Tuesday, May 3, 2011

Saat si Mawar Ola berkunjung

Bismillahirrahmaanirrahiim...

hihi judulnya norak abis ya... ini maksudnya Mawar Ela itu Roseola atau bahasa kampungnya tampek... 
ini menimpa Sayyid hampir 1 bulan yang lalu...

begini kronologisnya...

  • Awalnya mulai Minggu 3 April sampai Kamis kalo malam gelisah banget tidurnya, terbangun terus, minta nen terus... Aku pikir mungkin lebih karena kecapean, krn pas sabtu nya aku dan suamiku ajak sayyid keliling dari rumah ke cipinang (kondangan) terus ke harapan indah bekasi ... 
  • Kamis 7 April 2011 
    Pagi sebelum berangkat aku sudah merasa Sayyid agak hangat... tapi kata suamiku si biasa aja... tapi yang namanya relasi anak dan ibu gak bisa dipungkiri... perasaan ibu (it means aku) lebih kuat dari ayah ke anaknya... hihi
    dan benarlah sore harinya dapet laporan dari si teteh kalo Sayyid tambah panas... 
    ya sudah aku izin pulang cepat saja... jam 5 udah pulang dari kantor ... 

    Sampe rumah Sayyid terlihat lemas sekali...
    Makannya si masih mau kata si teteh...

    terus siang katanya dah dikasih paracetamol, ya aku gak kasih lagi sampai akhirnya jam 8an sayyid makin rewel baru deh dikasih parcet... 

    Malamnya agak susah tidur tapi gak terlalu parah kok... meskipun demamnya sampe di atas 39 derajat celcius

  • Jumat 8 April, aku izin gak masuk. Suamiku juga gak masuk krn kebetulan juga lagi kurang sehat juga... huhuhu
    Hari itu nyaris gak mau makan. hanya mau nen, dan makan buah.. Alhamdulillah si masih mau nen... (krn yg penting kalau anak sakit itu jangan sampe kurang minum. kurang makan masih gpp kok :) )

    Dan malamnya.. wuiiihhh demam sampe 40 dercel... dan rewel berat... udah dikasih parcet... dikompres air hangat... sampe akhirnya sayyid sadar dikompres dan dibuang kompresnya .. hihihi... 
    Dan sedikit sedikit kebangun, dan tidur lagi kalo digendong. Aku sampe tidur sambil duduk di kasur... krn Sayyid pengen ditimang terus... hihi jadi keingetan Sayyid baru lahir..  :)
  • Sabtu, 9 April bangun pagi rewel dan akhirnya muntah sekali... 
    Bukannya panik, malah bersyukur Alhamdulillah... artinya racun yang ada di tubuh Sayyid udah keluar.. 
    Pagi bener2 gak mau makan, cuman mau nen aja...
    Tapi siang Alhamdulillah demam sudah mulai reda dan kembali aktif 
    Dan malam alhamdulillah tidur pulasss 
  • Minggu, 10 April 2011 
    pagi suhu masih sekitar 38dercel,gk dikasih parcet...
    eh siangnya timbul bintik2 merah di sekitar kepala (krn botak,jd keliatan :D),wajah,leher banyak,punggung,tapi gak ada d kaki n tangan.
    makan udah mulai mau,tetep minum banyak,gampang banget tidur,tp kalo bangun lgsg aktif minta diajarin jalan.

    yaah akhirnya ketahuan deh penyebabnya, 
    kata keluargaku kena tampek...
    tapi seingetku ini gejala roseola/rubela (aku masih bingung saat itu) ... 

    ada saran dari ibuku utk beliin bedak salicy, takut gatel...
    terus kata kakak iparku , kasih sanpoh obat utk ngeluarin semua merah2nya Sayyid jadi biar cepat sembuh... kasih juga air kelapa katanya... 

    tapi aku inget2 roseola itu penyebabnya virus, so gak da obatnya kecuali istirahat yang cukup aja... dan karena roseola menular sebaiknya hindari keluar rumah... 


  • Senin, 11 April aku izin lagi utk memastikan Sayyid mau makan...
    terus aku tanya ke milis mengenai penyakitnya Sayyid... dan ternyata dari gejalanya, beberapa respong menjawab kalo itu memang roseola... dan gak perlu obat2an... tapi tetep suamiku beli bedak salicyl setidaknya supaya gak terlalu kelihatan merah2nya.. hehe 

    Hari Senin itu, udah gak demam tapi merah2nya makin banyak .. makin ganteng deh Sayyid... :D
    Dan alhamdulillah nafsu makannya mulai kembali... so,besok aku bisa masuk kerja lagi... 

  • Selasa merah2 tambah buanyak dan mulai menyebar ke tangan dan kaki , tapi terus berangsur hilang sampai akhirnya Jumat mulai bersih disertai nafsu makannya yang pol2an lagi...
aLHAMDUlillah... gak sampe panik
Sempet kepikiran juga si sama omongan seorang temen yang mempertanyakan kenapa aku gak ke dokter dulu, toh dicover asuransi ini... 
terus nanya lagi ke temen yang lain. Alhamdulillah temenku malah jawab, "ngapain ke dokter. wong dah jelas2 kena roseola" 

So, utk roseola ini sayyid hanya konsumsi paracetamol utk demamnya saja... 

yukk mari belajar ilmu yang lain lagi :)

No comments:

Post a Comment