Tuesday, May 10, 2016

Ibu baru melahirkan rentan sakit

Bismillahirrahmaanirrahiim

Just share.
3x melahirkan.. ketiganya sempat sakit di usia bayi kurang 1 bulan.

Ketika melahirkan sayyid, saya harus diopname, menginap di RS 5 hari 4 malam karena terkena demam typhoid (tifus) plus mastitis menjurus ke abses. Inilah awal kegagalan ASIX selain krn kurangnya ilmu.

Suspect utama yg bikin kena tifus mungkin krn makan bakso...

Pasca melahirkan Sahal... sempat kena demam juga .. kalau ini karena flu berat...
Sama di usia Sahal kurang dari 1 bulan...
Dan gak lama kemudian saya kena infeksi telinga (otitis media akut) sampai tahap perforasi yaaa karena flu berat tersebut...

Dan sekarang pasca melahirkan Salman...
Kemarin sempat sakit kepala berat.. minum paracetamol, gak lama malah demam... plus diare hingga hari ini.
Alhamdulillah hari ini sudah much much better... sudah gak demam... tinggal mules perutnya ini.. kepala sudah berkurang nyut2annya..
Diare sudah mulai berhenti setelah minum obat..

Suspectnya? Entah lah.. memang lebih banyak beli lauk di luar sii akhir2 ini. Ehtapi anak2 and suami baik2 aja..
Mungkin lebih krn efek asam lambung saya yang naik karena kemarin minggu skip makan siang karena kejebak hujan di suatu tempat...

Jadi intinya buat ibu2 yang baru melahirkan, jaga kondisi badan ya... makan makanan yang sehat.. istirahat tidur yang cukup...

Soale kalau udah sakit malah lebih pusing mikirin bayi nya. Takut kenapa2 juga...
Alhamdulillah gak sampai harus diopname kayak pas Sayyid dulu...

Kalau mau minum obat pastikan obat itu aman untuk ibu menyusui ya...
Jangan sampai dapat obat yang menurukan produksi ASI... ada emang?? Ada.. dulu pas saya kena Otitis dikasih obat yang ternyata bisa nurunin produksi ASI.. jadi saya skip aja..
Krn bener baru sekali minum, Sahal jadi sering ngamuk2 pas nenen...

Demikian
Semoga sehat selalu :-)

2 comments:

  1. Iya aku pun kena tipes sebulan yg lalu tapi ga di rawat, mb boleh minta no wa nya? Aku kirim message juga di fb

    ReplyDelete