dan aku adalah 'produk' kedua hal itu...
Sebelum 5 tahun aku dah jago membaca... My lovely mom yang mengajarkan aku...
jadilah usia 5 tahun aku langsung masuk SD..

karena aku menolak masuk TK, karena aku mau seperti kakakku yang sekolah SD (padahal kakaku TK lhoo) 

Pas daftar SD, sempet ditolak karena di bawah umur...
ibuku sampe bilang ke bu guru, "udah terima aja, gak naik kelas juga gpp"
hehe 

naah karena aku dah bisa baca, semuanya jadi mudah... jadilah aku peringkat 1 di kelas 1 SD tsb... 

TV juga dah jadi benda yang biasa aku tonton sejak kecil...

So, apakah ke tidak bisa fokus nya aku ini adalah contoh nyata efek TV dan membaca sblm waktunya?

Wallahu'alam

mungkin ada yg bs membantu?

4 comments:

  1. aku jg susah fokus, tp kyknya emak2x emang begitu deh
    klo terlalu fokus masak, ntar malah gak denger klo anaknya nangis, hihiihi..
    cuma kadang jd sering gak teliti.. :(

    ReplyDelete
  2. bukan.. susah fokus itu gara2 kebanyakan yg dipikirin.. istilahnya "popcorn brain" otaknya kerja terus... jam tidur eh malah online ngecekin fb/mp/wp dsb, harusnya makan dengan tenang eh malah makan sambil liat hape atau pc, buang air juga bawa2 hape atau psp, ya udah jadinya otaknya ga kebiasa istirahat... blm lagi di rumah sama anak: baru aja mau mulai tidur/masak/nonton/mandi eh anak malah nangis trus langsung ditinggal... intinya di saat otak mau relaksasi eh kitanya tiba2 mengaktifkannya kembali.. restless dan itu jd kebiasaan.. kayanya semua orang gtu deh ty.. kalo mau 'ngobatin' browse aja "Popcorn Brain"

    ReplyDelete
  3. hehe kayaknya sblm jadi emak2 juga udah begitu mbak... gmn donks? :D

    ReplyDelete
  4. gitu ya kan... bisa jadi...
    tapi lu malah nambah task gw nih kan... cari Popcorn brain... hehe
    jadi kesimpulannya apa kan?
    td cuman liat2 sekilas, krn ada kerjaan :D

    ReplyDelete